Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan iSpring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras

  • Maryana Maryana Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin STKIP Muhammadiyah Enrekang
Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, Powerpoint, iSpring quizmaker, Teorema Pythagoras

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan powerpoint dan iSpring quizmaker pada materi teorema Pythagoras. Subyek penelitian ini, untuk kelas uji coba terbatas adalah kelas VIIIb yang berjumlah 29 orang dan untuk ujicoba luas kelas VIIIa yang berjumlah 31 orang. Pertemuan dikelas dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg & Gall yang meliputi 10 tahap namun peneliti hanya dapat melakukan beberapa tahap yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, dan ujicoba pemakaian. Untuk revisi produk dan produksi massal dalam penelitian ini belum bisa dilakukan karena keterbatasan waktu peneliti. Media pembelajaran matematika menggunakan Poweerpoint dan iSpring quizmaker setelah dikembangkan, divalidasi dan disimulasikan serta mengalami beberapa kali revisi sehingga dihasilkan media pembelajaran matematika yang layak digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi dari materi, media, kisi-kisi dan tes, respon siswa, aktivitas siswa, dan RPP yang digunakan adalah valid setelah divalidasi oleh tim ahli (2) kepraktisan media pembelajaran yang diukur adalah aktivitas siswa pada kelas VIIIb dan VIIIa dapat dikategorikan kedua kelas ujicoba sangat baik, begitu pula dengan keterlaksaaan pembelajaran yang diperoleh tinggi. Ini menunjukkan media pembelajaran praktis untuk digunakan; (3) untuk proses keefektivan sangat efektif terbukti dengan yang diukur adalah hasil belajar yaitu pretest dan posttest dengan menggunakan rumus N-gain berada dalam kategori dan respon siswa diperoleh hasil sangat positif. Sehingga media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Haryanto. (2002.). The Utilization Of Multimedia For Character Building. Curriculum and Education Technology FIP UNY.

Nurhairunnisa. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep Matematika Pada Siswa Kelas X. Tesis UNY.

Nurjaman, J. (2014). Software Pendidikan; iSpring Presenter. http://jajangcahayajaman.blogspot.co.id/2014/07/softwarependidikanispring-presenter.html [diakses 11 Mei 2019]

Suherman.(2008). Smart Presentation with PowerPoint 2007. Jakarta: PT Dian Digital Media

Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpont untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1-12.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta

Published
09-02-2020
How to Cite
Maryana, M., Suaedi, S., & Nurdin, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint dan iSpring Quizmaker Pada Materi Teorema Pythagoras. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 53-61. https://doi.org/10.30605/2615-7667.229
Section
Articles