Analisis Kesulitan dan Respon Dosen terhadap Keterampilan Meneliti Riset bagi Mahasiswa: Studi Pendahuluan untuk Merancang Hipotesis Lintasan Belajar Mahasiswa

  • Muhammad Ikram Ikram
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kesulitan Mahasiswa, Respon Dosen, Hipotesis Lintasan Belajar, Keterampilan Meneliti

Abstract

. Keterampilan meneliti mahasiswa dipengaruhi oleh beragam aspek, diantaranya adalah kesulitan dalam penulisan dan respon dosen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana dampak kesulitan mahasiswa dan respon dosen terhadap keterampilan meneliti mahasiswa. Kami mendesain penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto untuk menjawab tujuan penelitian. Sebanyak 61 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika dilibatkan dalam penelitian dan berasal dari Universitas yang beragam di wilayah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Maluku. Pengumpulan data menggunakan google form yang telah melalui proses validasi dengan mengontak kolega-kolega di setiap Universitas. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menjawab dampak yang dihasilkan dari variabel yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan mahasiswa dan respon dosen memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan meneliti mahasiswa secara simultan maupun secara parsial. Secara khusus, kami merekomendasikan bahwa untuk meminimalkan kesuliatan mahasiswa dan meningkatkan keterampilan meneliti diperlukan sinergi antara mahasiswa dan dosen dengan mengembangkan lintasan belajar yang efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andrews-Larson, C., Wawro, M., & Zandieh, M. (2017). A hypothetical learning trajectory for conceptualizing matrices as linear transformations. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(6), 809–829. https://doi.org/10.1080/0020739X.2016.1276225

Aunurrahman, A., Hafis, M., & Darajat, A. (2012). Pengajaran Menulis Menggunakan Pendekatan Genre kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Indonesian Journal of Functional …, 1(1), 44–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJFL/article/view/32620%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/IJFL/article/viewFile/32620/14266

Blanton, M., Brizuela, B. M., Gardiner, A. M., Sawrey, K., & Newman-Owens, A. (2015). A Learning Trajectory in 6-Year-Olds’ Thinking About Generalizing Functional Relationships. Journal for Research in Mathematics Education, 46(5), 511–558. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.46.5.0511

Cai, J., Morris, A., Hohensee, C., Hwang, S., Robison, V., Cirillo, M., Kramer, S. L., & Hiebert, J. (2020). Improving the impact of research on practice: capitalizing on technological advances for research. In Journal for Research in Mathematics Education (Vol. 51, Issue 5). https://doi.org/10.5951/jresematheduc-2020-0165

Charitas, R., & Prahmana, I. (2017). The Role of Research-Based Learning to Enhance 6WXGHQWV ¶ 5HVHDUFK DQG $ FDGHPLF : ULWLQJ 6NLOOV. 11, 351–366.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Hypothetical Learning Trajectories. Hypothetical Learning Trajectories, September 2004, 37–41. https://doi.org/10.4324/9780203063279

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ekorini, P. Z. (2021). Analisis Kemampuan Menulis (Writing) Ditinjau dari Tingkat Intelegensi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan …, 4(1), 203–212. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/152

Ellis, A. B., Ozgur, Z., Kulow, T., Dogan, M. F., & Amidon, J. (2016). An Exponential Growth Learning Trajectory: Students’ Emerging Understanding of Exponential Growth Through Covariation. Mathematical Thinking and Learning, 18(3), 151–181. https://doi.org/10.1080/10986065.2016.1183090

Fathonah, S., Wahyuningsih, S. E., Wahyuningsih, U., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2011). Determinan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Geretschläger, R., & Donner, L. (2022). Writing and choosing problems for a popular high school mathematics competition. ZDM – Mathematics Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01351-9

Gujarati, D. N. (2004). Basic Econometrics 4th Edition. In Tata McGraw-Hill.

Haris, D., Chairunisah, & Armanto, D. (2021). Writing a Literature Review: Activities on Research in Mathematics Education to Support Students in Conducting Research. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012028

Kurniati, D., Purwanto, As’ari, A. R., & Dwiyana. (2018). Exploring the mental structure and mechanism: How the style of truth-seekers in mathematical problem-solving? Journal on Mathematics Education, 9(2). https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5377.311-326

Kutner, M., Nachtsheim, C., & Neter, J. (2004). Applied linear regression models- 4th edition. McGraw-Hill Irwin.

Leavy, A., & Hourigan, M. (2021). Balancing competing demands: Enhancing the mathematical problem posing skills of prospective teachers through a mathematical letter writing initiative. Journal of Mathematics Teacher Education. https://doi.org/10.1007/s10857-021-09490-8

Lovin, L. A. H., Stevens, A. L., Siegfried, J., Wilkins, J. L. M., & Norton, A. (2016). Pre-K-8 prospective teachers’ understanding of fractions: An extension of fractions schemes and operations research. Journal of Mathematics Teacher Education, 21(3), 207–235. https://doi.org/10.1007/s10857-016-9357-8

Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2).

Prahmana, R. C. I., & Kusumah, Y. S. (2016). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education Using Research-Based Learning. Pedagogika, 123(3). https://doi.org/10.15823/p.2016.32

Prahmana, R. C. I., Kusumah, Y. S., & Darhim, D. (2016). Keterampilan Mahasiswa dalam Melakukan Penelitian Pendidikan Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Riset. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.8

Pratama, R. A. (2017). Kualitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi. InterKomunika, 2(2). https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.23

Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). SEMNASFIP.

Rahmiati. (2013). Problematika Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 13(2).

San Fauziya, D. (2020). Penilaian Artikel Ilmiah Mahasiswa Berdasarkan Sistem Evaluasi Arjuna. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 4(2), 232–240.

Santos, L., & Semana, S. (2015). Developing mathematics written communication through expository writing supported by assessment strategies. In Educational Studies in Mathematics (Vol. 88, Issue 1). https://doi.org/10.1007/s10649-014-9557-z

Septafi, G. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1–16. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj/article/view/13405

Simon, M. A., Placa, N., Kara, M., & Avitzur, A. (2018). Empirically-based hypothetical learning trajectories for fraction concepts: Products of the Learning Through Activity research program. Journal of Mathematical Behavior, 52(October 2017), 188–200. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2018.03.003

Sitompul, H., Rosnelli, R., Daryanto, E., Sitanggang, N., & Mulyana, D. (2018). Kualitas Dosen dalam Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, 20(1). https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11041

Son, A. L., Laja, Y. P. W., Bete, H., & Delvion, E. B. S. (2021). How to Write Journal Article: Workshop untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2). https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1024

Sutriyono, S., Riyani, R., & Prasetya, B. E. A. (2012). PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UKSW BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN A DAN B. Satya Widya, 28(2). https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p127-136

Swidan, O. (2020). A learning trajectory for the fundamental theorem of calculus using digital tools. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(4), 542–562. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1593531

Weber, E., & Thompson, P. W. (2014). Students’ images of two-variable functions and their graphs. Educational Studies in Mathematics, 87(1), 67–85. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9548-0

Widodo, A., Kadir Jaelani, A., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, Mu. (2020). Nalisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1946

Yamtinah, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, & I Wayan Lasmawan. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262

Zulkifli, N. (2012). Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Dosen Pembimbing dalam Pembuatan Tugas Akhir (Skripsi) Mahasiswa pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Riau Pekanbaru (2011). Educhild, 01(1).

Published
04-08-2022
How to Cite
Ikram, M. I., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2022). Analisis Kesulitan dan Respon Dosen terhadap Keterampilan Meneliti Riset bagi Mahasiswa: Studi Pendahuluan untuk Merancang Hipotesis Lintasan Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 198-214. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1891