EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Laras Dwi Marheni Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christian Bernard Nichols Djami Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1867

Keywords:

Numbered Head Together, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kela III A SD Negeri Salatiga 02 yang dilihat dari adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest. Jenis penelitian ini adalah pre-Experimental dengan variabel terikat hasil belajar matematika dan variabel bebasnya model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak 28 siswa, 16 perempuan dan 12 laki-laki. Data yang terkumpul dari hasi pretest dan posttest dilakukan uji t berbantuan SPSS Windows Version 21.00. Selanjutnya dicari taraf signifikansi atau probabilitas [Sig.(2-tailed)] dengan α = 0,05 dan menganalisis thitung dengan mencari ttabel menggunakan Tabel t. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III A SD Negeri Salatiga 02. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dikatakan efektif dikarenakan terdapat perbedaan rata-rata antara nilai pretest yaitu 50.00 dan posttest yaitu 68.30. Hal ini diperkuat dari hasil signifikasi atau probabilitas 0,05 > 0,000 dan uji beda t hitung lebih besar dari t tabel (-2,733> 1,703). Abstract. This study aims to determine the effectiveness of the use of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on the mathematics learning outcomes of grade III A students of SD Negeri Salatiga 02 as seen from the difference in the average pretest and posttest. This type of research is pre-experimental with the dependent variable is mathematics learning outcomes and the independent variable is the Numbered Head Together (NHT) Cooperative learning model. This study uses the One-Group Pretest Posttest Design. The research subjects were 28 students, 16 female and 12 males. The data collected from the pretest and posttest results were t-test assisted by SPSS Windows Version 21.00. Then look for the level of significance or probability [Sig.(2-tailed)] with = 0.05 and analyze tcount by looking for ttable using Table t. The results showed that the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model was effective on the mathematics learning outcomes of class III A students at SD Negeri Salatiga 02. The Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model was said to be effective because there was an average difference between the pretest scores of 50.00 and the posttest is 68.30. This is reinforced by the results of the significance or probability of 0.05 > 0.000 and the t arithmetic difference test is greater than t table (-2.733 > 1.703).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 85-93. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.359

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Hasanah, u. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together Siswa Kelas V SDN 2 Kelayu Jorong pada Masa Pandemi Covidd-19 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 34-42. DOI: https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.387

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Hutagaol, L., & Debora. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Ing Ngarsa Sung Taladha. Jurnal Padegogik, 96. DOI: https://doi.org/10.35974/jpd.v1i2.659

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khoiriyah, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran MAtematika. Jurnal Edumath. DOI: https://doi.org/10.26638/je.754.2064

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2016). Pentingnya Pembelajaran Kooperatif Dalam Aktivitas Belajar Pada Siswa. 1–5.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401 DOI: https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Slavin, Robert.E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Medi.

Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 413. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314

Yeni Prastiwi, M. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2112

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Marheni, L. D., & Djami, C. B. N. . (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1867