Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Pecahan

Authors

  • Oktania Dewantari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christian Bernard Nichols Djami Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1832

Keywords:

Problem Based Learning, Mathematical Problem Solving, Grocery Shopping, Fractions

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan pembelajaran Problem Based Learning yang dipadukan dengan media Grocery Shopping dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan. Penelitian kuantitatif termasuk dalam penelitian ini di SD Negeri Salatiga 02, subjek penelitian adalah 27 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan 28 siswa di kelas IVB yang menggunakan model Problem Based Learning. Observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen, sesuai dengan hasil uji prasyarat. Hasil uji T-test menggunakan Independent Sample T-test dengan nilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis kelas IVB dengan memanfaatkan model Problem Based Learning dengan media Grocery Shopping telah dibuktikan, dengan hasil pengukuran awal 65,9 meningkat menjadi 86,0, dengan kenaikan sebesar 20%. Maka model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Grocery Shopping berpengaruh secara signifikan dan dapat digunakan untuk alternatif model dan media pembelajaran pada siswa kelas IV pada materi pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arta, I. M., Japa, I. G., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD.

Ashari, N. W., & Salwah. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 100-109. DOI: https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States: The National Council of Teachers of Mathematics.

Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Al-Afkar. DOI: https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Rohani. (2019). Media Pembelajaran.

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2792

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Wati, E. R. (2019). Ragam Media Pembelajaran.

Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1-10. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1336

Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Oktania Dewantari, & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Pecahan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–49. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1832