PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATHEMATIC (POCKEMATH) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA

  • Nurmala R Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Pengembangan, android, pockemath, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan  untuk  menghasilkan sebuah produk berupa Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk siswa. Pengembangan Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android ini mengacu pada Model Thiagarajan Four-D yang meliputi 4 tahap: Define, Design, Develope dan Desseminates. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian  yaitu dokumentasi, observasi, lembar penilaian validator, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji layak  dan uji kepraktisan produk Pockemath. Hasil penelitian ini adalah produk berupa Pocket Book Mathematic (Pockemath) berbasis android yang layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Hal ini berdasarkan analisis data diperoleh penilaian validator dengan persentase 80,55% pada kategori sangat layak dan hasil data respon siswa sebesar 91,19 % dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A (2013).Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Apriyanto. 2016. Pembuatan Game Labirin Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Online. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol. 2, No. 2, Hal. 64-72.

Daryanto. (2013). Media pembelajaran (perannya sangat penting dalam mencapai

tujuan pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media

Fauzan, Ahmad. 2011. Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. SKRIPSI. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kumalasari, Maharani Putri. 2018. Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktifpada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 2, No. 1A, Hal 1-11.

Kustini, S., & Nurkhin, A. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Empiris Pada Guru SMK Se Kota Semarang). Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan, Volume 6 No 1 tahun 2011.

Kusumaningtyas, Nopem & Listiani, Welas. (2017). Pengembangan Media Cergam Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar di Daerah Tertinggal. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya. Volume 23, Nomor 1, Januari - Juni 2017

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 8, No. 2, Hal 1-10.

Negara, Habib R. P., dkk. 2019. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android menggunakan MITT APP INVENTOR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Vol. 2, No. 2, Hal. 42-45.

Netriwati dan Mai Sri Lena. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Lampung: Permata

Nurmala R & Susanti, Dwi. (2019) Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek ISSN (online) 2599-3313 dan ISSN (cetak) 2615 434X Vol 2. No 1 April 2019

Nurmala R, Mucti ,Alfian, Izzatin, Maharani (2019). Desain Pengembangan Buku Matematika SMP Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Edukasia Volume 6 No. 2

Rina, Yuliana. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Yogyakarta,vol. 6,no. 1 (http://journal.student.uny.ac.id, diakses 25 Mei 2021)

Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Satyaputra dan Aritonang. 2014. Beginning Android Programming With ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Published
10-02-2022
How to Cite
R, N. (2022). PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATHEMATIC (POCKEMATH) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19-29. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1477