PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATHEMATIC (POCKEMATH) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk siswa. Pengembangan Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android ini mengacu pada Model Thiagarajan Four-D yang meliputi 4 tahap: Define, Design, Develope dan Desseminates. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu dokumentasi, observasi, lembar penilaian validator, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan Uji layak dan uji kepraktisan produk Pockemath. Hasil penelitian ini adalah produk berupa Pocket Book Mathematic (Pockemath) berbasis android yang layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Hal ini berdasarkan analisis data diperoleh penilaian validator dengan persentase 80,55% pada kategori sangat layak dan hasil data respon siswa sebesar 91,19 % dengan kategori sangat praktis.
Downloads
Metrics
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A (2013).Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Apriyanto. 2016. Pembuatan Game Labirin Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Online. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer Vol. 2, No. 2, Hal. 64-72.
Daryanto. (2013). Media pembelajaran (perannya sangat penting dalam mencapai
tujuan pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media
Fauzan, Ahmad. 2011. Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. SKRIPSI. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kumalasari, Maharani Putri. 2018. Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktifpada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 2, No. 1A, Hal 1-11.
Kustini, S., & Nurkhin, A. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Empiris Pada Guru SMK Se Kota Semarang). Jurnal pendidikan ekonomi dinamika pendidikan, Volume 6 No 1 tahun 2011.
Kusumaningtyas, Nopem & Listiani, Welas. (2017). Pengembangan Media Cergam Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar di Daerah Tertinggal. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya. Volume 23, Nomor 1, Januari - Juni 2017
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 8, No. 2, Hal 1-10.
Negara, Habib R. P., dkk. 2019. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android menggunakan MITT APP INVENTOR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Vol. 2, No. 2, Hal. 42-45.
Netriwati dan Mai Sri Lena. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Lampung: Permata
Nurmala R & Susanti, Dwi. (2019) Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek ISSN (online) 2599-3313 dan ISSN (cetak) 2615 434X Vol 2. No 1 April 2019
Nurmala R, Mucti ,Alfian, Izzatin, Maharani (2019). Desain Pengembangan Buku Matematika SMP Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Edukasia Volume 6 No. 2
Rina, Yuliana. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Yogyakarta,vol. 6,no. 1 (http://journal.student.uny.ac.id, diakses 25 Mei 2021)
Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Satyaputra dan Aritonang. 2014. Beginning Android Programming With ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teacher of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Copyright (c) 2022 Nurmala R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.