Pengaruh Tindak Tutur Direktif terhadap Psikologis Anak dalam Video TikTok #Dediphobia: Analisis Psikopragmatik

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7145

Authors

  • Nazwa Alaida Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yayat Sudaryat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Temmy Widyastuti Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

komunikasi digital; psikopragmatik; psikososial anak; TikTok; tindak tutur direktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dalam fenomena viral #Dediphobia di TikTok yang dipopulerkan oleh Dedi Mulyadi serta dampaknya terhadap kondisi psikologis anak. Kajian ini menyoroti bentuk tindak tutur direktif yang muncul, mekanisme interpretasi anak terhadap tuturan tersebut, serta pengaruhnya terhadap aspek emosional, perilaku, dan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi deskriptif. Sumber data utama berupa video bertagar #Dediphobia dari akun resmi Dedi Mulyadi dan beberapa akun pengguna lain, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur mengenai tindak tutur direktif, psikopragmatik, dan teori psikososial Erikson yang menjelaskan dinamika pembentukan identitas dan kontrol diri anak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis berdasarkan klasifikasi direktif Searle, kajian psikopragmatik atas persepsi anak, serta interpretasi fenomenologis terhadap pengalaman subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif dalam fenomena #Dediphobia meliputi perintah, larangan, ajakan, peringatan, izin, dan penegasan komitmen. Strategi komunikasi menonjolkan figur otoritas dan afeksi untuk memperkuat daya persuasif tuturan. Fenomena ini berpengaruh terhadap pembentukan rasa takut, kepatuhan, identitas sosial, dan kontrol diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Age, M. Y. C. (2025). Pengaruh sikap bahasa terhadap hasil belajar mata kuliah Bahasa Indonesia mahasiswa perguruan tinggi swasta Keuskupan Agung Ende. 8(3), 727–740. https://doi.org/10.30872/diglosia.v8i3.1373

Alfiansyah, M. A., Wahya., & Sufyan, A. (2021). Analisis kesopanan tindak tutur direktif dalam pembelajaran daring kajian: Pragmatik. 11(2), 53–68. https://doi.org/10.23969/literasi.v11i2.3412 DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v11i2.3412

Austin, J.L. (1962). How to do things with words. https://silverbronzo.wordpress.com/wp-content/uploads/2017/10/austin-how-to-do-things-with-words-1962.pdf

Creswell, J. W., & Creswell, J.D. (2018). Research design Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf

Emiliza, T. (2019). Konsep psikososial menurut teori Erik H. Erikson terhadap pendidikan anak usia dini dalam tinjauan pendidikan Islam. http://repository.iainbengkulu.ac.id.

Erikson, E. (1950). Childhood and society. W.W,. Norton and Company Inc. New York. https://archive.org/details/dli.ernet.19961/page/n5/mode/2up

Fitria, M. N. (2025). Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak : Studi Kasus di Desa Undaan Tengah Kudus. 33–38. https://journals.hakhara-institute.com/index.php/WA/article/download/6/6

Halimah., Jumriah., & Susilo. (2024). Bahasa lisan pada anak usia 4 tahun dengan keterlambatan bicara (speech delay). 7, 421–430. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i3.959 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i3.959

Handayani, V.T., Suganda, D. N. D. (2020). Critical pragmatic: Maintaining culture identity kampung traditional Kuta Ciamis 33–43. DOI:10.22216/kata.v4i1.4760 DOI: https://doi.org/10.22216/kata.v4i1.4760

Kempe, V., Ota, M., & Schaeffler, S. (2024). Does child-directed speech facilitate language development in all domains ? A study space analysis of the existing evidence. Developmental Review, 72(September 2023), 101121. https://doi.org/10.1016/j.dr.2024.101121 DOI: https://doi.org/10.1016/j.dr.2024.101121

Mawardiani, A., Mulawarman, W. G., & Hanum, I. S. (2022). Tindak tutur direktif guru bimbingan konseling di SMA Negeri 2 Samarinda (kajian pragmatik). Jurnal, 6, 1028–1039. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/6149

Mccashin, D., & Murphy, C. M. (2023). Using TikTok for public and youth mental health – A systematic review and content analysis. 28(1), 279–306. https://doi.org/10.1177/1359104522110660 DOI: https://doi.org/10.1177/13591045221106608

Nurhasanah, S., Adiwinata, A. H., & Nadhirah, N. A. (2023). Perkembangan emosi anak disebabkan verbal yang dilakukan orang tua. 16(1), 26–38. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/3845 DOI: https://doi.org/10.30863/an.v16i1.3845

Nurliyah, A., & Hudiyono, Y. (2024). Analisis faktor pemerolehan bahasa kedua anak usia 6 tahun dengan riwayat speech delay terhadap kemampuan berbahasa Indonesia. 3(11), 3115–3122. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/8154

Petersen, D. B., Staskowski, M., Spencer, T. D., Foster, M. E., & Paige, M. (2022). The Effects of a Multitiered System of Language Support on Kindergarten Oral and Written Language : A Large-Scale Randomized Controlled Trial.

DOI: 10.1044/2021_LSHSS-20-00162 DOI: https://doi.org/10.1044/2021_LSHSS-20-00162

Ramadanti, M., Sary, C. P. & Suarni (2022). Psikologi kognitif (Suatu kajian proses mental dan pikiran manusia). https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205 DOI: https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205

Ridwan, M.H., & Dhofir, A.Z. (2022). Analisis tuturan imperatif pada komunikasi antara penjual dan pembeli di pertokoan Bin-Hasy Blokagung Kabupaten Banyuwangi (kajian pragmatik). 2(2). https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/Peneroka/article/view/1560 DOI: https://doi.org/10.30739/peneroka.v2i2.1560

Rizki, N. J. (2022). Teori perkembangan sosial dan kepribadian dari Erikson (Konsep, tahap perkembangan, kritik & revisi, dan penerapan). https://doi.org/10.70287/epistemic.v1i2.13 DOI: https://doi.org/10.70287/epistemic.v1i2.13

Safitri, R. D., Mulyani, M., & Farikah (2021). Teori tindak tutur dalam studi pragmatik. 1(1), 59–67. https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7 DOI: https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7

Searle, J. R. (1976). A Classification of Illocutionary Acts. Language in Society, 5(1), 1–23. http://www.jstor.org/stable/4166848 DOI: https://doi.org/10.1017/S0047404500006837

Syam, U. K., Waliyudin, & Fitrawahyudi (2025). Directive prohibition utterances with honorific politeness used by families in Makassarese community : An ethnolinguistic study. 8, 651–664. https://doi.org/10.30872/diglosia.v8i3.1299

Tamm, A. (2023). Longitudinal links between maternal directives , children ’ s engagement in family conversations , and child linguistic skills. May, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1175084 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1175084

Ulfa, M., & Na'imah. (2020). Peran keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45 DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45

Vigdal, J. S., & Brønnick, K. K. (2022). A Systematic Review of “ Helicopter Parenting ” and Its Relationship With Anxiety and Depression. 13(May), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.872981 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.872981

Yuli, & Nawawi. (2023). Bentuk tindak tutur direktif guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Karang Bahagia. https://doi.org/10.18592/moe.v9i2.9954 DOI: https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.20

Published

2025-11-15

How to Cite

Alaida Maharani, N., Yayat Sudaryat, & Temmy Widyastuti. (2025). Pengaruh Tindak Tutur Direktif terhadap Psikologis Anak dalam Video TikTok #Dediphobia: Analisis Psikopragmatik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4647–4662. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7145

Issue

Section

Articles

Categories