Keefektifan Media Komik Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6609
Keywords:
media komik digital, kemampuan menulis, teks dramaAbstract
Pembelajaran menulis teks drama kerap kali menemui kendala, terutama ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide secara kreatif dan sistematis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah pemanfaatan media komik digital sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media komik digital dari situs Pendidikan.id dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI di SMAN 1 Majalaya. Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelas, yakni kelas XI.A sebagai kelompok eksperimen dan XI.D sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan angket, kemudian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, serta uji hipotesis (paired sample t-test dan independent sample t-test). Hasil penelitian dengan uji normalitas Shapiro-Wilk kedua kelas menggunakan SPSS v29 berdistribusi normal dengan nilai pretest kelas eksperimen menunjukkan (0,072), hasil posttest kelas eksperimen (0,148), pretest kelas kontrol (0,066), dan hasil dari posttest kelas kontrol (0,116). Kemudian, ditemukan bahwa data pretest dan posttest kelas eksperimen serta kontrol bersifat homogen dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,112 dan posttest sebesar 0,051. Skor rata-rata N-Gain kelas XI.A mencapai 65,04 dan termasuk kategori cukup efektif, sementara kelas XI.D hanya memperoleh 31,19 (tidak efektif). Ditemukan perbedaan signifikan dengan pengujian paired sample t-test antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen, diperoleh signifikansi < 0,001. Uji independent sample t-test juga mengindikasikan adanya perbedaan nyata antara kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, hasil angket memperlihatkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media, dengan 97,51% siswa memilih kategori setuju dan sangat setuju. Temuan ini mengonfirmasi bahwa media komik digital mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan dan diterima dengan baik dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, Karimuddin, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Hilmi, M. I., Wisudariani, N. M. R., & Wendra, I. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menerapkan Teknik Parafrase Cerpen Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(1), 19-26.
Mirino, N. (2024). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan kartu pasangan dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun nasihat siswa kelas VIIJ SMP Negeri 1 Kota Sorong tahun ajaran 2024/2025. PEDALITRA IV: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 126–134.
Nuraini. (2019). Penggunaan Media Webtoon Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii-4 Smp Pgri 1 Ciputat Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi]. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurazizah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Skripsi [Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 2, Nomor 1).
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rahmadona, R., Jaya, W. S., & Hastuti, H. (2022). Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i1.2022.02
Rahmanto, B., Susilawati, & Adji, E. P. (2020). Drama (Edisi ke-2). Universitas Terbuka.
Sianturi, R. (2025). Uji normalitas sebagai syarat pengujian hipotesis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5881 DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5881
Sukma, L., & Puspita, R. (2023). Dasar-dasar keterampilan menulis akademik. Bandung: Literasi Nusantara.
Ulya, M. (2022). Pengaruh penggunaan media komik tanpa dialog terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa SMK Assa’adatul Abadiyah Grogol tahun pelajaran 2021/2022 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66471
Widodo, B. S. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan sistematis & komprehensif. Ega Media.
Zubaidah, Z., Hatijah, E. R., Husna, N., & Sariyati, S. (2024). Peran tes kepribadian MBTI dalam proses konseling: Meningkatkan pemahaman dan pengembangan diri individu. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 18(1), 34–40. DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5430
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Vhiena Nurfarida Soehaillah, Dewi Herlina Sugiarti, Winieke Dinar Pratiwi, Siti Masitoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.