Keefektifan Media Komik Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6609

Authors

  • Vhiena Nurfarida Soehaillah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Herlina Sugiarti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Winieke Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Masitoh Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

media komik digital, kemampuan menulis, teks drama

Abstract

Pembelajaran menulis teks drama kerap kali menemui kendala, terutama ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide secara kreatif dan sistematis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah pemanfaatan media komik digital sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media komik digital dari situs Pendidikan.id dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI di SMAN 1 Majalaya. Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelas, yakni kelas XI.A sebagai kelompok eksperimen dan XI.D sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan angket, kemudian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, N-Gain, serta uji hipotesis (paired sample t-test dan independent sample t-test). Hasil penelitian dengan uji normalitas Shapiro-Wilk kedua kelas menggunakan SPSS v29 berdistribusi normal dengan nilai pretest kelas eksperimen menunjukkan (0,072), hasil posttest kelas eksperimen (0,148), pretest kelas kontrol (0,066), dan hasil dari posttest kelas kontrol (0,116). Kemudian, ditemukan bahwa data pretest dan posttest kelas eksperimen serta kontrol bersifat homogen dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,112 dan posttest sebesar 0,051. Skor rata-rata N-Gain kelas XI.A mencapai 65,04 dan termasuk kategori cukup efektif, sementara kelas XI.D hanya memperoleh 31,19 (tidak efektif). Ditemukan perbedaan signifikan dengan pengujian paired sample t-test antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen, diperoleh signifikansi < 0,001. Uji independent sample t-test juga mengindikasikan adanya perbedaan nyata antara kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, hasil angket memperlihatkan bahwa mayoritas siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media, dengan 97,51% siswa memilih kategori setuju dan sangat setuju. Temuan ini mengonfirmasi bahwa media komik digital mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan dan diterima dengan baik dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Karimuddin, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Hilmi, M. I., Wisudariani, N. M. R., & Wendra, I. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menerapkan Teknik Parafrase Cerpen Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Woha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(1), 19-26.

Mirino, N. (2024). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan kartu pasangan dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun nasihat siswa kelas VIIJ SMP Negeri 1 Kota Sorong tahun ajaran 2024/2025. PEDALITRA IV: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 126–134.

Nuraini. (2019). Penggunaan Media Webtoon Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii-4 Smp Pgri 1 Ciputat Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 [Skripsi]. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurazizah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Stem Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Skripsi [Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Vol. 2, Nomor 1).

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Rahmadona, R., Jaya, W. S., & Hastuti, H. (2022). Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i1.2022.02

Rahmanto, B., Susilawati, & Adji, E. P. (2020). Drama (Edisi ke-2). Universitas Terbuka.

Sianturi, R. (2025). Uji normalitas sebagai syarat pengujian hipotesis. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5881 DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5881

Sukma, L., & Puspita, R. (2023). Dasar-dasar keterampilan menulis akademik. Bandung: Literasi Nusantara.

Ulya, M. (2022). Pengaruh penggunaan media komik tanpa dialog terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa SMK Assa’adatul Abadiyah Grogol tahun pelajaran 2021/2022 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/66471

Widodo, B. S. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan sistematis & komprehensif. Ega Media.

Zubaidah, Z., Hatijah, E. R., Husna, N., & Sariyati, S. (2024). Peran tes kepribadian MBTI dalam proses konseling: Meningkatkan pemahaman dan pengembangan diri individu. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 18(1), 34–40. DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.5430

Published

2025-08-29

How to Cite

Vhiena Nurfarida Soehaillah, Dewi Herlina Sugiarti, Winieke Dinar Pratiwi, & Siti Masitoh. (2025). Keefektifan Media Komik Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3875–3884. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6609

Issue

Section

Articles

Categories