Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Pembentukan Personal Branding melalui Media Siniar

  • Uah Maspuroh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Een Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Roni Nugraha Syafroni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Herlina Sugiarti Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Persepsi Siswa, Personal branding, Pembelajaran Keterampilan Berbicara, Siniar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian terdahulu yang telah dilaksanakan oleh peneiliti, fokus tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan proses penelitian persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar; 2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar; 3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar. Teori-teori relevan dengan judul penelitian digunakan dalam penelitian, di antaranya teori keterampilan berbicara, personal branding, dan siniar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif setelah mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media siniar dalam membentuk personal branding. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dialami siswa selama menikuti proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, L. B. & Williams, L. (Ed.). (2009). Electronic Discourse in Language Learning and Language Teaching. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.

Barliana, Lutfah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4 No. 1, pp 1-7, Agustus 2015.

Daniar, Muhammad Aldyka. Dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 5 No.1, pp 71-82, 1 Februari 2022.

Fadilah, Efi, dkk. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Vol.I, No.1. Universitas Padjadjaran.

Hartono, Rudi, dkk. (2020). Penerapan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas, Hasil Belajar, dan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Kaliorang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 3 No. 2, pp 221-228, 1 Juni 2020.

Irwanto. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2009). Strategi pembelajaran bahasa Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

KBBI daring. (2016). [Diakses 1 Desember 2021]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

LLDIKTI Wilayah X. (2020). Personal Branding, Karakter, dan Komunikasi Efektif. [Diakses 11 Desember 2021]. Tersedia: http://lldikti10.ristekdikti.go.id/id/personal-branding-karakter-dan-komunikasi-efektif

Luthfi, Andria. (2019). Peran New Media Podcast Duobudjang di Dalam Menyosialisasikan RUU Permusikan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr, Moestopo (Beragama).

McNally, David., & Karl D. Speak. (2002). Be your Own Brand. San Francisco: Berret-Koehler Publishers, Inc.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Montoya, Peter., & Tim Vandehey (2009). The Brand Called You. New York: McGraw Hill.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian dan pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Putri, Dinda Larisa. (2017). Strategi Online Personal branding dalam Industri Fashion (Studi Kasus pada Rissa Stelar dalam Blog “Lippielust.com. Skripsi. Bandung: Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Qanitah, Arifa. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Podcast Terhadap Tingkat Kepuasan Generasi Millenial di Banda Aceh Sebagai Sarana Memperoleh Informasi di Masa Covid-19. Sumatera: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara.

Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.

Rogers, Natalie. (2008). Berani Berbicara di Depan Publik (Cara Cepat Berpidato). Bandung: Nuansa.

S. Aminah, Roikan. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Prenada Media Group.

Sasmita, Anisa Fitria Kusuma. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Skripsi. Purwakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sintia, Adila. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Hasil Gambar. Skripsi. Serang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Tarigan, Djago dan H.G Tarigan (1997) Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2013) Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
04-04-2023
How to Cite
Maspuroh, U., Een Nurhasanah, Roni Nugraha Syafroni, & Dewi Herlina Sugiarti. (2023). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Pembentukan Personal Branding melalui Media Siniar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 334-348. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2392
Section
Articles