Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Pembentukan Personal Branding melalui Media Siniar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian terdahulu yang telah dilaksanakan oleh peneiliti, fokus tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan proses penelitian persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar; 2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar; 3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa terhadap pembelajaran keterampilan berbicara dalam pembentukan personal branding melalui media siniar. Teori-teori relevan dengan judul penelitian digunakan dalam penelitian, di antaranya teori keterampilan berbicara, personal branding, dan siniar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif setelah mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media siniar dalam membentuk personal branding. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dialami siswa selama menikuti proses pembelajaran.
Downloads
References
Abraham, L. B. & Williams, L. (Ed.). (2009). Electronic Discourse in Language Learning and Language Teaching. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.
Barliana, Lutfah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4 No. 1, pp 1-7, Agustus 2015.
Daniar, Muhammad Aldyka. Dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 5 No.1, pp 71-82, 1 Februari 2022.
Fadilah, Efi, dkk. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Vol.I, No.1. Universitas Padjadjaran.
Hartono, Rudi, dkk. (2020). Penerapan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas, Hasil Belajar, dan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Kaliorang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 3 No. 2, pp 221-228, 1 Juni 2020.
Irwanto. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2009). Strategi pembelajaran bahasa Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
KBBI daring. (2016). [Diakses 1 Desember 2021]. Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/
LLDIKTI Wilayah X. (2020). Personal Branding, Karakter, dan Komunikasi Efektif. [Diakses 11 Desember 2021]. Tersedia: http://lldikti10.ristekdikti.go.id/id/personal-branding-karakter-dan-komunikasi-efektif
Luthfi, Andria. (2019). Peran New Media Podcast Duobudjang di Dalam Menyosialisasikan RUU Permusikan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr, Moestopo (Beragama).
McNally, David., & Karl D. Speak. (2002). Be your Own Brand. San Francisco: Berret-Koehler Publishers, Inc.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Montoya, Peter., & Tim Vandehey (2009). The Brand Called You. New York: McGraw Hill.
Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Penilaian dan pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.
Putri, Dinda Larisa. (2017). Strategi Online Personal branding dalam Industri Fashion (Studi Kasus pada Rissa Stelar dalam Blog “Lippielust.com. Skripsi. Bandung: Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Qanitah, Arifa. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Podcast Terhadap Tingkat Kepuasan Generasi Millenial di Banda Aceh Sebagai Sarana Memperoleh Informasi di Masa Covid-19. Sumatera: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara.
Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.
Rogers, Natalie. (2008). Berani Berbicara di Depan Publik (Cara Cepat Berpidato). Bandung: Nuansa.
S. Aminah, Roikan. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Prenada Media Group.
Sasmita, Anisa Fitria Kusuma. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Skripsi. Purwakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Sintia, Adila. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Hasil Gambar. Skripsi. Serang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Tarigan, Djago dan H.G Tarigan (1997) Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2013) Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Copyright (c) 2023 Uah Maspuroh, Een Nurhasanah, Roni Nugraha Syafroni, Dewi Herlina Sugiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.