Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kesalahan-kesalahan dalam menggunakan tanda baca pada tulisan karangan peserta didik kelas V MIN 2 Takalar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V MIN 2 Takalar yang berjumlah 6 orang. Data dikumpulkan melalui tes, tugas, dan wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda koma adalah hal yang paling sering dilakukan oleh peserta didik. Penyebabnya adalah kesalahan penggunaan tanda koma yaitu peserta didik tidak menggunakan tanda koma di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian, untuk mengapit keterangan tambahan, dan untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat. Kesalahan penggunaan tanda titik sering terjadi karena peserta didik tidak memberi tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan. Kesalahan penggunaan tanda hubung disebabkan karena tidak menggunakan tanda hubung untuk menandai bagian kata yang terpenggal oleh pergantian baris dan tidak menggunakan tanda hubung untuk menyambung unsur kata ulang. Adapun kesalahan penggunaan tanda titik koma karena peserta didik tidak menggunakannya sebagai pengganti kata hubung untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang lainnya dalam kalimat majemuk. Hasil penelitian ini penting buat peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu mengenai ejaan karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, terutama ketika menulis.
Downloads
References
Halimah, Andi. (2013) Konsep Dasar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Alauddin University Press.
Idris, Yossy dkk. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia TA 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang, vol. 2 no. 3.
Karitas, Diana Puspa. (2017) Tema 5 Ekosistem: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Balitbang: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
Kuspitasari, Endah Septiana (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Diponegoro 8 Rowalo. Purwokerto: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP.
Puspitasari, Yeti. (2014). Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Jakarta: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
RM, David Budianto. (2019). Analisis Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MI AL-ISLAM Kota Bengkulu. Bengkulu: Fak. Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu.
Copyright (c) 2021 Andi Hasrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.