Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik

  • Andi Hasrianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: analysis kesalahan, tanda baca, karangan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kesalahan-kesalahan dalam menggunakan tanda baca pada tulisan karangan peserta didik kelas V MIN 2 Takalar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V MIN 2 Takalar yang berjumlah 6 orang. Data dikumpulkan melalui tes, tugas, dan wawancara berbasis tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda koma adalah hal yang paling sering dilakukan oleh peserta didik. Penyebabnya adalah kesalahan penggunaan tanda koma yaitu peserta didik tidak menggunakan tanda koma di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian, untuk mengapit keterangan tambahan, dan untuk menghindari salah baca di belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat. Kesalahan penggunaan tanda titik sering terjadi karena peserta didik tidak memberi tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan. Kesalahan penggunaan tanda hubung disebabkan karena tidak menggunakan tanda hubung untuk menandai bagian kata yang terpenggal oleh pergantian baris dan tidak menggunakan tanda hubung untuk menyambung unsur kata ulang. Adapun kesalahan penggunaan tanda titik koma karena peserta didik tidak menggunakannya sebagai pengganti kata hubung untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang lainnya dalam kalimat majemuk. Hasil penelitian ini penting buat peserta didik untuk meningkatkan rasa ingin tahu mengenai ejaan karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, terutama ketika menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, Riri. (2019) Jurnal Bahasa dan Sastra,” Analisis Kesalahan Penggunaan Penggunaan Tanda Baca Pada Koran Mercusuar, vol. 4 no. 4 (2019). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/download/12178/9361.
Halimah, Andi. (2013) Konsep Dasar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Alauddin University Press.
Idris, Yossy dkk. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia TA 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang, vol. 2 no. 3.
Karitas, Diana Puspa. (2017) Tema 5 Ekosistem: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Balitbang: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.
Kuspitasari, Endah Septiana (2013). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Diponegoro 8 Rowalo. Purwokerto: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMP.
Puspitasari, Yeti. (2014). Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri Sampay Rumpin-Bogor. Jakarta: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
RM, David Budianto. (2019). Analisis Kesalahan Tanda Baca dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MI AL-ISLAM Kota Bengkulu. Bengkulu: Fak. Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu.
Published
20-05-2021
How to Cite
Hasrianti, A. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 213-222. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.618
Section
Articles