Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2526
Keywords:
Pembelajaran, Covid-19, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; dampak Covid-19 terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; serta faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan jurusan PGMI UIN alauddin Makassar dilaksanakan secara daring pada saat pemberlakuan lock-down Covid-19. Pembelajaran daring dilaksanakan selama 16 kali pertemuan sama seperti halnya dengan pembelajaran tatap muka pada masa normal. Proses perkuliahan tetap sama yakni dengan metode diskusi hanya saja dilakansakan secara virtual learning. Pembejaran ini pun mengandung hal positif dan negatif. Positifnya bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat. Kondisi negatifnya adalah mahasiswa tidak banyak mempunyai kesempatan berinteraksi dengan teman dan dosennya untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran. Di samping itu pula tidak semua jaringan internet baik pada semua lokasi dan pengeluaran finansial akan semakin banyak.
Downloads
References
Asih, P., Suherlan, H., Que, B. J., Kusumawaty, I., Nuswantoro, P., Asrianti, A., & Andiyan, A. (2022). Online Psychology Education for Students in the Context of the COVID-19 Pandemic. Specialusis Ugdymas, 1(43), 2009-2018.
Asrianti, A., & Izzati, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Kesehatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi di SMP. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 15-23.
Dewi, A., & Bustan, R. (2021). Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Dan Protokol Kesehatan 7 M Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. In SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) (Vol. 3, No. 2, pp. 58-66).
Diasti, K. (2021). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 151-162.
Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20-27.
Fadli, A. (2020). Mengenal covid-19 dan cegah penyebarannya dengan “peduli lindungi” aplikasi berbasis andorid. Pegabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman.
Fitriya, D., Magdalena, I., & Fadhillahwati, N. F. (2021). Konsep Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 182-188.
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217-233.
Hasrianti, A., & Sulaiman, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 686-695.
Hasibuan, R. P. P. M., & Ashari, A. (2020). Optimasi Peran Negara Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 dalam Perspektif Hukum Tata Negara Darurat. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7), 581-594.
Ledya, F., Anwar, K., & Rapiko, R. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Batanghari Provinsi Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15.
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode pembelajaran daring akibat COVID-19: Perspektif pelajar dan mahasiswa. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 16(1), 83-91.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.