Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar

https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2526

Authors

  • Andi Hasrianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Umar Sulaiman PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
  • Miftahul Jannah PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar
  • St. Sukinah PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar

Keywords:

Pembelajaran, Covid-19, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; dampak Covid-19 terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; serta faktor pendukung dan penghambat terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan jurusan PGMI UIN alauddin Makassar dilaksanakan secara daring pada saat pemberlakuan lock-down Covid-19. Pembelajaran daring dilaksanakan selama 16 kali pertemuan sama seperti halnya dengan pembelajaran tatap muka pada masa normal. Proses perkuliahan tetap sama yakni dengan metode diskusi hanya saja dilakansakan secara virtual learning. Pembejaran ini pun mengandung hal positif dan negatif. Positifnya bisa dilaksanakan secara cepat dan tepat. Kondisi negatifnya adalah mahasiswa tidak banyak mempunyai  kesempatan berinteraksi dengan teman dan dosennya untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran. Di samping itu pula tidak semua jaringan internet baik pada semua lokasi dan pengeluaran finansial akan semakin banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.
Asih, P., Suherlan, H., Que, B. J., Kusumawaty, I., Nuswantoro, P., Asrianti, A., & Andiyan, A. (2022). Online Psychology Education for Students in the Context of the COVID-19 Pandemic. Specialusis Ugdymas, 1(43), 2009-2018.
Asrianti, A., & Izzati, A. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Kesehatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi di SMP. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 15-23.
Dewi, A., & Bustan, R. (2021). Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Dan Protokol Kesehatan 7 M Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. In SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) (Vol. 3, No. 2, pp. 58-66).
Diasti, K. (2021). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan (DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 151-162.
Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20-27.
Fadli, A. (2020). Mengenal covid-19 dan cegah penyebarannya dengan “peduli lindungi” aplikasi berbasis andorid. Pegabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman.
Fitriya, D., Magdalena, I., & Fadhillahwati, N. F. (2021). Konsep Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 182-188.
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217-233.
Hasrianti, A., & Sulaiman, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 686-695.
Hasibuan, R. P. P. M., & Ashari, A. (2020). Optimasi Peran Negara Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 2019 dalam Perspektif Hukum Tata Negara Darurat. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7), 581-594.
Ledya, F., Anwar, K., & Rapiko, R. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Batanghari Provinsi Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15.
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode pembelajaran daring akibat COVID-19: Perspektif pelajar dan mahasiswa. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 16(1), 83-91.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.

Published

2023-05-09

How to Cite

Hasrianti, A., Sulaiman, U., Jannah, M., & Sukinah, S. (2023). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 619–626. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2526

Issue

Section

Articles

Categories