Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa

  • Andi Hasrianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Umar Sulaiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: efektivitas, pembelajaran daring, budaya literasi membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implemntasi pembelajaran daring pada siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa, 2) Gambaran budaya literasi membaca pada siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa, 3) Efektivitas pembelajaran daring terhadap penguatan budaya literasi membaca siswa kelas V di MI Madani Alauddin, Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Partisipan penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa yang berjumlah 41 orang. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik anlisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata peserta didik sebesar 50 untuk pengisian kuesioner tentang implementasi pembelajaran daring dan diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 86 untuk tes keterampilan membaca. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh t_(hitung )> dari t_(tabel )(8,17>1,68) yang berarti bahwa implementasi pembelajaran daring efektif terhadap penguatan budaya literasi membaca pada peserta didik kelas V di MI Madani Aluaddin Kabupaten Gowa. Implikasi dalam penelitian ini 1) Implementasi pembelajaran daring efektif terhadap penguatan budaya literasi membaca peserta didik kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa 2) Menjadi dasar untuk penelitian berikutnya tentang literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. PENTAS: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60-66.

Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N., & Setiawan, R. (2017). Indonesian PISA result: What factors and what should be fixed? In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Berbasis WhatsApp Di SD Yapita. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 13-23.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dini, J. P. A. U. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2158.

Fauzi, I., & Khusuma, I. H. S. (2020). Teachers’ elementary school in online learning of COVID-19 pandemic conditions. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58-70.

Fatoni, A. (2020). Wawasan Pendidikan (Pendidikan dan Pendidik). Mida: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 65-79.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.

Harirah, Z., & Rizaldi, A. (2020). Merespon Nalar Kebijakan Negara Dalam Menangani Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 7(1).

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitta, 1(1).

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Indriani, R., & Yemmardotillah, M. (2021). Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1-13.

Isman, M. (2016). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1. http://hdl.handle.net/11617/7868

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 159-170.

Mardliyah, A. A. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 1, pp. 171-176).

Masrul, M., Abdillah, L. A., Tasnim, T., Simarmata, J., Daud, D., Sulaiman, O. K., ... & Faried, A. I. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring melalui Grup Whatsapp pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3336-3346.

Murray, J. (2021). Literacy is inadequate: young children need literacies. International Journal of Early Years Education, 29(1), 1-5. DOI: 10.1080/09669760.2021.1883816

Numertayasa, I. W., Suardana, I. P. O., & Adiwijaya, P. A. (2020). The Effect of Literacy Pattern and Mother Tongue on the Language Learning Ability during Learning from Home. In 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020) (pp. 310-315). Atlantis Press.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212-228.

Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 331-348.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138-150.

Opoku-Amankwa, K., & Brew-Hammond, A. (2011). ‘Literacy is the ability to read and write English’: defining and developing literacy in basic schools in Ghana. International journal of bilingual education and bilingualism, 14(1), 89-106.

Ratna, P. D. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 3 MERAK BATIN NATAR (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra, 2(1).

Truelove, A. (2020). Literacy. In Gentry culture in late-medieval England. Manchester University Press.

Winarti, E. (2018). Perencanaan manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1-26.

Winarti, A., & Purwanti, E. Y. (2014). Analisis pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, kemiskinan, dan PDB terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia Periode 1992-2012 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.

Published
30-10-2021
How to Cite
Hasrianti, A., & Sulaiman, U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Penguatan Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V di MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 686-695. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1372
Section
Articles