Pemertahanan Bahasa Makassar di Kelurahan Bontokio Kabupaten Pangkep
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5420
Keywords:
Pemertahanan Bahasa, Sosiolinguistik & Metode KualitatifAbstract
Pemertahanan bahasa berkaitan erat dengan identitas budaya, di mana bahasa sering kali menjadi simbol dari identitas suatu komunitas. Oleh karena itu, sosiolinguistik membantu memahami dinamika pemertahanan bahasa, seperti faktor-faktor yang menyebabkan suatu bahasa bisa bertahan atau bahkan terancam punah.peneitian ini di maksudkan untuk memahami dinamika penggunaan Bahasa Makassar di Kelurahan Bontokio, Kabupaten Pangkep, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemertahanannya.penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang di fokuskan untuk memahami secara mendalam dinamika pemertahanan Bahasa Makassar di Kelurahan Bontokio, Kabupaten Pangkep.penelitian ini menunjukkan bahwa pemertahanan Bahasa Makassar di Kelurahan Bontokio dipengaruhi oleh berbagai faktor signifikan. Pergeseran bahasa lebih cepat terjadi di kalangan generasi muda yang lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Keluarga memainkan peran kunci dalam memperkenalkan dan melestarikan Bahasa Makassar,serta tantangan dalam proses pemertahanan Bahasa Makassar di Kelurahan Bontokio terlihat dari pergeseran signifikan dalam penggunaannya, di mana Bahasa Makassar semakin terbatas pada situasi tertentu, seperti acara adat dan tradisional, sementara generasi muda lebih memilih menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam ranah formal seperti sekolah dan pekerjaan. Ketidakseimbangan penggunaan bahasa antar generasi, minimnya dukungan dari institusi pendidikan dan media, serta tekanan sosial dan modernisasi, semakin memperburuk pelestarian bahasa ini
Downloads
References
Amin, M. F., & Suyanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Penulisan Surat Undangan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12(2), 34. https://doi.org/10.14710/nusa.12.2.34-41 DOI: https://doi.org/10.14710/nusa.12.2.34-41
Astawa, I. N. T. (2017). Wacana Punahnya Bahasa Daerah Dalam Pergaulan GlobalisasI. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.25078/klgw.v7i1.1076 DOI: https://doi.org/10.25078/klgw.v7i1.1076
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pangkajen dan Kepulauan. (2023). Minasatene subdistrict in figures 2023.
Balosa, D. (2024). Existential sociolinguistics and existential justice: Addressing minority-language issues in multilingual societies. International Journal of Language Studies, 18(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.10475254
Baylon, C. (1975). Language in Sociocultural Change. Bulletin de La Societe de Linguistique de Paris, 70(2).
Beny Mawarsih, P., & Febriani, I. (2022). Pemertahanan Bahasa Jawa dalam Komunikasi Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Bidikmisi Universitas Trunojoyo Madura (Kajian Sosiolinguistik). GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.4857 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.4857
Djajasudarma, F. (2017). Pergeseran Peran Bahasa Indonesia. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 1(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.2 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v1i1.2
Fauziah, E., & Maulana, F. (2022). Tipe Kepribadian dan Pembelajaran Bahasa Perspektif Psikolinguistik pada Santri Pesantren Modern. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.789 DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.789
Gusnayetti, G. (2021). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Ensiklopedia Sosial Review, 3(2). https://doi.org/10.33559/esr.v3i2.803 DOI: https://doi.org/10.33559/esr.v3i2.803
Holmes, J., & Wilson, N. (2022). An Introduction to Sociolinguistics, Sixth Edition. In An Introduction to Sociolinguistics, Sixth Edition. https://doi.org/10.4324/9780367821852 DOI: https://doi.org/10.4324/9780367821852
Ibrahim, I., Ruslan, R., Asnur, M. N. A., Sabata, Y. N., & Kahar, M. S. (2019). Faktor Sosial Yang Berpengaruh Terhadap Pergeseran Bahasa Lowa. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2). https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.208-218 DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i2.9542
Jacques, L. A. (2016). An interview with Dr Barry Fishman: rethinking higher education. On the Horizon, 24(3). https://doi.org/10.1108/OTH-04-2016-0011 DOI: https://doi.org/10.1108/OTH-04-2016-0011
Lieberson, S. (2018). Bilingualism in montreal: A demographic analysis. In Advances in the Sociology of Language (Vol. 2). https://doi.org/10.1515/9783110880434-012 DOI: https://doi.org/10.1515/9783110880434-012
Mansyur, U., & Mardhiati, A. (2020). Hubungan Sikap Bahasa dan Minat Baca. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(September).
Nevalainen, T., Saïly, T., & Vartiainen, T. (2020). Comparative sociolinguistic perspectives on the rate of linguistic change. Journal of Historical Sociolinguistics, 6(2). https://doi.org/10.1515/jhsl-2020-0010 DOI: https://doi.org/10.1515/jhsl-2020-0010
Nur, T. (2021). Pemertahanan Bahasa Melayu Betawi Di Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan= Language Maintenance Of Malay-Betawi In Setu Babakan Jagakarsa, South Jakarta . Universitas Hasanuddin.
Qadrianti, L. (2019). Geographic Innovation of Bugis Language and Makassar Language (Indonesian Geographic Variation). ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 2(2). https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i2.6318 DOI: https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i2.6318
Rokhman, F. (2015). Kode Bahasa Dalam Interaksi Sosial Santre Kajian Sosiolinguistik Di Pesantren Banyumas. Litera, 3(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v3i1.6772 DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v3i1.6772
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.