Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa SMP dengan Pemanfaatan Media Visual

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5311

Authors

  • Oggi Satrio Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Lusia Oktri Wini Universitas Jambi

Keywords:

menulis, teks prosedur, penelitian tindakan kelas, media visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII dengan menggunakan media visual interaktif. Untuk mengatasi keterbatasan kreativitas dan minat siswa, peneliti menerapkan media visual berbasis slide PowerPoint yang dirancang dengan menggunakan aplikasi Canva, diproyeksikan melalui infocus untuk menciptakan pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Pada siklus pertama, persentase siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pelajaran (KKTP) adalah 46,67%, sementara pada siklus kedua meningkat menjadi 100%. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan signifikan dari 57,21 pada pratindakan menjadi 80,92 pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media visual yang menarik dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. DOI: https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Pranata, I. K. A. K. (2013). Penggunaan Teknik 3-P Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5W + 1H Siswa Kelas VIII-A SMPA Negeri 7 Singaraja. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 1(1), 1–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/282/237/0

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish

Setiyadi, B. (2014). Penelitian tindakan untuk guru dan mahasiswa. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1181

Ulfah, U. (2020) Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 38–146. DOI: https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Wahyuni, V. E. (2020). Metode Demonstrasi Problem Based Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 101–115. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30950 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30950

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Published

2025-01-30

How to Cite

Oggi Satrio, Hary Soedarto Harjono, & Lusia Oktri Wini. (2025). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa SMP dengan Pemanfaatan Media Visual. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 767–774. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5311

Issue

Section

Articles

Categories