Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA

  • Vivi Andreanty Andreanty Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Priyanto Priyanto Universitas Jambi
Keywords: Digital Storytelling, cerpen, proyek, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, fokus, serta motivasi siswa dalam pembelajaran cerpen di SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan literasi digital siswa dengan menjadikan Digital Storytelling sebagai proyek siswa. Siswa memiliki minat yang rendah terhadap materi menulis cerpen sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, hal ini menjadi permasalahan dalam mencapai tujuan pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE namun karena adanya keterbatasan waktu dan sumber daya maka hanya menerapkan tiga tahapan saja yakni Analyze, Design, dan Development. Penelitian ini melibatkan validator ahli media dan ahli materi untuk menilai validitas media sebeloum diuji coba pada siswa dalam dua tahap yakni kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa meningkat saat media Digital Storytelling digunakan dalam pembelajaran cerpen. Serta dengan adanya proyek Digital Storytelling meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam menulis cerpen dan meningkatkan literasi digital siswa terkait pengoperasian aplikasi yang digunakan dalam proses pengerjaan proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: RosdakaryaAli, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.a

Ardhana, D.C., Rasdawita., Setyonegoro, A., (2024). Pengaruh Penggunaan Media Storytelling Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Chodiyah, A.N., Pairin, U., Indarti, T., (2024) Peran Wattpad dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis pada Pembelajaran Sastra. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).

Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. eksponen, 11(1), 20-27.

Dwisahrah, N., & Djumingin, S. (2021). Hubungan antara penggunaan gawai dengan minat belajar bahasa indonesia siswa smkn 6 Pangkep. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 154-162.

Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 31-46.

Martarini, N. M. L., Sastaparamitha, N. N. A. J., & Primandana, P. A. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 671-679.

Oktavia, W., & Harjono, H. S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 32-43.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Risal, dkk. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) Konsep, Teori-Teori dan Desain Penelitian. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Rohmawati, R. N. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Sma Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Teehan. (2006). Digital Storytelling : In and Out of the Classroom. Lulu.com. https://www.lulu.com/shop/kay-teehan/digital-storytelling-in-and-out-of-the-classroom/paperback/product-525312.html?page=1&pageSize=4

Taufik, I., Rusmiyanto., Wahono., Utomo, P., Mafrukhi. (2022) Kombi Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 92-97.

Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.

Published
26-06-2024
How to Cite
Andreanty, V. A., Hary Soedarto Harjono, & Priyanto, P. (2024). Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2810-2823. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4016
Section
Articles