Pengembangan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, fokus, serta motivasi siswa dalam pembelajaran cerpen di SMA. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan literasi digital siswa dengan menjadikan Digital Storytelling sebagai proyek siswa. Siswa memiliki minat yang rendah terhadap materi menulis cerpen sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran, hal ini menjadi permasalahan dalam mencapai tujuan pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE namun karena adanya keterbatasan waktu dan sumber daya maka hanya menerapkan tiga tahapan saja yakni Analyze, Design, dan Development. Penelitian ini melibatkan validator ahli media dan ahli materi untuk menilai validitas media sebeloum diuji coba pada siswa dalam dua tahap yakni kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa meningkat saat media Digital Storytelling digunakan dalam pembelajaran cerpen. Serta dengan adanya proyek Digital Storytelling meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam menulis cerpen dan meningkatkan literasi digital siswa terkait pengoperasian aplikasi yang digunakan dalam proses pengerjaan proyek.
Downloads
References
Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: RosdakaryaAli, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.a
Ardhana, D.C., Rasdawita., Setyonegoro, A., (2024). Pengaruh Penggunaan Media Storytelling Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).
Chodiyah, A.N., Pairin, U., Indarti, T., (2024) Peran Wattpad dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis pada Pembelajaran Sastra. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).
Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran daring. eksponen, 11(1), 20-27.
Dwisahrah, N., & Djumingin, S. (2021). Hubungan antara penggunaan gawai dengan minat belajar bahasa indonesia siswa smkn 6 Pangkep. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 154-162.
Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 31-46.
Martarini, N. M. L., Sastaparamitha, N. N. A. J., & Primandana, P. A. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 671-679.
Oktavia, W., & Harjono, H. S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 32-43.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Risal, dkk. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D) Konsep, Teori-Teori dan Desain Penelitian. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Rohmawati, R. N. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Sma Pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Teehan. (2006). Digital Storytelling : In and Out of the Classroom. Lulu.com. https://www.lulu.com/shop/kay-teehan/digital-storytelling-in-and-out-of-the-classroom/paperback/product-525312.html?page=1&pageSize=4
Taufik, I., Rusmiyanto., Wahono., Utomo, P., Mafrukhi. (2022) Kombi Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Wulandari, T., & Haryadi, H. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 92-97.
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Copyright (c) 2024 Vivi Andreanty Andreanty, Hary Soedarto Harjono, Priyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.