Representasi Masalah Sosial dalam Teks Drama Wanita yang Diselamatkan Karya Arthur S. Nalan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tek drama “Wanita yang Diselamtkan”
karya Arthur S. Nalan dari sudut pandang kritis guna mengidentifikasi nilai-nilai
sosial yang dihadirkan dan menjelaskan bagaimana lakon tersebut menggambarkan
persoalan pelanggaran norma sosial. Isu pelanggaran terhadap standar dan cita-cita
masyarakat dikaji dalam penelitian ini melalui lensa sosiologi. Karena
kesesuaiannya dengan tujuan penelitian, maka dipilihlah penelitian kualitatif.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa karya dramatis Wanita yang
Diselamtkan membahas isu-isu yang berkaitan dengan pelanggaran norma sosial,
termasuk minuman keras dan prostitusi. Standar kesopanan, kepercayaan kepada
Tuhan Yang Maha Esa, dan moralitas semuanya dilanggar oleh masalah ini.
Perjuangan para pahlawan wanita dalam teks teater melawan mabuk-mabukan dan
prostitusi mengajarkan kita perlunya mengajari anak-anak kita nilai-nilai sosial
yang penting seperti kejujuran, kepatuhan, tanggung jawab, gotong royong, cinta,
dan kasih sayang.
Downloads
References
Aesy, H. R., Zaidah, N., & Werdiningsih, Y. K. (2020). Realitas Sosial yang Tercermin dalam Teks Naskah Kethoprak Lakon Suminten Edan Karya Mey Purbo Asmoro Kajian Sosiologi Sastra.
Anggraini Kartika Devi, A., Solihat, I., & Ibnu Wahid, F. (2020). Nilai Moral Dalam Naskah Drama Sayang Ada Orang Lain Karya Utuy Tatang Sontani (Kajian Sosiologi Sastra). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca
Azra, A. (2022). Korupsi Dalam Perspektif Good Governance. Dalam Jurnal Kriminologi Indonesia (Vol. 2).
Bahasa, J., Budaya, dan, Mustolih, A., & Hakim, L. (2020). Aksarabaca Rekonstruksi Sosial dalam Naskah Drama Bila Malam Bertambah Malam Karya Putu Wijaya. 2(1), 2020.
Budianta, M. (2022). Membaca Sastra: Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. IndonesiaTera.
Contessa, E., & Huriyah, S. (2020). Perencanaan Pementasan Drama. Deepublish.
Damono, S. D. (2020). Sosiologi Sastra. Gramedia Pustaka Utama.
Endraswara, S., Pendidikan, J., & Daerah, B. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner.
Faruk. (2017). Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
Fransiska Ariani, M., & Budi Qur, H. (2018). Kritik Sosial Dalam Naskah Drama Kampong Kardus Karya Gepeng Nugroho. 4(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi
Ismail, W. S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Adi Karya Mandiri.
Kartikasari, & Suprapto. (2018). Kajian Kesusastraan. Ae Media Grafik.
Mahyu, M., & Eko Rusminto, N. (2022). Disorganisasi Keluarga Dalam Novel Suara Hati Karya Mela Sukmawati: Semiotika Pierce. 9(1), 2022. https://doi.org/10.26618/jk/8026
Mey Adiyanti, R., Saadie, mur, & Dwi Agustiningsih, D. (2021). Kritik Sosial Dalam Kumpulan Puisi Negeri Terluka Karya Saut Situmorang.
Mualif, F. (2019). Representasi Dampak Kemiskinan Terhadap Kesejahteraan Dalam Naskah “Roharjo” Karya Bumi Edun. IAIN Metro.
Nisa, K., & Damayanti, S. (2022). Penggunaan Makian dalam Film “Bumi Manusia”: Kajian Sosiolinguistik. Deiksis, 14(2), 184. https://doi.org/10.30998/deiksis.v14i2.11476
Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pementasan Drama “Pelayaran Menuju Ibu” Karya Ramli Prapanca Sebagai Bahan Ajar Pengkajian Drama Mahasiswa PBSI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.730
Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153
Nurachmana, A., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Eka Asi, Y., & Palangka Raya Kalimantan Tengah, U. (2021). Konflik Sosial Dalam Novel Nyala Semesta Karya Farah Qoonita. 2(2).
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sakinah, U., Fahli Zatrahadi, M., Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, M., & Suska Riau, U. (2019). Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Fenomena Narsistik di Media Sosial Sebagai Bentuk Pengakuan Diri Keyword. 2(1), 34–43. http://ejournal.uin-suska.ac.idJournalhomepage:http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alittizaan
Setiani, F., Arifin, Z., & Yani, J. A. (t.t.). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif.
Setiawan, J., Fathurohman, I., & Hidayati, N. A. (2024). Nilai Moral Dan Konflik Sosial Dalam Naskah Drama “Kocak-Kacik” Karya Arifin C Noer: Kajian Sosiologi Sastra. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 317–331. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.643
Sosial, N.-N., Novel, D., Yang, S., Karya, M., Imam, J., Pendekatan, (, Sastra, S., Fauziah, S., & Dewi, T. U. (2021). Nilai-Nilai Sosial Dalam Dwilogi Novel Sepasang Yang Melawan Karya Jazuli Imam (Pendekatan Sosiologi Sastra) (Vol. 10, Nomor 2). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm
SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Supriyatna, E. (2022). Pengantar Sosial. PT. Kimshafi Alung Cipta.
Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Nomor 33).
Ulfah, K. A. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian. IAIN Madura Press.
Wahyuni, P. (2020). Nilai Sosial Dalam Cerpen “Titik Di Kala Senja” Dalam Antologi Cerpen Penjara. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 9, Nomor 2).
Yohanes, Y. S. (2018). Mengenal 25 Teori Sastra. Penerbit Ombak.
Copyright (c) 2024 Agus Musliandi, Hary Soedarto Harjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.