Representasi Lingkungan dalam Cerita Pendek Sumur Karya Eka Kurniawan dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMP
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4792
Keywords:
Representasi Lingkungan, Cerita Pendek Sumur, Relevansi, EkokritikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi lingkungan dalam cerita pendek "Sumur" karya Eka Kurniawan dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan data yang diambil dari kalimat-kalimat dalam cerita pendek tersebut yang mencerminkan aspek representasi lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima aspek representasi lingkungan dalam cerpen "Sumur", yaitu aspek pencemaran, hutan belantara, bencana, tempat tinggal, dan bumi. Representasi lingkungan yang ditemukan dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran pada KD 4.16, yang mencakup mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi, khususnya representasi lingkungan dalam cerita pendek.
Downloads
References
AlFaruk, A. (2022). Kerusakan Sungai Dalam Tiga Cerpen Kompas dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMP. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anggarista, R. (2020). Lokalitas Benuaq Kalimantan dalam Novel Api Awan Asap Karya Korrie Layun Rampan. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 47–56. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2508
Arisa, A., Rapi, M., & Hamsa, A. (2023). Ekokritik Novel Indonesia (Materi Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi). Tangguh Denara Jaya.
Asyifa, N., & Putri, V. S. (2018). Kajian ekologi sastra (ekokritik) dalam antologi puisi Merupa Tanah di Ujung Timur Jawa. FKIP E-Proceeding, 195–206.
Bouti, V. A. (2022). Representasi Cinta Dalam Novel Then & Now Karya Arleen Amidjaja : Kajian Psikologi Erich Fromm. Sapala, 9(2), 1–17.
Dewi, N. (2017). Ekokritik dalam Sastra Indonesia: Kajian Sastra yang Memihak. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 15(1), 19. https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15102 DOI: https://doi.org/10.14421/ajbs.2016.15102
Herdanto, M. D., & Lestari, S. (2023). Representasi Pencemaran Alam Dalam Novel Sampah Di Laut Meira Karya Mawan Belgia Kajian Ekokritik Sastra. UIN Surakarta.
Kaswadi, K. (2015). Paradigma Ekologi Dalam Kajian Sastra. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(2). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n2.p%p DOI: https://doi.org/10.26740/parama.v2i2.1507
Kurniawan, E. (2021). Cerita Pendek Sumur, Karya Eka Kuniawan. Gramedia Pustaka Utama.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Nurfajrina, A. (2023). Apa Itu Sastra? Ketahui Arti, Fungsi, Karakteristik, Jenis, dan Contohnya. Detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6855464/apa-itu-sastra-ketahui-arti-fungsi-karakteristik-jenis-dan-contohnya
Pisin, A. (2022). Krisis Ekologi, Akibat dari perlakuan Buruk Manusia terhadap Alam. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/andreasketapang6628/6241cd5e2607db471f508152/krisis-ekologis-sebagai-akibat-dari-perlakuan-buruk-manusia-terhadap-alam-suatu-tinjauan-kritis-tentang-masalah-lingkungan-hidup
Rahman, I., & Chan, D. M. (2016). Penerapan Metode Peta Pikiran Dalam Menulis Esai Mahasiswa Semester V Stkip Ydb Lubuk Alung. Ta’dib, 19(1), 97. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.454 DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.454
Risthavania, S. (2022). Sastra Kontemporer di Indonesia. Geotimes. https://geotimes.id/opini/sastra-kontemporer-di-indonesia/
Sugiarti, S., Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). D esain P enelitian K ualitatif Sastra. Februari.
Surastina, M. H. (2018). Teori Pengantar Sastra. Yogyakarta: Elmatera.
Zulfa, A. N. (2021). Teori Ekokritik Sastra: Kajian Terhadap Kemunculan Pendekatan Ekologi Sastra Yang Dipelopori Oleh Cheryll Glotfelty. Lakon: Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 10(1), 50. DOI: https://doi.org/10.20473/lakon.v10i1.29774
Zulfahnur. (2014). Lingkup Ilmu Sastra: Teori Sastra, Sejarah Sastra, dan Kritik Sastra, serta Hubungan antara Ketiganya. Universitas Terbuka, 1, 37.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.