Representasi Nilai Pendidikan dan Nilai Sosial pada Deskripsi Ukiran Rumah Adat Toraja (Kajian Semiotika Teori Charles Sanders Peirce)

  • Maydal Tanna Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Saleh Universitas Negeri Makassar
  • Idawati Idawati Universitas Negeri Makassar
Keywords: Ukiran Rumah Adat Toraja, Ikon, Indeks, Simbol, Nilai Pendidikan dan Nilai sosial

Abstract

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif yang menyajikan hasil penelitian dengan kalimat bukan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplanasi representasi nilai pendidikan dan nilai sosial dalam aspek ikon, indeks dan simbol pada deskripsi ukiran rumah adat Toraja. Sumber data paling utama pada penelitian kualitatif ini adalah uraian kata dan tindakan dengan mendeskripsikan ukiran rumah adat toraja dengan kajian semiotika teori Charles Sanders Peirce. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan Kesimpulan/verifikasi. Kebudayaan Toraja menduduki posisi strategis di dunia, karena memiliki sejumlah kearifan lokal yang menjadi nilai-nilai universal. Namun kebudayan Toraja terus diguncang oleh arus globalisasi yang menggeser sistem pengembangan maupun kepercayaan, produk budaya dan perilaku sosial. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Pada aspek ikon ditemukan ukiran rumah adat seperti pa’arre allo, pa’manuk londong. Adapun representasi nilai Pendidikan ditemukan nilai religious, nilai moral, dan etika. pada aspek nilai social ditemukan kekerabatan, solidaritas, dan kearifan lokal. (2) Pada aspek indeks ditemukan ukiran rumah adat seperti pa’tukku pare, pa’kadang pao. Adapun representasi nilai Pendidikan pada aspek indeks yaitu penghormatan kepada leluhur, kesetiaan solidaritas, keberanian dan keteguhan hati. pada nilai social ditemukan stratifikasi social, nilai kebersamaan, dan hubungan keluarga. (3) Pada aspek symbol ditemukan ukiran rumah adat seperti pa’kapu’ baka, pa’barana’. Adapun nilai Pendidikan yaitu nilai penghormatan kepada leluhur, nilai kesetiaan dan solidaritas, serta keberanian. Pada nilai moral ditemukan stratifikasi sosial, hubungan keluarga dan religi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidah, Siti Nur dan Tim Penerbit KBM Indonesia. 2020. Kitab Travelling dan Wisata Indonesia Tana Toraja. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Artika, Putu Gusti, dkk. 2023. Analisis Makna Pesan Yang Terkandung Di Dalam Relief Ukiran Bangunan Pura Umat Hindu. Jurnal Media Infotama, Vol. 19 No. 2.

Ben, Bernadus dan Mubarak Dahlan. 2023. Fungsi Sosial Rumah Adat Tongkonan di Desa Sillanan Tana Toraja: Journal Of Anthropology, Vol. 5 No. 1.

Darma, Surya dkk. 2022. Pengantar Teori Semiotika. Bandung: Media Sains Indonesia.

Fatimah. 2020. Semiotika Dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Gowa-SulSel: Tallasa Media.

SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).

Fazrul Sandi Purnomo. 2016. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin Produksi Les Copaque Tahun 2010: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. No. 2.

Jainuddin, 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Ukiran Toraja. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 9 No. 2.

Manguma, Varian V.E. 2020. Dinamika Fungsi Rumah Tongkonan di Ranteallo Kabupaten Toraja Utara. Skripsi

Published
08-09-2024
How to Cite
Tanna, M., Muhammad Saleh, & Idawati, I. (2024). Representasi Nilai Pendidikan dan Nilai Sosial pada Deskripsi Ukiran Rumah Adat Toraja (Kajian Semiotika Teori Charles Sanders Peirce). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3797-3804. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4376
Section
Articles