Analisis Bahasa Gaul dalam Komunikasi di Media Sosial Twitter
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ragam bentuk penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter, (2) mendeskripsikan fungsi dari ragam penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah ragam bahasa gaul dalam komuniasi media sosial Twitter. Sumber penelitian yakni pengguna media sosial Twitter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik baca, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis data, (1) reduksi data atau pemilihan data (2) pengelompokkan data, (3) menyajikan, dan (4) kesimpulan akhir. Hasil penelitian ditemukan beberapa bentuk dan fungsi penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter. Bentuk bahasa gaul terbagi menjadi bentuk singkatan, bentuk pemenggalan, bentuk kontraksi, dan bentuk akronomi. Sedangkan fungsi bahasa gaul terbagi menjadi fungsi informatif, fungsi direktif, fungsi ekspresif, dan fungsi fatis. Bahasa gaul dapat diartikan sebagai variasi bahasa yang bersifat sementara yang berupa singkatan menggabungkan huruf dengan angka, memperpendek, mencampur huruf kapital dan kecil membentuk sebuah kalimat. Bahasa gaul sering digunakan oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa, yang secara tidak langsung bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari.
Downloads
References
Akyuwen, I., Sasabone, C., & Tabelessy, N. (2020). Ragam Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Facebook Remaja Negeri Passo Kota Ambon. Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 93-102.
Chaer Abdul dan Agustina Leonie. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta. Rineka Cipta
Fitriana, A. (2020). Ragam Bahasa pada Iklan Kecantikan dalam Katalog Oriflame (Edisi September.
Goziyah, G., & Yusuf, M. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 120- 125).
Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodologi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Mulawarman, N. D. A., & Nasrullah, R. A. Media Sosial. Pemanfaatan Media
Sosial Facebook Sebagai Strategi Pemasaran Paket Umrah Pt Hajar, 9.
Nurhadi, Z. F. (2017). Model komunikasi sosial remaja melalui media twitter. Jurnal Aspikom, 3(3), 539-549.
Nurjihan, N. (2019). Bentuk Bahasa Gaul Pada Status Komen Di Sosial Media Twitter Periode Ii2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Setyawati, N. (2014). Pemakaian Bahasa Gaul dalam Komunikasi di Jejaring Sosial. Sasindo, 2(2 Agustus).
Swandy, E. (2017). Bahasa gaul remaja dalam media sosial Facebook. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(4).
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Copyright (c) 2024 Nurul Handayani, Muhammad Saleh , Hasriani Hasriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.