Analisis Bahasa Gaul dalam Komunikasi di Media Sosial Twitter

  • Nurul Handayani Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Saleh Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani Hasriani Universitas Negeri Makassar
Keywords: bahasa gaul, bentuk, fungsi, Twitter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan ragam bentuk penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter, (2) mendeskripsikan fungsi dari ragam penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah ragam bahasa gaul dalam komuniasi media sosial Twitter. Sumber penelitian yakni pengguna media sosial Twitter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik baca, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Teknik analisis data, (1) reduksi data atau pemilihan data (2) pengelompokkan data, (3) menyajikan, dan (4) kesimpulan akhir. Hasil penelitian ditemukan beberapa bentuk dan fungsi penggunaan bahasa gaul dalam komunikasi media sosial Twitter. Bentuk bahasa gaul terbagi menjadi bentuk singkatan, bentuk pemenggalan, bentuk kontraksi, dan bentuk akronomi. Sedangkan fungsi bahasa gaul terbagi menjadi fungsi informatif, fungsi direktif, fungsi ekspresif, dan fungsi fatis. Bahasa gaul dapat diartikan sebagai variasi bahasa yang bersifat sementara yang berupa singkatan menggabungkan huruf dengan angka, memperpendek, mencampur huruf kapital dan kecil membentuk sebuah kalimat. Bahasa gaul sering digunakan oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa, yang secara tidak langsung bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuwen, I., Sasabone, C., & Tabelessy, N. (2020). Ragam Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Facebook Remaja Negeri Passo Kota Ambon. Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 93-102.

Chaer Abdul dan Agustina Leonie. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta. Rineka Cipta

Fitriana, A. (2020). Ragam Bahasa pada Iklan Kecantikan dalam Katalog Oriflame (Edisi September.

Goziyah, G., & Yusuf, M. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 120- 125).

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodologi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Mulawarman, N. D. A., & Nasrullah, R. A. Media Sosial. Pemanfaatan Media

Sosial Facebook Sebagai Strategi Pemasaran Paket Umrah Pt Hajar, 9.

Nurhadi, Z. F. (2017). Model komunikasi sosial remaja melalui media twitter. Jurnal Aspikom, 3(3), 539-549.

Nurjihan, N. (2019). Bentuk Bahasa Gaul Pada Status Komen Di Sosial Media Twitter Periode Ii2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Setyawati, N. (2014). Pemakaian Bahasa Gaul dalam Komunikasi di Jejaring Sosial. Sasindo, 2(2 Agustus).

Swandy, E. (2017). Bahasa gaul remaja dalam media sosial Facebook. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(4).

Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.

Published
01-07-2024
How to Cite
Nurul Handayani, Muhammad Saleh, & Hasriani, H. (2024). Analisis Bahasa Gaul dalam Komunikasi di Media Sosial Twitter. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2921-2928. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4050
Section
Articles