Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Koto Gasib dalam Pembelajaran Menciptakan Puisi

  • Rahmia Saryetni Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau
Keywords: analisis, kemampuan, menciptakan, puisi

Abstract

Salah satu cara untuk mengenalkan puisi kepada siswa adalah dengan mengajari mereka menulis puisi di kelas. Siswa diharapkan mampu mengartikulasikan ide, pemikiran, dan perasaannya dalam puisi dengan indah dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VIII di SMPN 8 Koto Gasib dalam pembelajaran menciptakan puisi. Metode penelitian adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling yang berjumlah 29 orang siswa kelas VIII1 di SMPN 4 Koto Gasib. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi hasil karya siswa dan observasi. Instrument penelitian adalah rubrik keterampilan menulis puisi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif terkait unsur puisi tema, majas, diksi, dan tipografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menciptakan puisi adalah 70,6 dengan kategori baik, dengan rata-rata unsur tema 68,8% kategori cukup, unsur majas dengan kategori 69,7% dengan kategori cukup, unsur diksi dengan rata-rata 68,0% kategori cukup, dan unsur tipografi dengan rata-rata 75,9% kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi sesuai dengan standar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 72–82. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406

Alfina, P., Paida, A., & Ratnawati. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar. Jurnal Guru Indonesia, 2 (2), 81-86.

Amalia, R.F., Murniati, N.A., & Indiiati. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas IV A SD Negeri Bugangan 03. Jurnal Pendidikan Tambusan, 1(2), 2678-12688

Azzahra, A.A. (2022). Analisis Struktural Puisi Sendiri Karya Abdul Hadi W.M. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 39-47.

Beding, V.A., Seran, E.Y., & Dino. (2020). Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Himne Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Satu Atap Pinoh Selatan. Jurnal Kansasi, 5(2), 190-197.

Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776–784. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340

Fitria, I., & Kurniawan, M.I. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Menulis Puisi. Academia Open Journal, 6(2), 21-30. DOI: 10.21070/acopen.6.2022.2337 .

Hakim, F.I., Lestari, R.D., & Mustika, I. (2020). Analisis Majas Perbandingan dalam Puisi “Rock Climbing” Karya Juniarso Ridwan. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(6), 871-880.

Hidayatullah, A. (2018). Tema dan Gaya Bahasa Puisi Siswa SMP: Kajian Struktural. Journal of Language Learning and Research. 2(2), 1-11.

Laeli, A.N., Wagiran, & Suseno. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 1-7

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Lestari, A., Hartati, M., & Melia. (2023). Analisis Kemampuan Menyajikan Puisi oleh Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. duIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 60-69.

Muktadir, A., & Ariffiando,N.F. (2020). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Pengajaran dan Pembelajaran Dasar. 3(2), 197-204. doi: http://dx.doi.org/10.33369

Musdalifa, W.A. (2020). Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Lirik Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Banyuasin III. Scholastica Journal, 1 (4), 18-23.

Najich, M.R., & Suyitno. (2019). Diksi Dalam Puisi Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 3(1), 94-105.

Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pratiwi, A.K., Anitra, R., & Mertika. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Sekolah PGSD, 7 (2), 211-220.

Rahma, A., & Basyar, M.A. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SD Negeri Purwosari 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9 (3), 1408-1420.

Rahmatin, S. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMP Negeri 45 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 3-14.

Septiani, E., & Sari, N.I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga, 7(1), 97-114.

Silalahi, R.R., Hennilawati., & Angin, T.B. (2022). Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Kumpulan Puisi “Ada Berita Apa Hari Ini, Den Sastro?” Karya Sapardi Djoko Damono. Basasindo:Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1), 29-35.

Riswo. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Diksatrasia, 1 (2), 173-181.

Wirayudha, A., Hanafi, F., & Rahim, A. (2024). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 10 Poleang Selatan. Jurnal Bastra, 9 (2), 306-311. DOI: 10.36709/bastra.v9i2.393

Yasin, M., Nadiyah, F., Rifai, W. A., & Zettirah, M. (2023). Analisis Diksi Pusi Chairil Anwar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 113–125.

Published
10-07-2024
How to Cite
Saryetni, R., & Desi Sukenti. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Koto Gasib dalam Pembelajaran Menciptakan Puisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3136-3143. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4122
Section
Articles