Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Koto Gasib dalam Pembelajaran Menciptakan Puisi
Abstract
Salah satu cara untuk mengenalkan puisi kepada siswa adalah dengan mengajari mereka menulis puisi di kelas. Siswa diharapkan mampu mengartikulasikan ide, pemikiran, dan perasaannya dalam puisi dengan indah dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VIII di SMPN 8 Koto Gasib dalam pembelajaran menciptakan puisi. Metode penelitian adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling yang berjumlah 29 orang siswa kelas VIII1 di SMPN 4 Koto Gasib. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi hasil karya siswa dan observasi. Instrument penelitian adalah rubrik keterampilan menulis puisi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif terkait unsur puisi tema, majas, diksi, dan tipografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menciptakan puisi adalah 70,6 dengan kategori baik, dengan rata-rata unsur tema 68,8% kategori cukup, unsur majas dengan kategori 69,7% dengan kategori cukup, unsur diksi dengan rata-rata 68,0% kategori cukup, dan unsur tipografi dengan rata-rata 75,9% kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi sesuai dengan standar
Downloads
References
Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 72–82. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10406
Alfina, P., Paida, A., & Ratnawati. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Anak Pada Siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar. Jurnal Guru Indonesia, 2 (2), 81-86.
Amalia, R.F., Murniati, N.A., & Indiiati. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas IV A SD Negeri Bugangan 03. Jurnal Pendidikan Tambusan, 1(2), 2678-12688
Azzahra, A.A. (2022). Analisis Struktural Puisi Sendiri Karya Abdul Hadi W.M. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 39-47.
Beding, V.A., Seran, E.Y., & Dino. (2020). Kemampuan Siswa Dalam Menulis Puisi Himne Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 06 Satu Atap Pinoh Selatan. Jurnal Kansasi, 5(2), 190-197.
Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776–784. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340
Fitria, I., & Kurniawan, M.I. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Menulis Puisi. Academia Open Journal, 6(2), 21-30. DOI: 10.21070/acopen.6.2022.2337 .
Hakim, F.I., Lestari, R.D., & Mustika, I. (2020). Analisis Majas Perbandingan dalam Puisi “Rock Climbing” Karya Juniarso Ridwan. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(6), 871-880.
Hidayatullah, A. (2018). Tema dan Gaya Bahasa Puisi Siswa SMP: Kajian Struktural. Journal of Language Learning and Research. 2(2), 1-11.
Laeli, A.N., Wagiran, & Suseno. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 1-7
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Lestari, A., Hartati, M., & Melia. (2023). Analisis Kemampuan Menyajikan Puisi oleh Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. duIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 60-69.
Muktadir, A., & Ariffiando,N.F. (2020). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Pengajaran dan Pembelajaran Dasar. 3(2), 197-204. doi: http://dx.doi.org/10.33369
Musdalifa, W.A. (2020). Analisis Pembelajaran Menulis Puisi Lirik Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Banyuasin III. Scholastica Journal, 1 (4), 18-23.
Najich, M.R., & Suyitno. (2019). Diksi Dalam Puisi Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 3(1), 94-105.
Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Pratiwi, A.K., Anitra, R., & Mertika. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Sekolah PGSD, 7 (2), 211-220.
Rahma, A., & Basyar, M.A. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SD Negeri Purwosari 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9 (3), 1408-1420.
Rahmatin, S. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Siswa SMP Negeri 45 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 3-14.
Septiani, E., & Sari, N.I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Dalam Kumpulan Puisi Goresan Pena Anak Matematika. Jurnal Pujangga, 7(1), 97-114.
Silalahi, R.R., Hennilawati., & Angin, T.B. (2022). Analisis Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Kumpulan Puisi “Ada Berita Apa Hari Ini, Den Sastro?” Karya Sapardi Djoko Damono. Basasindo:Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1), 29-35.
Riswo. (2017). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Diksatrasia, 1 (2), 173-181.
Wirayudha, A., Hanafi, F., & Rahim, A. (2024). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 10 Poleang Selatan. Jurnal Bastra, 9 (2), 306-311. DOI: 10.36709/bastra.v9i2.393
Yasin, M., Nadiyah, F., Rifai, W. A., & Zettirah, M. (2023). Analisis Diksi Pusi Chairil Anwar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 113–125.
Copyright (c) 2024 Rahmia Saryetni, Desi Sukenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.