Analisis Kelayak Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X Terbitan Kemendikbud Tahun 2021
Abstract
Pendidikan di Indonesia memiliki beragam kurikulum, kurikulum digunakan sebagai acuan dalam menjalankan suatu program dan perencanaan pembelajaran, beberapa kurikulum di Indonesia telah diimplementasikan seperti halnya kurikulum merdeka yang sedang dianalisis pada bahan ajarnya, bahan ajar tersebut berupa buku teks Bahasa Indonesia kelas X tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian kelayakan isi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data diperoleh dari buku teks bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X terbitan Kemendikbud Tahun 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, menginterpretasikan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan tiga faktor, yaitu kesesuaian materi dengan CP, aktualitas materi, dan kesesuaian materi dengan IPTEK, buku bahasa Indonesia kelas X SMA Kurikulum Merdeka secara umum memenuhi syarat kesesuaian isi. Hasil analisis isi buku menunjukkan bahwa materi yang disampaikan relevan dengan CP yang ditentukan. Buku ini juga memperhatikan keaktualan, dan materi dalam buku ini didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.
Downloads
References
Adla, R, S., & Maulia, S, T. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan 1 (2), 262-270. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1518.
Agustina, N.I., Intiana, S.R., & Sudika, I. (2024). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Untuk Smp Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Tahun 2021. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2221-2228.
Aliyansyah, M., Saputra, H. H., & Nurmi. (2021). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas III SD/MI Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan. Renjana Pendidikan, 1(3), 183– 188.
Ananda, K. (2018). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1561-1568.
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Azizah, A., & Firdaus, N. (2022). Relevansi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 240-249.
Ginting, D.O., Argiandini, S.R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. KODE: Jurnal Bahasa, 12(3), 107-120. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399
Hakim, A. H., Tanjung, H. P., & Rahim, A. (2023). Analisis Isi Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas 4 Sampai 6 dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Depok. Journal on Education, 5(4), 14782-14790. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2545.
Hartono, B. (2016). Dasar-Dasar Kajian Buku Teks (Konsep Dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Penulisan Materi Ajarnya). Semarang: Unnes Press.
Hendrawanto, Y. (2017). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK: Analisis Kebahasaan, Isi, Penyajian, Kegrafikaan, dan Keterbacaan. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mualifah, F., Sffan, M, & Putri S, M. (2023). Analisis Kelayakan Isi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 13. Prosiding Seminar Nasional Daring IKIP PGRI Bojonogoro, 605-610.
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Nurhayati., Sudarman., & Astuti, R.F. (2022). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Terbitan Erlangga. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 4(1), 1-10
Prayoga, R, R., Haidar, K., & Astuti, R. (2022). Analisis Kelayakan Isi dan Penyajian Buku Matematika SMP Kelas 7 Materi Aljabar. Jurnal Methaline, 3(2), 146-153.
Purba, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Berorientasi pada Teks. Bantul-Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia
Puspita, T.A., & Rohmatin, N. (2022). Kelayakan Buku Bahasa Indonesia SMA Sederajat Kelas X Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Leksis, 2(1), 17-25.
Rihanah, A., & Irma, C.N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia dI Sma Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hasta Wiyata, 5(1), 32-33. DOI 10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03
Sakinah, N., Sulissusiawan, A., & Abdussamad. (2021). Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia SMK/MAK Terbitan Yudhistira dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 2(1), 1–8
Sari, I., Nikmah, F., Rahayu, T. I., & Utami, S. P. T. (2021). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.21968
Siringo-ringo, A., & Pangaribuan, T. R. (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Bahasa, 11(1), 21–29.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Untari, T., & Nurmiwati. (2021). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Sebuah Kajian Kualitas). Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 66–81.
Copyright (c) 2024 Dewi Hartati, Desi Sukenti, Nazirun Nazirun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.