Analisis Kelayak Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X Terbitan Kemendikbud Tahun 2021

  • Dewi Hartati Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau
  • Nazirun Nazirun Universitas Islam Riau
Keywords: Analisis, Kelayakan isi, Buku teks, Kurikulum merdeka

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki beragam kurikulum, kurikulum digunakan sebagai acuan dalam menjalankan suatu program dan perencanaan pembelajaran, beberapa kurikulum di Indonesia telah diimplementasikan seperti halnya kurikulum merdeka yang sedang dianalisis pada bahan ajarnya, bahan ajar tersebut berupa buku teks Bahasa Indonesia kelas X tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian kelayakan isi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data diperoleh dari buku teks bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X terbitan Kemendikbud Tahun 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi.  Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, menginterpretasikan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan tiga faktor, yaitu kesesuaian materi dengan CP, aktualitas materi, dan kesesuaian materi dengan IPTEK, buku bahasa Indonesia kelas X SMA Kurikulum Merdeka secara umum memenuhi syarat kesesuaian isi. Hasil analisis isi buku menunjukkan bahwa materi yang disampaikan relevan dengan CP yang ditentukan. Buku ini juga memperhatikan keaktualan, dan materi dalam buku ini didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adla, R, S., & Maulia, S, T. (2023). Transisi Kurikulum K13 Dengan Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan 1 (2), 262-270. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1518.

Agustina, N.I., Intiana, S.R., & Sudika, I. (2024). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Untuk Smp Kelas VIII Terbitan Kemendikbud Tahun 2021. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2221-2228.

Aliyansyah, M., Saputra, H. H., & Nurmi. (2021). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 Kelas III SD/MI Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan. Renjana Pendidikan, 1(3), 183– 188.

Ananda, K. (2018). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1561-1568.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Azizah, A., & Firdaus, N. (2022). Relevansi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 240-249.

Ginting, D.O., Argiandini, S.R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. KODE: Jurnal Bahasa, 12(3), 107-120. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399

Hakim, A. H., Tanjung, H. P., & Rahim, A. (2023). Analisis Isi Buku Teks Aqidah Akhlak Kelas 4 Sampai 6 dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Depok. Journal on Education, 5(4), 14782-14790. DOI https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2545.

Hartono, B. (2016). Dasar-Dasar Kajian Buku Teks (Konsep Dasar, Pemilihan, Pemanfaatan, Penilaian, dan Penulisan Materi Ajarnya). Semarang: Unnes Press.

Hendrawanto, Y. (2017). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK: Analisis Kebahasaan, Isi, Penyajian, Kegrafikaan, dan Keterbacaan. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mualifah, F., Sffan, M, & Putri S, M. (2023). Analisis Kelayakan Isi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 13. Prosiding Seminar Nasional Daring IKIP PGRI Bojonogoro, 605-610.

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Nurhayati., Sudarman., & Astuti, R.F. (2022). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Terbitan Erlangga. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi, 4(1), 1-10

Prayoga, R, R., Haidar, K., & Astuti, R. (2022). Analisis Kelayakan Isi dan Penyajian Buku Matematika SMP Kelas 7 Materi Aljabar. Jurnal Methaline, 3(2), 146-153.

Purba, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Berorientasi pada Teks. Bantul-Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia

Puspita, T.A., & Rohmatin, N. (2022). Kelayakan Buku Bahasa Indonesia SMA Sederajat Kelas X Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Leksis, 2(1), 17-25.

Rihanah, A., & Irma, C.N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia dI Sma Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hasta Wiyata, 5(1), 32-33. DOI 10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03

Sakinah, N., Sulissusiawan, A., & Abdussamad. (2021). Kesesuaian Isi Buku Teks Bahasa Indonesia SMK/MAK Terbitan Yudhistira dengan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 2(1), 1–8

Sari, I., Nikmah, F., Rahayu, T. I., & Utami, S. P. T. (2021). Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Edisi Revisi 2016 Ditinjau Dari Implikasi Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Revisi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.21968

Siringo-ringo, A., & Pangaribuan, T. R. (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Bahasa, 11(1), 21–29.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Untari, T., & Nurmiwati. (2021). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII (Sebuah Kajian Kualitas). Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 66–81.

Published
03-07-2024
How to Cite
Hartati, D., Desi Sukenti, & Nazirun, N. (2024). Analisis Kelayak Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X Terbitan Kemendikbud Tahun 2021. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2975-2984. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4054
Section
Articles