Penerapan Model Project Basic Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Menulis Teks Puisi di SMA N 2 Tapung Hilir

  • Melda Amryani Putri Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau
Keywords: Project Basic Learning, Berpikit tingkat tinggi, menulis puisi

Abstract

Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada menulis teks puisi di SMA N 2 Tapung Hilir. Teori analisis dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh (Rais, 2010) dimana Model Project Based Learning  memiliki beberapa tahapan yaitu; menentukan topic dasar materi oleh guru, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor peserta didik dalam proses pelaksanaan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi hasil kerja peserta didik. Sumber data adalah hasil tes siswa dan angket respon siswa terhadap penerapan Model Project Based Learning pada menulis teks puisi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menulis puisi setelah tindakan dilakukan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa setelah tindakan dilakukan. Peristiwa ini dibuktikan karna adanya peningkatan nilai pada kelas kontrol 60,34% dengan metode pembelajaran ceramah. Dan kelas eksperimen mendapatkan nilai  74,62% dengan menerapkan Project Basic Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapatnya Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Menulis Teks Puisi Kelas X Di SMAN 2 Tapung Hilir

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desaain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama

Arifin, E. Z. (2008). Dasar-Dasar Penulisaan Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia.

Bacanli, H., Dombayci, M.A., Demir, H., et al (2011). Quaadruple Thinking: Creative Thinking. Proceedia Social and Behavioral Sciences 12 pp.536-544.

Cahyani, Riana. (2010). Pembelajaran IPS Kreatiif. Jakarta: Balai Pustaka

Cole, Jenny & Jay, Feng. (2015). “Effective Strategiies for Improving Wriiting Skill of Elementary English Languuage Learning”. Chineese American Educcational Research and Development Associational Annual Conference. April 15-16, 2015 in Chicago, IL. Halaman : 1-25.

Chrisnaji Banindra Yudha. (2019). Penerapan Project Based Learningdalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 3 (1) (2019) 30-42

Darmadi, Kaswan. (2011). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Guru. Yogyakarta: Andi.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewanto, et al.. (2007). Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.

Dea Vista Febrianika. 2022. Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk MeningkatanKeterampilan Menulis Paragraf pada MataPelajaranBahasa Indonesia di Kelas IVASDN 187/II Kuning Gading. Vol.3, No.2, Agustus 2022, pp.119-124 JURNAL ILMIAH PROFESI GURU(JIPG) Available online: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jipg/index

Fisher. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gilis, Nosa Ilvan, I Ketut Ada Winarta (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based LearningBermuatan Reflektif Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal of Education Technology. Vol. 3 (4) pp. 286-292

Guntur, Tarigan, Henry (2015). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa

Haekal, Muhammad Husain (2020). Keefektifan Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Dengan Model Berbasis Masalah Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Terakreditasi Sinta 3 berdasarkan Keputusan Dirjend Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti No 21/E/KPT/2018 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Hanafiah & Suhana (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Imnis. (2008). Petunjuk Penulisan Karya tulis SMP. http://imnis.multiply.com/

Kartono. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.

Kemendikbut. (2017). Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Gramedia

Keraf, Gorys. (1994). Eksposisi: Komposisi Lanjutan 2. Jakarta: Grasindo.

Malladewi, M. A & Sukartiningsih, Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan. Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di Sd Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya.

Mukh., Doyin, & Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.

Nur Halimatusyadiyah Ms Lubis. 2022. Penerapan Model Project Based LearningPada Pembelajaran Mengontruksi Karya Ilmiah Di Sma. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.12, No.1, Januari 2022 e-ISSN 2549-2594

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., Ahmad, A. 2018. “Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. Volume 4, no 1

Purnawan, N. L. (2017). Self Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan. Online (Studi pada Tinder). Public Knowledge Project, 1(1), 2.

Rais, Muh. (2010). “Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills.” Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa.

Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Rosidi, Imro. (2019). Menulis Siapa Takut?. Bandung: Kanisius.

Satrijon, & Sihono, S. (2015). “Penerapan Model Project Based Learning(Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Anjung 03”. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11- 14.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2021). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung. : Sinar Baru

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Susilo, J., Waluyo, St.B., & Junaedi, I. (2012). “Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berbasis Savi untuk mengembangkan Kreativitas Peserta Didik”. Journal of Primary Education, Volume 1, No.2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Trianto, Ibnu Badar Al-Tabani. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Wendra. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wedayanthi & Artawan, IG. 2014.” Efetivitas Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Sehubungan denngan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahira Berbahasa Indonesia (UKBI) Pada Guru”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa (Volume 3 Tahun 2014). https://media.neliti.com/media/publications/206877-efektivitaspemakaian-bahasa-indonesia-d.pdf

Zulaeha, Ida. (2016). Teori. Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Prees.

Published
31-05-2023
How to Cite
, M. A. P., & Desi Sukenti. (2023). Penerapan Model Project Basic Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Menulis Teks Puisi di SMA N 2 Tapung Hilir. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 720-728. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2651
Section
Articles