Penerapan Model Project Basic Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Menulis Teks Puisi di SMA N 2 Tapung Hilir
Abstract
Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis penerapan Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada menulis teks puisi di SMA N 2 Tapung Hilir. Teori analisis dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh (Rais, 2010) dimana Model Project Based Learning memiliki beberapa tahapan yaitu; menentukan topic dasar materi oleh guru, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor peserta didik dalam proses pelaksanaan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi hasil kerja peserta didik. Sumber data adalah hasil tes siswa dan angket respon siswa terhadap penerapan Model Project Based Learning pada menulis teks puisi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menulis puisi setelah tindakan dilakukan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa setelah tindakan dilakukan. Peristiwa ini dibuktikan karna adanya peningkatan nilai pada kelas kontrol 60,34% dengan metode pembelajaran ceramah. Dan kelas eksperimen mendapatkan nilai 74,62% dengan menerapkan Project Basic Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapatnya Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Menulis Teks Puisi Kelas X Di SMAN 2 Tapung Hilir
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desaain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama
Arifin, E. Z. (2008). Dasar-Dasar Penulisaan Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia.
Bacanli, H., Dombayci, M.A., Demir, H., et al (2011). Quaadruple Thinking: Creative Thinking. Proceedia Social and Behavioral Sciences 12 pp.536-544.
Cahyani, Riana. (2010). Pembelajaran IPS Kreatiif. Jakarta: Balai Pustaka
Cole, Jenny & Jay, Feng. (2015). “Effective Strategiies for Improving Wriiting Skill of Elementary English Languuage Learning”. Chineese American Educcational Research and Development Associational Annual Conference. April 15-16, 2015 in Chicago, IL. Halaman : 1-25.
Chrisnaji Banindra Yudha. (2019). Penerapan Project Based Learningdalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 3 (1) (2019) 30-42
Darmadi, Kaswan. (2011). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Guru. Yogyakarta: Andi.
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewanto, et al.. (2007). Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.
Dea Vista Febrianika. 2022. Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk MeningkatanKeterampilan Menulis Paragraf pada MataPelajaranBahasa Indonesia di Kelas IVASDN 187/II Kuning Gading. Vol.3, No.2, Agustus 2022, pp.119-124 JURNAL ILMIAH PROFESI GURU(JIPG) Available online: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jipg/index
Fisher. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Gilis, Nosa Ilvan, I Ketut Ada Winarta (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based LearningBermuatan Reflektif Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal of Education Technology. Vol. 3 (4) pp. 286-292
Guntur, Tarigan, Henry (2015). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa
Haekal, Muhammad Husain (2020). Keefektifan Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Dengan Model Berbasis Masalah Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Terakreditasi Sinta 3 berdasarkan Keputusan Dirjend Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti No 21/E/KPT/2018 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua
Hanafiah & Suhana (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Imnis. (2008). Petunjuk Penulisan Karya tulis SMP. http://imnis.multiply.com/
Kartono. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
Kemendikbut. (2017). Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Gramedia
Keraf, Gorys. (1994). Eksposisi: Komposisi Lanjutan 2. Jakarta: Grasindo.
Malladewi, M. A & Sukartiningsih, Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan. Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di Sd Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya.
Mukh., Doyin, & Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Unnes Press.
Nur Halimatusyadiyah Ms Lubis. 2022. Penerapan Model Project Based LearningPada Pembelajaran Mengontruksi Karya Ilmiah Di Sma. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.12, No.1, Januari 2022 e-ISSN 2549-2594
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., Ahmad, A. 2018. “Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. Volume 4, no 1
Purnawan, N. L. (2017). Self Disclosure Pengguna Aplikasi Kencan. Online (Studi pada Tinder). Public Knowledge Project, 1(1), 2.
Rais, Muh. (2010). “Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills.” Makalah disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Surabaya: Unesa.
Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
Rosidi, Imro. (2019). Menulis Siapa Takut?. Bandung: Kanisius.
Satrijon, & Sihono, S. (2015). “Penerapan Model Project Based Learning(Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Anjung 03”. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 11- 14.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2021). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung. : Sinar Baru
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Susilo, J., Waluyo, St.B., & Junaedi, I. (2012). “Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berbasis Savi untuk mengembangkan Kreativitas Peserta Didik”. Journal of Primary Education, Volume 1, No.2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Trianto, Ibnu Badar Al-Tabani. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.
Wendra. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wedayanthi & Artawan, IG. 2014.” Efetivitas Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Sehubungan denngan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahira Berbahasa Indonesia (UKBI) Pada Guru”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa (Volume 3 Tahun 2014). https://media.neliti.com/media/publications/206877-efektivitaspemakaian-bahasa-indonesia-d.pdf
Zulaeha, Ida. (2016). Teori. Model, dan Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Prees.
Copyright (c) 2023 Melda Amryani Putri, Desi Sukenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.