Tindak Tutur Ilokusi dalam Wacana Pro dan Kontra Media Sosial pada Platform Instagram dan Youtube
Abstract
Pragmatik merupakan aktivitas bertutur tidak hanya terbatas pada penuturan sesuatu, tetapi juga melakukan sesuatu atas dasar tuturan itu. Austin dalam Rusminto (2009:74) mengemukakan bahwa aktivitas bertutur tidak hanya terbatas pada penuturan sesuatu, tetapi juga melakukan sesuatu atas dasar tuturan itu. Pendapat Austin ini didukung oleh Searle menyatakan bahwa unit terkecil komunikasi bukanlah kalimat, melainkan tindakan tertentu, seperti membuat pernyataan, pertanyaan, peritah, dan permintaan Media sosial merupakan media komunikasi yang efektif, tranparasi dan efisien serta memiliki peran penting sebagai agen perubahan dan pembaharuan. Penggunaan media sosial merupakan sebuah jembatan penghubung yang bisa membantu semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, sebagai proses mengalihkan pandangan masyarakat dari tradisional ke pandangan masyarakat modern. Dengan menganalisis wacana pro dan kontra media sosial pada platform Instagram dan Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis. Adapun bentuk tindak tutur ilokusi: 5 kutipan, jenis tindak tutur ilokusi; Asertif: 4 kutipan, Direktif: 1 kutipan, Komisif: 1 kutipan, Ekspresif: 3 kutipan, dan Deklaratif: 1 kutipan.
Downloads
References
Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9687
Dian Safitri, R., & Mulyani, M. (2021). Teori Tindak Tutur Dalam Studi Pragmatik. Jurnal Kabastra, 1(1), 59–67.
Ismiyatin, L., & Prayitno, J. (2022). Implikatur Komentar Netizen dalam Cover Majalah Tempo Bergambar Jokowi di Sosial Media. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 90–103.
Kadek, N., Pande, N. N., & Artana, N. (2020). Kajian Pragmatik Mengenai Tindak Tutur Bahasa Indonesia dalam Unggahan Media Sosial Instagram @halostiki. ALFABETA:JurnalBahasa,Sastra,Dan Pembelajarannya, 3, 32–38. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/alfabeta
Musfiroh, A. T., Afiyani, A., Apriliyana, A. R., & Sa’adah, L. A. (2022). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Naskah Monoplay: Balada Ledek Tayub Karya Agus R. Subagyo. Jurnal Sinesis, 1(1), 79–84. https://doi.org/10.0021xx/sinesis.vxix.xxxx
Rasyid, Y., & Murtadho, F. (2017). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School BSD). BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16, 1–14. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/
Resti Nurul Aeni. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif Dalam Peristiwa Tutur Rapat Di Man 3 Pandeglang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1, 97–114.
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Yulia, H., Dan, R., & Safii, I. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Talkshow Mata Najwa Pada Media Sosial Youtube Edisi Juli-September 2022. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6, 43–57. https://ojs.unm.ac.id/indonesia
Copyright (c) 2024 Arnovlin Evilin Pali', Syamsudduha Syamsudduha, Sultan Sultan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.