Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Menulis Puisi
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, pembelajaran menulis puisi masih cenderung meminimalkan keterlibatan peserta didik sehingga siswa tidak dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan siswa tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dalam menuliskan puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil menulis puisi siswa sebelum dan setelah penggunaan media Pop Up Book, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media Pop Up Book. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 6 Bogar Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan, dan tes kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis puisi siswa sebelum penerapan media Pop Up Book dikategorikan sangat rendah dan kemampuan hasil menulis puisi siswa setelah penerapan media Pop Up Book dikategorikan sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media Pop Up Book siswa kelas IVA SDN 6 Bogar Kota Palopo.
Downloads
References
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Johan, G. M. (2020). Media Pop Up Book untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 11 (1), 46-59.
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.
Lestari, T. A., Mudzanatun., & Aries, T. K. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 7 No 3, September 2017: 214-225.
Liando, M. R., Kuron, G. E., & Liliyani, N. A. R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Asmorobangun 4 Kediri. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7 (3).
Lubis, F. W., Sebayang, S. K. H., Marini, N., Tansliova, L. & Turmip, B. R. (2022). Pengkajian Puisi. Yayasan Kita Menulis.
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.
Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1).
Nasution, M. (2020). Menulis Puisi dengan Pendekatan Literasi Perpustakaan Sekolah. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 63-70.
Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.
Palinggi, P. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Kelas 2 pada SDN 5 Salame Kota Palopo.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2 (01), 89-96.
Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225.
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida,’ 2015, 40 (2), 110-117.
Tiro, Muhammad Arif. 2010. Dasar-dasar Statistika. Andira Publisher. Makassar.
Copyright (c) 2024 Amalia, M. Zulham, Iin Dwi Aristy Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.