Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Menulis Puisi

  • Amalia Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Iin Dwi Aristy Putri Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Media Pembelajaran, Media Pop Up Book, Menulis Puisi

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, pembelajaran menulis puisi masih cenderung meminimalkan keterlibatan peserta didik sehingga siswa tidak dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan siswa tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan dalam menuliskan puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil menulis puisi siswa sebelum dan setelah penggunaan media Pop Up Book, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media Pop Up Book. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 6 Bogar Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan, dan tes kemampuan menulis puisi siswa.  Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis puisi siswa sebelum penerapan media Pop Up Book dikategorikan sangat rendah dan kemampuan hasil menulis puisi siswa setelah penerapan media Pop Up Book dikategorikan sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penggunaan media Pop Up Book siswa kelas IVA SDN 6 Bogar Kota Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Johan, G. M. (2020). Media Pop Up Book untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 11 (1), 46-59.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Lestari, T. A., Mudzanatun., & Aries, T. K. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 7 No 3, September 2017: 214-225.

Liando, M. R., Kuron, G. E., & Liliyani, N. A. R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Asmorobangun 4 Kediri. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7 (3).

Lubis, F. W., Sebayang, S. K. H., Marini, N., Tansliova, L. & Turmip, B. R. (2022). Pengkajian Puisi. Yayasan Kita Menulis.

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2), 165-177.

Suparman, N. F. N. (2018). Glotokronologi Bahasa Rampi Dan Bahasa Wotu Glotocronology Language Rampi And Wotu Languages. Telaga Bahasa, 6(1).

Nasution, M. (2020). Menulis Puisi dengan Pendekatan Literasi Perpustakaan Sekolah. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 63-70.

Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.

Palinggi, P. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Kelas 2 pada SDN 5 Salame Kota Palopo.

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2 (01), 89-96.

Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida,’ 2015, 40 (2), 110-117.

Tiro, Muhammad Arif. 2010. Dasar-dasar Statistika. Andira Publisher. Makassar.

Published
19-06-2024
How to Cite
Amalia, M. Zulham, & Iin Dwi Aristy Putri. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2667-2676. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3961
Section
Articles