Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Book

  • Klara Taruk Kombong Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Iin Dwi Aristy Putri Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Media Big Book, Kemampuan, Membaca Nyaring

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa menggunakan media big book pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIB yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah pemberian   tindakan   selama  dua  siklus  diperoleh  nilai rata-rata  hasil  tes kemampuan membaca nyaring siswa menggunakan media big book pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIIB SDN 3 Surutanga Kota Palopo mengalami peningkatan. Siklus I menghasilkan nilai rata-rata 69 secara individu dengan persentase klasikal sebanyak 56% dan pada siklus II menghasilkan nilai rata-rata 77 secara individu dengan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 81% dan mengalami peningkatan dari siklus I. Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadian, L. H., Hadad, S. M., dan Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4 (2), 212-242.

Hamid, Mustofa A., dkk. (2020). Media pembelajaran.Yayasan kita menulis. Hasan,

Husnaini. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 150 Baibo, Kecamatan Masalle, Enrekang. Skripsi Univesitas NegeriMakassar.

Imroatun. (2017). Media Belajar Big Book bagi Pengembangan Baca Nyaring Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Baca, Tulis dan Hitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini (pp. 119-127). Skripsi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Marzoan, M. .(2019). Efektivitas Media Big Book dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas Awal di Sekolah Dasar. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (2).

Sulaiman, Umar. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book dalam Pembelajaran terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jurnalal-kalam, 9(2),193-204.

Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). Sistem Fonologi Bahasa Tae (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Tampubolon. (1987). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tandungan, Eda. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring menggunakan Media Pop Up Book pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 11 Dangerakko Kota Palopo. Skripsi Universitas Cokroamonoto Palopo.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa

Yanuarti, Eva. (2021). Halo Edukasi. Diakses pada 8 Januari 2022, dari http://haloedukasi.com/membaca-nyaring

Published
01-11-2022
How to Cite
Klara Taruk Kombong, M. Zulham, & Iin Dwi Aristy Putri. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Book . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 826-836. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2110
Section
Articles