Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Book
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa menggunakan media big book pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIB yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah pemberian tindakan selama dua siklus diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan membaca nyaring siswa menggunakan media big book pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIIB SDN 3 Surutanga Kota Palopo mengalami peningkatan. Siklus I menghasilkan nilai rata-rata 69 secara individu dengan persentase klasikal sebanyak 56% dan pada siklus II menghasilkan nilai rata-rata 77 secara individu dengan persentase ketuntasan klasikal sebanyak 81% dan mengalami peningkatan dari siklus I. Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif.
Downloads
References
Hadian, L. H., Hadad, S. M., dan Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4 (2), 212-242.
Hamid, Mustofa A., dkk. (2020). Media pembelajaran.Yayasan kita menulis. Hasan,
Husnaini. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 150 Baibo, Kecamatan Masalle, Enrekang. Skripsi Univesitas NegeriMakassar.
Imroatun. (2017). Media Belajar Big Book bagi Pengembangan Baca Nyaring Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Baca, Tulis dan Hitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini (pp. 119-127). Skripsi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Marzoan, M. .(2019). Efektivitas Media Big Book dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas Awal di Sekolah Dasar. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (2).
Sulaiman, Umar. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book dalam Pembelajaran terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jurnalal-kalam, 9(2),193-204.
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). Sistem Fonologi Bahasa Tae (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.
Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Tampubolon. (1987). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Tandungan, Eda. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring menggunakan Media Pop Up Book pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 11 Dangerakko Kota Palopo. Skripsi Universitas Cokroamonoto Palopo.
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa
Yanuarti, Eva. (2021). Halo Edukasi. Diakses pada 8 Januari 2022, dari http://haloedukasi.com/membaca-nyaring
Copyright (c) 2022 Klara Taruk Kombong, M. Zulham, Iin Dwi Aristy Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.