Pergeseran Makna pada Cerita Penamaan Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
Abstract
Asal-usul penamaan sebuah tempat tidak terlepas dari hal-hal yang melingkupinya, termasuk pada Desa Sumberpasir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pergeseran makna dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran makna pada penamaan Desa Sumberpasir. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori pergeseran makna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara berupa cerita Desa Sumberpasir yang menunjukkan pergeseran makna. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pergeseran makna berupa ameliorasi dan peyorasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran makna pada penamaan Desa Sumberpasir. Ameliorasi ditunjukkan dengan pergeseran makna pada kata pasir, sedangkan peyorasi ditunjukkan dengan pergeseran makna pada kata emas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran makna adalah akibat spesialisasi yang disebabkan oleh adanya peran kelompok sosial dan akibat kesejarahan yang disebabkan oleh kebijakan institusi
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV Syakir Media Press.
Aminuddin. (2022). Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Anisah, Z. (2022). Subordinasi Makna Antara Ameliorasi dengan Peyorasi dalam Teks Flyer. An-Nas: Jurnal Humaniora, 6(2), 43-53.
Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Danandjaja, J. (1994). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
Ketriyawati. (2019). Analisis Bentuk dan Faktor Penyebab Perubahan Makna Peyorasi dan Ameliorasi dalam Berita Kriminal. Diksi, 27(2), 150-158.
Lucas, J.M. (1985). Gold Mineral Facts and Problem. United State Dept Of the Interior: Burreau Of Mines Preprint From Buletin.
Maulida, U. (2021). Pergeseran Makna Kata pada Komunikasi Generasi Alpha sebagai Kontestasi Identitas. Jurnal Bahasa, 11(1), 38-49.
Nakip, M. (2017). Ameliorasi dan Peyorasi dalam Bahasa Madura di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6), 1-15.
Pateda, M. (1996). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahma, F. A., Nuzula, N. A., Safitri, V., & S, S. H. (2018). Pergeseran Makna: Analisis Peyorasi dan Ameliorasi dalam Konteks Kalimat. Hasta Wiyata, 1(2), 64-74.
Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosdiana. (2021). Pergeseran Kosakata Bahasa Indonesia pada Pengguna Instagram. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 157-166.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sulistyorini, D. (2017). Sastra Lisan Kajian Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani.
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Tarigan, H. G. (1985). Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.
___. Desa Sumberpasir | Website Desa Sumberpasir. Retrieved Maret 10, 2024, from http://sumberpasir-malangkab.desa.id/
___. Gold - Element Data, Physical and Chemical Properties, Uses. BYJU'S. Retrieved Mei 3, 2024, from https://byjus.com/chemistry/gold/
Copyright (c) 2024 Nurul Annisa Putri, Dwi Sulistyorini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.