Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt: Peluang dan Tantangan bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Perguruan Tinggi

  • Noor Komari Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: ChatGPT, persepsi mahasiswa, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran kuantitatif tentang persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang merupakan mata kuliah wajib di kurikulum perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dengan skala Likert mengenai persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya, prospek dan hambatan penggunaan AI dalam pembelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada hasil deskriptif kuantitatif dari persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dianggap mudah digunakan untuk mengerjakan tugas, dapat memberikan informasi tambahan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa, dapat memberikan jawaban yang tepat sehingga mahasiswa merasa puas dengan jawabannya, dan dapat meningkatkan dorongan dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen harus membatasi dan membantu mahasiswa agar alat bantu berbasis kecerdasan buatan membantu pembelajaran, bukan menghambatnya. Dosen diharapkan dapat berfungsi sebagai fasilitator dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifdarma, I. (2023). Pengaruh Teknologi Chat Gpt Terhadap Dunia Pendidikan : Potensi Dan Tantangan. Agriwidya, 4(1).

Baten, L. (2007). Review of Chapelle, Carol A. (2003) English Language Learning and Technology: Lectures on Applied Linguistics in The Age of Information and Communication Technology . ITL - International Journal of Applied Linguistics, 154. https://doi.org/10.1075/itl.154.12bat

Bin-Hady, W. R. A., Al-Kadi, A., Hazaea, A., & Ali, J. K. M. (2023). Exploring the dimensions of ChatGPT in English language learning: a global perspective. Library Hi Tech. https://doi.org/10.1108/LHT-05-2023-0200

Budiartawan. (2023). Menggali Kemampuan Luar Biasa ChatGPT: Masa Depan Interaksi Manusia dan Teknologi. https://upttik.undiksha.ac.id/menggali-kemampuan-luar-biasa-chatgpt/

Chapelle, C. A. (2008). Computer Assisted Language Learning. In B. S. dan F. M. Hult (Ed.), The Handbook of Educational Linguistics (p. 585). Blackwell Publishing.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Fauzi, F., Tuhuteru, L., Sampe, F., Ausat, A. M. A., & Hatta, H. R. (2023). Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2563

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip.

Imtinan, N. F. (2021). Gaya Kepemimpinan dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.189-197

Juliantari, N. K. (2022). Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Pada Era Society 5.0. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 151–160. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i2.501

Kung, T. H., Cheatham, M., Medenilla, A., Sillos, C., De Leon, L., Elepaño, C., Madriaga, M., Aggabao, R., Diaz-Candido, G., Maningo, J., & Tseng, V. (2023). Performance of ChatGPT on USMLE: Potential for AI-assisted medical education using large language models. PLOS Digital Health, 2(2). https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000198

Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 107–124.

Marsono, M. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Untuk Penguatan Karakter dan Kreatifitas Mahasiswa. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1).

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Mbakwe, A. B., Lourentzou, I., Celi, L. A., Mechanic, O. J., & Dagan, A. (2023). ChatGPT passing USMLE shines a spotlight on the flaws of medical education. PLOS Digital Health, 2(2). https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000205

Ratnam, M., Sharma, B., & Tomer, A. (2023). ChatGPT: Educational Artificial Intelligence. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 12(2). https://doi.org/10.30534/ijatcse/2023/091222023

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10.

Subiyantoro, S. (2023). Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI ( ChatGPT ) Pada Pendidikan : Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots ( ChatGPT ) on Education : A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. 157–168.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT RajaGrafindo Perkasa.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2). https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Zhai, X. (2023). ChatGPT User Experience: Implications for Education. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4312418

Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI Technologies for Education: Recent Research & Future Directions. Computer Dan Education: Artificial Intelligence, 2, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100025

Zulfadhli, M., Anshori, D. S., & Sunendar, D. (2023). KEBIJAKAN PEMBELAJARAN MKWK BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI: IMPLEMENTASI DAN TANTANGANNYA. Semantik, 12(1). https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p125-140

Published
22-06-2024
How to Cite
Noor Komari Pratiwi, Bambang Yulianto, Mintowati, M., Haris Supratno, Syamsul Sodiq, & Mulyono, M. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt: Peluang dan Tantangan bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Perguruan Tinggi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2727-2742. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3931
Section
Articles