Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt: Peluang dan Tantangan bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Perguruan Tinggi
Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran kuantitatif tentang persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang merupakan mata kuliah wajib di kurikulum perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dengan skala Likert mengenai persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya, prospek dan hambatan penggunaan AI dalam pembelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada hasil deskriptif kuantitatif dari persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dianggap mudah digunakan untuk mengerjakan tugas, dapat memberikan informasi tambahan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa, dapat memberikan jawaban yang tepat sehingga mahasiswa merasa puas dengan jawabannya, dan dapat meningkatkan dorongan dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen harus membatasi dan membantu mahasiswa agar alat bantu berbasis kecerdasan buatan membantu pembelajaran, bukan menghambatnya. Dosen diharapkan dapat berfungsi sebagai fasilitator dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek.
Downloads
References
Arifdarma, I. (2023). Pengaruh Teknologi Chat Gpt Terhadap Dunia Pendidikan : Potensi Dan Tantangan. Agriwidya, 4(1).
Baten, L. (2007). Review of Chapelle, Carol A. (2003) English Language Learning and Technology: Lectures on Applied Linguistics in The Age of Information and Communication Technology . ITL - International Journal of Applied Linguistics, 154. https://doi.org/10.1075/itl.154.12bat
Bin-Hady, W. R. A., Al-Kadi, A., Hazaea, A., & Ali, J. K. M. (2023). Exploring the dimensions of ChatGPT in English language learning: a global perspective. Library Hi Tech. https://doi.org/10.1108/LHT-05-2023-0200
Budiartawan. (2023). Menggali Kemampuan Luar Biasa ChatGPT: Masa Depan Interaksi Manusia dan Teknologi. https://upttik.undiksha.ac.id/menggali-kemampuan-luar-biasa-chatgpt/
Chapelle, C. A. (2008). Computer Assisted Language Learning. In B. S. dan F. M. Hult (Ed.), The Handbook of Educational Linguistics (p. 585). Blackwell Publishing.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Fauzi, F., Tuhuteru, L., Sampe, F., Ausat, A. M. A., & Hatta, H. R. (2023). Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2563
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip.
Imtinan, N. F. (2021). Gaya Kepemimpinan dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.189-197
Juliantari, N. K. (2022). Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Pada Era Society 5.0. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 151–160. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i2.501
Kung, T. H., Cheatham, M., Medenilla, A., Sillos, C., De Leon, L., Elepaño, C., Madriaga, M., Aggabao, R., Diaz-Candido, G., Maningo, J., & Tseng, V. (2023). Performance of ChatGPT on USMLE: Potential for AI-assisted medical education using large language models. PLOS Digital Health, 2(2). https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000198
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 107–124.
Marsono, M. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Untuk Penguatan Karakter dan Kreatifitas Mahasiswa. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1).
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). PENGGUNAAN CHATGPT DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090
Mbakwe, A. B., Lourentzou, I., Celi, L. A., Mechanic, O. J., & Dagan, A. (2023). ChatGPT passing USMLE shines a spotlight on the flaws of medical education. PLOS Digital Health, 2(2). https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000205
Ratnam, M., Sharma, B., & Tomer, A. (2023). ChatGPT: Educational Artificial Intelligence. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 12(2). https://doi.org/10.30534/ijatcse/2023/091222023
Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10.
Subiyantoro, S. (2023). Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI ( ChatGPT ) Pada Pendidikan : Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots ( ChatGPT ) on Education : A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. 157–168.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. PT RajaGrafindo Perkasa.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2). https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i2.255
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Zhai, X. (2023). ChatGPT User Experience: Implications for Education. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4312418
Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI Technologies for Education: Recent Research & Future Directions. Computer Dan Education: Artificial Intelligence, 2, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100025
Zulfadhli, M., Anshori, D. S., & Sunendar, D. (2023). KEBIJAKAN PEMBELAJARAN MKWK BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI: IMPLEMENTASI DAN TANTANGANNYA. Semantik, 12(1). https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p125-140
Copyright (c) 2024 Noor Komari Pratiwi, Bambang Yulianto, Mintowati Mintowati, Haris Supratno, Syamsul Sodiq, Mulyono Mulyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.