Inovasi Pembelajaran Bahasa dengan Menggunakan Metode Fonik Bagi Anak Autis

  • Isroyati Isroyati Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Kisyani Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Syamsul Sodiq Universitas Negeri Surabaya
  • Haris Supratno Universitas Negeri Surabaya
Keywords: inovasi pembelajaran  metode; fonik; membaca; anak autis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementai penggunaan metode fonik dalam pembelajaran bahasa terutama membaca bagi anak autis, Memberikan pemahaman tentang konsep metode fonik sebagai pendekatan pembelajaran bahasa yang fokus pada hubungan antara fonem dan huruf atau grafem yang mewakilinya. Inovasi dalam proses pembelajaran bahasa terutama membaca bagi anak autis memang sangat di butuhkan dalam pembelajaran di kelas.  Keterlambatan membaca pada siswa autis merupakan gejala yang tidak dapat disepelekan. Proses membaca menjadi sangat penting, ketika siswa menerima informasi penting pada saat mereka akan duduk dibangku sekolah dasar di rumah autis Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus sebanyak 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Metode fonik digunakan pada siklus 1 dan 2. Responden merupakan siswa yang berada di Rumah autis Depok di kelas SKF A (usia 7 hingga 8 tahun). Sebanyak 7 anak menjadi responden. Pemilihan anak berdasarkan kemampuan membaca yang masih dibawah rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kenaikan kemampuan membaca sebanyak 5 anak dengan perubahan Sebanyak 2 anak masih memerlukan bimbingan lebih lanjut. Terdapat kenaikan hasil membaca dari prasiklus ke siklus 2 sebanyak  6.62 poin. Siswa memelukan latihan membaca di rumah, dengan bantuan para orang tua, hal ini perlu dilakukan agar siswa mengingat kembali bunyi suara dari huruf  ⁸yang sama. Kegiatan ini banyak membantu siswa lebih mengenal bunyi huruf yang lebih luas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fortner, C. K., & Jenkins, J. M. (2018). Is delayed school entry harmful for children with disabilities?. Early Childhood Research Quarterly, 44, 170-180.

Martiastuti, N. O. (2019). Penerapan Metode Cbi Fonik Dalam Kemampuan Baca Tulis Siswa Kesulitan Belajar (Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDI Fatahillah Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo) (Doctoral) http://repository.upm.ac.id/1522/

Hanama, A., Handayani, T., Suyatno, S., & Partini, D. (2023). Upaya Mengatasi Keterlambatan Membaca Dengan Model Pembelajaran Circ Di Kelas Iib Sd Negeri Sitiharjo Garung Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2951

McNamara, J. K., Scissons, M., & Gutknecth, N. (2011). A longitudinal study of kindergarten children at risk for reading disabilities: The poor really are getting poorer. Journal of learning disabilities, 44(5), 421-430.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Toybazorova, N., & Gavrina, A. (2018). COGNITION AND SPEECH DEVELOPMENT IN A PRESCHOOL AGE. ҚАЗАҚСТАН РЕСПУБЛИКАСЫ, 97.

Quinn, J. M., Wagner, R. K., Petscher, Y., Roberts, G., Menzel, A. J., & Schatschneider, C. (2020). Differential codevelopment of vocabulary knowledge and reading comprehension for students with and without learning disabilities. Journal of educational psychology, 112(3), 608.

ffrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.

Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3(No 2 (2012)). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338

Hewi, L. A. (2015). Kemandirian usia dini di suku bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus.

Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Al-Imam ’Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73

Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 162–173. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305

(Book Antiqua 11, Reguler, spasi 1)

Sukmawati, S. (2023). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Eprints.Uny.Ac.Id, November, 8–10. https://eprints.uny.ac.id/1307/1/SANDI_SUKMAWATI.pdf

Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa.compressed.pdf (p. 239).

Yusanta, F. B., & Wati, R. (2020). Eksistensi Sastra Cyber: Webtoon Dan Wattpad Menjadi Sastra Populer Dan Lahan Publikasi Bagi Pengarang. Jurnal LITERASI, 4(April), 1–7.

Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.

Published
25-05-2024
How to Cite
Isroyati, I., Kisyani, K., Mintowati, M., Bambang Yulianto, Syamsul Sodiq, & Haris Supratno. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa dengan Menggunakan Metode Fonik Bagi Anak Autis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2356-2363. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3739
Section
Articles