Inovasi Pembelajaran Bahasa dengan Menggunakan Metode Fonik Bagi Anak Autis
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementai penggunaan metode fonik dalam pembelajaran bahasa terutama membaca bagi anak autis, Memberikan pemahaman tentang konsep metode fonik sebagai pendekatan pembelajaran bahasa yang fokus pada hubungan antara fonem dan huruf atau grafem yang mewakilinya. Inovasi dalam proses pembelajaran bahasa terutama membaca bagi anak autis memang sangat di butuhkan dalam pembelajaran di kelas. Keterlambatan membaca pada siswa autis merupakan gejala yang tidak dapat disepelekan. Proses membaca menjadi sangat penting, ketika siswa menerima informasi penting pada saat mereka akan duduk dibangku sekolah dasar di rumah autis Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus sebanyak 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Metode fonik digunakan pada siklus 1 dan 2. Responden merupakan siswa yang berada di Rumah autis Depok di kelas SKF A (usia 7 hingga 8 tahun). Sebanyak 7 anak menjadi responden. Pemilihan anak berdasarkan kemampuan membaca yang masih dibawah rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kenaikan kemampuan membaca sebanyak 5 anak dengan perubahan Sebanyak 2 anak masih memerlukan bimbingan lebih lanjut. Terdapat kenaikan hasil membaca dari prasiklus ke siklus 2 sebanyak 6.62 poin. Siswa memelukan latihan membaca di rumah, dengan bantuan para orang tua, hal ini perlu dilakukan agar siswa mengingat kembali bunyi suara dari huruf ⁸yang sama. Kegiatan ini banyak membantu siswa lebih mengenal bunyi huruf yang lebih luas.
Downloads
References
Fortner, C. K., & Jenkins, J. M. (2018). Is delayed school entry harmful for children with disabilities?. Early Childhood Research Quarterly, 44, 170-180.
Martiastuti, N. O. (2019). Penerapan Metode Cbi Fonik Dalam Kemampuan Baca Tulis Siswa Kesulitan Belajar (Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDI Fatahillah Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo) (Doctoral) http://repository.upm.ac.id/1522/
Hanama, A., Handayani, T., Suyatno, S., & Partini, D. (2023). Upaya Mengatasi Keterlambatan Membaca Dengan Model Pembelajaran Circ Di Kelas Iib Sd Negeri Sitiharjo Garung Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2951
McNamara, J. K., Scissons, M., & Gutknecth, N. (2011). A longitudinal study of kindergarten children at risk for reading disabilities: The poor really are getting poorer. Journal of learning disabilities, 44(5), 421-430.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Toybazorova, N., & Gavrina, A. (2018). COGNITION AND SPEECH DEVELOPMENT IN A PRESCHOOL AGE. ҚАЗАҚСТАН РЕСПУБЛИКАСЫ, 97.
Quinn, J. M., Wagner, R. K., Petscher, Y., Roberts, G., Menzel, A. J., & Schatschneider, C. (2020). Differential codevelopment of vocabulary knowledge and reading comprehension for students with and without learning disabilities. Journal of educational psychology, 112(3), 608.
ffrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24
Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x
Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.
Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3(No 2 (2012)). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338
Hewi, L. A. (2015). Kemandirian usia dini di suku bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2021). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus.
Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Al-Imam ’Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73
Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 162–173. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305
(Book Antiqua 11, Reguler, spasi 1)
Sukmawati, S. (2023). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Eprints.Uny.Ac.Id, November, 8–10. https://eprints.uny.ac.id/1307/1/SANDI_SUKMAWATI.pdf
Suryaman, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa.compressed.pdf (p. 239).
Yusanta, F. B., & Wati, R. (2020). Eksistensi Sastra Cyber: Webtoon Dan Wattpad Menjadi Sastra Populer Dan Lahan Publikasi Bagi Pengarang. Jurnal LITERASI, 4(April), 1–7.
Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.
Copyright (c) 2024 Isroyati Isroyati, Kisyani Kisyani, Mintowati Mintowati, Bambang Yulianto, Syamsul Sodiq, Haris Supratno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.