Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre: Studi Evaluasi Respons Siswa di SMPN 9 Semarang

  • Sukarismanti Sukarismanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Suharyo Suharyo Univeritas Diponegoro
  • Klemens Maksianus Lenga Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
Keywords: Evaluasi pembelajaran, evaluasi formatif, pembelajaran berbasis genre

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah telah mengalami perubahan menuju pendekatan berbasis genre, yang menekankan pemahaman dan penguasaan berbagai jenis teks sebagai sarana untuk mencapai kompetensi komunikatif. Penelitian ini mengevaluasi respons siswa terhadap penerapan pendekatan genre dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 38 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasakan manfaat positif dari pendekatan ini, merasa efektif dalam memahami materi dan meningkatkan kemampuan mereka. Selain itu, pendekatan genre juga memengaruhi motivasi belajar siswa, dengan sebagian besar merasa termotivasi untuk belajar Bahasa Indonesia. Selain keterlibatan siswa, pemahaman materi juga terbukti meningkat, sebagaimana tercermin dari analisis data. Meskipun pendekatan genre memberikan dampak positif, masih ada tantangan yang dihadapi siswa, dengan beberapa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan sumber daya tambahan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran membantu mengatasi hambatan tersebut. Sebagai Kesimpulan, pendekatan berbasis genre di SMPN 9 Semarang memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, melalui peningkatan keterlibatan, motivasi, pemahaman materi, serta partisipasi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguilar, S. J. (2020). Measuring the Impact of Formative Assessment: The Role of Teachers’ Practices and Student Self-Regulation. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 27(1), 5–25.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Devitt, A. J. (2015). Transporting Genre Ashore: Genre Sets as Resources for Teaching. Language Learning & Technology, 19(02), 106–123.

Dixson, D. D., & Worrell, F. C. (2016). Formative and Summative Assessment in the Classroom. Theory Into Practice, 55(2).

Emilia, E. (2011). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Rizqi Press.

Emilia, Emi. (2020). Pendekatan Berbasis Genre untuk Pengajaran Menulis dalam Konteks EFL Tersier di Indonesia. The Asian EFL Journal, 27(2.3), 5–33.

Fatjriya, M. H., Tahrun, & Sari, A. P. (2021). The Effects of a Genre-Based Approach and Learning Encouragement on the Writing Achievement of Eighth-Grade Students at SMP Negeri 3 Air Kumbang. Proceedings of the International Conference on Education Universitas PGRI Palembang (INCoEPP 2021), 565(INCoEPP), 1305–1310. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210716.261

Haerazi, -. (2017). Genre-Based Language Learning Model in Teaching Writing Skills for English Department Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 109(Aecon), 108–111. https://doi.org/10.2991/aecon-17.2017.22

Hassan, N. magdy H. (2020). Using the Genre-Based Approach for Developing EFL Writing Skills among Student Teachers at Faculty of Education Students By. Journal of Faculty of Education, 5(123).

Huang, Y., & Zhang, L. J. (2022). Facilitating L2 writers’ metacognitive strategy use in argumentative writing using a process-genre approach. Frontiers in Psychology, 13(November), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1036831

Hyland, K. (2004). Genre and Second Language Writing. University of Michigan Press.

Ismail, G., & Helaluddin, H. (2022). The effect of genre approach to improve university students’ critical thinking skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5829–5840. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2209

Junaedi, T. (2018). Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. PT Remaja Rosdakarya.

Kamengko, D. F., Ludji, I., & Neolaka, I. A. (2021). Enhancing science students’ participation in writing argumentative essays in Biology class through a genre-based approach (an action research). Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 4(1), 26–30. https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i1.200

Kemendikbud. (2016). Buku Guru dan Siswa Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2022). Merdeka Belajar: Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.

Kustantini, Nurul Huda, and N. R. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre Sebagai Upaya Pembentukan Kompetensi Komunikatif Mahasiswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 10(1).

Montero-Arévalo, S. J. (2019). Effects of genre based approach (gba) in efl reading comprehension and writing. GIST – Education and Learning Research Journal, 19, 84–100. https://doi.org/https://doi.org/10.26817/16925777.762

Nasution, S. S., Jamalulael, A., Kusumoriny, L. A., Sukmawati, N. N., & Sitepu, S. S. W. (2022). Genre-Based Instruction: Improving the Students’ Skill in Writing Descriptive Text. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(2), 1724–1734. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.2986

Nurhayati, N. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sasindo, 7(1).

Rahmawati, I. L., Hartono, H., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan asesmen formatif untuk meningkatkan kemampuan self-regulation siswa pada tema suhu dan perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2), 843–850.

Rose, D., & Martin, J. R. (2012). Learning to Write, Reading to Learn: Genre, Knowledge and Pedagogy in the Sydney School. Equinox.

Scriven, M. (2016). Summative and Formative Evaluation. In Giguère, L. (Ed.), Evaluation Roots: A Wider Perspective of Theorists’ Views and Influences. SAGE Publications.

Sudarman, R., Yarmi, G., & Ansoriyah, S. (2023). Menulis Teks Deskripsi Bertemakan Lingkungan Sosial. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 19(1), 81–101. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6298

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, M. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Berbasis Genre. Pustaka Pelajar.

Truong, T. N. T. (2017). Teaching writing using genre-based approach: a study at a vietnamese university. Language Education in Asia, 8(2), 192–212. https://doi.org/https://doi.org/10.5746/leia/17/v8/i2/a05/truong

Yu, S. J. L., & Zhou, N. (2023). The impact of L2 writing instructional approaches on student writing motivation and engagement. Language Teaching Research, 27(4), 958–973. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1362168820957024

Yulianti, E. (2017). Genre Based Approach in Teaching Writing Analytical Exposition Text. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201706

Published
04-06-2024
How to Cite
Sukarismanti, S., Suharyo, S., Klemens Maksianus Lenga, & Wagiran, W. (2024). Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre: Studi Evaluasi Respons Siswa di SMPN 9 Semarang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2460-2471. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3817
Section
Articles