Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik

  • Maulida Laily Kusuma Wati Universitas Negeri Semarang
  • Subyantoro Subyantoro Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi peran guru dalam manajemen peserta didik untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.  Studi literatur kualitatif dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik tertentu melalui analisis dan sintesis informasi dari berbagai sumber. Proses pengumpulan data melibatkan membaca, menganalisis, dan menyintesis informasi yang ditemukan dalam literatur. Menjelaskan dan menggambarkan informasi yang ditemukan dalam literatur tanpa melakukan analisis statistik formal atau pengukuran numerik. Hasil dari penelitian ini yaitu setiap peran yang dimainkan oleh guru dalam manajemen peserta didik memiliki kontribusi yang penting terhadap pengembangan dan pembentukan karakter siswa. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai peran-peran tersebut: (1) Guru sebagai Pendidik, (2) Guru sebagai Sumber Belajar (3) Guru sebagai Fasilitator dan Pemandu Wisata (4) Guru sebagai Konselor (5) Guru sebagai Innovator dan Motivator (6) Guru sebagai Pelatih (7) Guru sebagai Evaluator. Manajemen peserta didik untuk meningkatkan kualitas peserta didik dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Tempat Pengembangan Kemampuan Individu, (2) Membenahi Diri dan Mendidik Sesuai Aturan, (3) Tempat Pengembangan Sikap, (4) Ucapan, dan Tingkah Laku, (5) Pengelolaan Kegiatan Akademik dan (6) Non-Akademik Pengembangan Individu Pentingnya Aturan dan Hukum.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saefuddin Teguh, Wulan, dkk. 2023 Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif dan Kualitatif pada Metode Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2 3 4. 2023).
Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan guru dalam manajemen peserta didik. 1(14), 234–239.
Mutiaramses, Neviyarni, Murni Irda. 2021. Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, S. S. (2021). 1 , 2 , 3. 06, 43–48.
Jahari, Jaja dkk. 2018. Manajemen Peserta Didik. p-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088. 3(2), 170–180.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. 1–6.
Muntatsiroh, Addurotul. Asmendari. 2023. Pentingnya Manajmene Peseta Didik untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 3083–3097.
Prihartini, Y., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. 19(02), 79–88.
Kirom, Askhabul. 2018. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Studi, P., Agama, P., Universitas, I., & Pasuruan, Y. Kata Kunci: 3, 69–80.
Published
22-02-2024
How to Cite
Maulida Laily Kusuma Wati, Subyantoro, S., & Wagiran, W. (2024). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1073-1090. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3436
Section
Articles