Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: 1) mengkaji keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dirancang secara pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi dan yang keluar jadi sampel yaitu X TKJ 1 dengan jumlah 30 orang, dan X TKJ 2 dengan jumlah 30 orang. Sehingga, jumlah seluruh sampel yang terpilih adalah 60 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk lembar penugasan tes tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan, dan postest setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial analisis statistik inferensial dengn bantuan sistem perangkat lunak SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 58.93, dan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 59,27. 2) Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 85.30, dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 86,66. 3) Berdasarkan dari analisis data pada uji paired sample test manunjukkan pada model pembelajaran berbasis kegiatan memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005 Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, H0 ditolak dan H1 diterima. Dan Pada Model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari 2 model pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah dalam keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara.
Downloads
References
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga
Agnesia, R. (2014). Pembelajaran Memproduksi Teks Negosiasi dengan Menggunakan Model Modelling The Way pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ciwidey Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP Universitas Pasundan Bandung.
Widiasworo, Erwin. 2016. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.
Ambarsari, M., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Cibeber. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal), 4(1), 24-31.
Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya
Aulia, Fadillah Tri. 2021. “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
E. Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Gaupati, P. A., Nufus, H., & Agustina, J. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1374-1378.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka
Harsiati, Titik, dkk. 2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Haryadi, dan Zamzami,1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Maula, A., Kumalasari, M. P., & Wasitah, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Vi-B Sdn Sawojajar I Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4086-4097.
Maulana, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Kelas XI Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 111-120.
Mulyasa, 2014, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Pujaning. (2015). Keterampilan Berbicara Dalam Negosiasi. Journal Applied Buisiness and Economics 1(3):200–212.
Suparman, S., & Nurahmad, M. (2022). Inovasi Leksikal Apokope Sinkope Bahasa Tae dan Bahasa Wotu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 433-437.
Robbins, S. P. (2003) Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kedelapan. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Jakarta: Pt. Prenlindo
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Project Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.
Saefuddin dan Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sasmiza, E., Wardiah, D., & Puspita, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa. Journal on Teacher Education, 4(4), 91-96.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung.
Sunismi, dkk. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek. Malang: CV Literasi Nusantara Pribadi.
Suriamiharja, Agus, dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta:Depdikbud.
Syarif, Elina, Zulkarnaini dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunismi, dkk, Pembelajaran Berbasis Proyek, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022. https://books.google.co.id/books?id=4qFgEAAAQBAJ&pg=PA136&dq=kekurangan+pembelajaran+berbasis+proyek&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwir4JW9zrv7AhU5m9gFHb7HAu0Q6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=kekurangan%20pembelajaran%20berbasis%20proyek&f=false
Tabunan, D.P. 2016. Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar, 08(04), 79-78.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Thomas, J.W. 2000. A Review Of Research On Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation. (online), (http://www.bie.org/index.php/ site/RE/pbl_research/29, diakses pada tanggal 26 November 2013).
Walija. 1996. Bahasa Indonesia dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiya Jakarta Press.
Widiasworo, Erwin. 2016. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Yulianto, Aris, A. Fatchan, Komang Astina, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2 (3) :449.
Yunus & Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Rosdakarya.
Yustinah. 2014. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Erlangga
Copyright (c) 2024 Oktabelti Limba', Akmal Hamsah, Mayong Maman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.