Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara

  • Oktabelti Limba' Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsah Universitas Negeri Makassar
  • Mayong Maman Universitas Negeri Makassar
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan, Model Pembelajaran berbasis  Masalah, Teks Negosiasi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk:  1) mengkaji keterampilan menulis teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dirancang secara pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi dan yang keluar jadi sampel yaitu X TKJ 1 dengan jumlah 30 orang, dan X TKJ 2 dengan jumlah 30 orang. Sehingga, jumlah seluruh sampel yang terpilih adalah 60 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk lembar penugasan tes tertulis. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan, dan postest setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial analisis statistik inferensial dengn bantuan sistem perangkat lunak SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 58.93, dan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 59,27. 2) Nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis kegiatan terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 85.30, dan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan Menulis Teks Negosiasi adalah 86,66. 3) Berdasarkan dari analisis data pada uji paired sample test manunjukkan pada model pembelajaran berbasis kegiatan memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005 Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, H0 ditolak dan H1 diterima. Dan Pada Model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.005, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari 2 model pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis kegiatan dan model pembelajaran berbasis masalah dalam keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga

Agnesia, R. (2014). Pembelajaran Memproduksi Teks Negosiasi dengan Menggunakan Model Modelling The Way pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ciwidey Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP Universitas Pasundan Bandung.

Widiasworo, Erwin. 2016. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.

Ambarsari, M., Solihatulmilah, E., & Mualimah, E. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Cibeber. DESANTA (Indonesian of Interdisciplinary Journal), 4(1), 24-31.

Antar Semi. 1990. Menulis efektif. Padang; CV Ankasa Raya

Aulia, Fadillah Tri. 2021. “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

E. Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Gaupati, P. A., Nufus, H., & Agustina, J. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1374-1378.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka

Harsiati, Titik, dkk. 2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryadi, dan Zamzami,1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Maula, A., Kumalasari, M. P., & Wasitah, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Vi-B Sdn Sawojajar I Kota Malang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4086-4097.

Maulana, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Kelas XI Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 111-120.

Mulyasa, 2014, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Pujaning. (2015). Keterampilan Berbicara Dalam Negosiasi. Journal Applied Buisiness and Economics 1(3):200–212.

Suparman, S., & Nurahmad, M. (2022). Inovasi Leksikal Apokope Sinkope Bahasa Tae dan Bahasa Wotu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 433-437.

Robbins, S. P. (2003) Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi. Edisi Kedelapan. Trans. Pujaatmaka, H & Molan, B. Jakarta: Pt. Prenlindo

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Project Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saefuddin dan Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sasmiza, E., Wardiah, D., & Puspita, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa. Journal on Teacher Education, 4(4), 91-96.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Bandung.

Sunismi, dkk. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek. Malang: CV Literasi Nusantara Pribadi.

Suriamiharja, Agus, dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta:Depdikbud.

Syarif, Elina, Zulkarnaini dan Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sunismi, dkk, Pembelajaran Berbasis Proyek, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022. https://books.google.co.id/books?id=4qFgEAAAQBAJ&pg=PA136&dq=kekurangan+pembelajaran+berbasis+proyek&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwir4JW9zrv7AhU5m9gFHb7HAu0Q6AF6BAgHEAM#v=onepage&q=kekurangan%20pembelajaran%20berbasis%20proyek&f=false

Tabunan, D.P. 2016. Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar, 08(04), 79-78.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Thomas, J.W. 2000. A Review Of Research On Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation. (online), (http://www.bie.org/index.php/ site/RE/pbl_research/29, diakses pada tanggal 26 November 2013).

Walija. 1996. Bahasa Indonesia dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiya Jakarta Press.

Widiasworo, Erwin. 2016. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Yulianto, Aris, A. Fatchan, Komang Astina, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2 (3) :449.

Yunus & Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Rosdakarya.

Yustinah. 2014. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Erlangga

Published
25-04-2024
How to Cite
Oktabelti Limba’, Akmal Hamsah, & Mayong Maman. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X UPT SMK Negeri 3 Toraja Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1816-1828. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3613
Section
Articles