Makna Denotasi dan Konotasi Meme dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3479

Authors

  • Cut Dian Rahmawati Universitas Islam Malang
  • Hasan Busri Universitas Islam Malang
  • Moh. Badrih Universitas Islam Malang

Keywords:

denotasi, konotasi, meme, Twitter

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pentingnya semiotika dalam memahami makna denotasi dan konotasi dari meme yang ada di media sosial Twitter. Twitter sebagai platform media sosial telah memungkinkan berkomunikasi secara instan dengan jangkauan global, termasuk menyebarkan meme. Meme di Twitter mencerminkan aspek budaya dan sosial, termasuk humor dan satir, dan memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat di internet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Data diambil dari meme yang tersebar di media sosial Twitter, dan kemudian dianalisis untuk memahami makna denotasi dan konotasi yang terkandung di dalamnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa denotasi pada meme mencakup makna harfiah atau yang terlihat secara fisik, sedangkan konotasi adalah tingkatan kedua dalam proses signifikasi, yang melibatkan asosiasi, perasaan, nilai-nilai budaya, dan ideologi. Meme di Twitter bisa mengandung makna yang kompleks dan beragam bagi setiap individu karena dipengaruhi oleh pengalaman, budaya, dan latar belakang masing-masing pengguna. Beberapa contoh meme yang dianalisis mencakup tema tentang menyembunyikan perasaan, kesadaran untuk refleksi diri, tekanan sosial, perbedaan antara kehidupan di media sosial dan dunia nyata, serta kekuatan menghadapi tantangan. Penelitian semacam ini penting untuk memahami bagaimana meme dapat mempengaruhi komunikasi dan interaksi di media sosial, serta bagaimana interpretasi makna dari meme dapat beragam bagi setiap individu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, S. S., & Mahadian, A. B. (2021). Analisis Meme Politik Among Us #DPRIMPOSTOR (Analisis Semiotika Meme Among Us #DPRIMPOSTOR Dalam Perbincangan Isu Politik Di Twitter).

Ans, A. H. L., Devi, E. K., Masdita, F. I., & Ardiansyah, M. A. (2020). Disfemisme Pada Unggahan Akun Twitter AREAJULID. CaLLs, 6(2), 254–266. DOI: https://doi.org/10.30872/calls.v6i2.2842

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, S. Q., & Sari, E. K. (2019). Tari Remo (Ngremong) Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). Geter: Jurnal Seni Drama, Tari, Dan Musik, 2(1), 55–69. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index DOI: https://doi.org/10.26740/geter.v2n1.p55-69

Cindy, N. (2016). Representasi Meme Jomblo Dalam Situs Jejaring Sosial Twitter (Analis Semiotika Roland Barthes) (Vol. 3, Issue 2). http://id.techinasia.com/dalam-5-tahun-

Dilivia, A. Z., Febriyanto, L., & Ginanjar, B. (2023). Pergeseran Makna Kosakata Flora Dalam Metafora Di Media Sosial Twitter: Kajian Semantik. Linguistik Indonesia, 41(1), 75–88. DOI: https://doi.org/10.26499/li.v41i1.418

Juditha, C. (2015). Fenomena Trending Topic Di Twitter Analisis Wacana Twit #SaveHajiLulung (Vol. 16, Issue Desember). DOI: https://doi.org/10.31346/jpkp.v16i2.1353

Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.445

Maria, C. S. S. (2020). Pesan Dakwah Akun Twitter NU Garis Lucu (Analisis Semiotik Roland Barthes).

Ningtyas, A. C., Difanti, N., & Ginanjar, B. (2022). Pergeseran Makna Pada Istilah Penunjuk Fauna Di Media Sosial Twitter Kajian Semantik (Vol. 12, Issue 1). DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4801

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto. (2021). Budaya Komunikasi Virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan Makna Kata Estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560 DOI: https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara. DEIKSIS, 10(03), 212–223. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809

Sarathan, I., Ridwansyah, R., & Pradana, A. (2020). Respon Warganet Dan Analisis Semantik Berita Corona Di CNN Indonesia Pada Media Sosial Twitter Januari-Maret 2020. In METAHUMANIORA (Vol. 10). http://ucrel.lancs.ac.ik/usas/ DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v10i2.28505

Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi Model Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Tamara, J. (2020). Kajian Semiotika Roland Barthes pada Poster Unicef. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 726–733. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.403 DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.403

Umami, A. C. (2023). Implementasi Makna Intensi Dalam Cuitan Akun Twitter Pejabat Negara (Kajian Semantik).

Wati, T., Ikmaliani, D. S., & Mustolehudin. (2022). Representasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 73–102. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172 DOI: https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172

Published

2024-03-15

How to Cite

Rahmawati, C. D., Hasan Busri, & Moh. Badrih. (2024). Makna Denotasi dan Konotasi Meme dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1244–1256. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3479

Issue

Section

Articles

Categories