Kata “anjing” dalam Konten Youtube Asfmine: Kajian Prosodi dengan Pendekatan Fonetik Eksperimental Menggunakan Praat

  • Igajadwar Batalemba UNISMA
  • Moh Badrih Universitas Islam Malang
  • Hasan Busri Universitas Islam Malang
Keywords: Kata Kunci: Prosodi Kata Anjing, Pendekatan Fonetik Eksperimental, Konten Youtube

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk prosodi kata “anjing” yang dituturkan oleh Ujang Asep dalam berbagai konteks pada video Youtube Asfmine yang berjudul Challenge Pacaran Seharian Sama Anggik, Malah Jadi Babu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan fonetik ekperimental menggunakan aplikasi Praat untuk mengukur pitch, intensity, dan durasi penuturan kata “anjing”. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap pengumpulan data, pengidentifikasian, pengklasifikasian, pengolahan, serta pendeskripsian data. Hasilnya menunjukkan dalam konteks lucu, kata "Anjing" diucapkan dengan pitch yang tinggi, intensity suara tinggi, dan durasi pengucapan yang panjang. Dalam situasi kesal, pitch kata "Anjing" rendah, intensity rendah, durasi sedang. Pada konteks takjub, pitch rendah, intensity rendah, dan durasi pendek. Dalam situasi terkejut, pitch tinggi, intensity tinggi, durasi pendek. Konteks malu, pitch rendah dengan intensity tinggi dan durasi panjang. Kagum, pitch lebih tinggi, intensity rendah, dengan durasi Panjang. Situasi kecewa, pitch rendah, intensity rendah, dan durasi sedang. Dalam konteks mengejek, pitch rendah, intensity suara tinggi, durasi pendek. Kesimpulannya, kata “anjing” yang dituturkan oleh ujang asep memiliki variasi prosodi (pitch, intensity, dan durasi) yang berbeda sehingga memunculkan makna atau maksud yang berbeda-beda pula sesuai dengan konteks kata tersebut diucapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Ayu Dian Andriyani, A., Studi Sastra Jepang, P., Bahasa Asing, F., Mahasaraswati Denpasar, U., Kamboja No, J., Puri Kangin, D., Denpasar Utara, K., Denpasar, K., & Artikel, S. (2022). Kesantunan dalam bergosip pedagang di pasar tradisional (Politeness in gossiping: A case of traders in traditional markets). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.20340

Aini, Y. K., Santoso, T. B., & Dutono, D. T. (2021). Pemodelan CNN Untuk Deteksi Emosi Berbasis Speech Bahasa Indonesia. Jurnal Komputer Terapan, 7(1), 143–152. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

Armis, M. K., Harahap, A. I., & Syarfina, T. (2023). Analisis Prosodi Kajian Fonetik Akustik Pada Bahasa Batak Angkola. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1), 158–165. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6878

Badrih Moh. (2021). Ekspresi Tutur Konstatif ‘Silang Ide’ Dalam Dialog Mata Najwa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(2), 398–410. https://doi.org/doi: https://doi.org/10.26499/rnh/v10i2.4188

Bansal, S., Agrawal, S. S., & Kumar, A. (2019). Acoustic analysis and perception of emotions in hindi speech using words and sentences. International Journal of Information Technology (Singapore), 11(4), 807–812. https://doi.org/10.1007/s41870-017-0081-0

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Busri, H., & Badrih, M. (2022). Representation of linguistic characteristics in mass media. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i1.19324

Chen, Y. (2022). Mind the subtle f0 modifications: The interaction of tone and intonation in Sinitic varieties. Stellenbosch Papers in Linguistics Plus, 62(2), 113–136. https://doi.org/10.5842/62-2-904

Elhakeem, E. S., Elmaghraby, R. M., & Ibrahim, S. M. (2023). Objective measurement of prosodic features of speech of hearing-impaired Egyptian children with cochlear implants. Egyptian Journal of Otolaryngology, 39(1). https://doi.org/10.1186/s43163-023-00400-8

Eliastuti, M., Rachmawati, E., Triani, R., Sukmawati, I., Meilani, A. J., Dos, M., & De Aroju, S. (2023). Analisis Penggunaan Umpatan Pada Konten YouTube Milyhya Berjudul voice to all 2.0, Test Panci 2.0, Epic Chicken Dinner. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 324–334. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.651

Fredy, M. (2021). Analisis Kontrastif Ungkapan Makian dalam Bahasa Jepang dan Jawa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Harhare, T., & Shah, M. (2021). Linear Mixed Effect Modelling for Analyzing Prosodic Parameters for Marathi Language Emotions. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(12). https://www.proquest.com/openview/a1cc4128fdb0ab57ada477da3ec9288c/1?pq-origsite=gscholar&cbl=5444811

Heuven, V. J. J. P. van (Vincent J. J. P., Zanten-Wervelman, E. A. van, & Landelijke Onderzoekschool Taalwetenschap (LOT) (Utrecht). (2007). Prosody in Indonesian languages. Landelijke Onderzoekschool Taalwetenschap (LOT).

Hidayat, T., & Agustini, R. (2019). Rancangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun dalam Pembelajaran Berbicara. 9(2), 61–66. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/1778/882

Indrayanti, T. (2015). Potret Penggunaan Bahasa Remaja dalam Persfektif Kalangan Mahasiswa. Seminar Nasional Prasasti II “Kajian Pragmatik Dalam Berbagai Bidang,” 126–131.

Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2021). Ekspresi remaja milenial melalui penggunaan bahasa gaul di media sosial (Millennial youth expression through the use of slang on social media). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 476–489. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.18301

Kartina, I. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Konten Vlog Youtube Sherly Annavita Rahmi (Deskripsi terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Sosial). J u r n a l D i k s a t r a s i a, 5(1), 188–193.

Kurniadi, F. (2018). Fenomena Penggantian Fonem pada Kata Celaan di Kalangan Remaja. DESKRIPSI BAHASA, 1(1), 40–43.

Latifah, U., Busri, H., & Badrih, M. (2023). Retorika estetik bahasa iklan online Ramadan 2022: Kajian Fungsional Aliran Praha (The aesthetic rhetoric of the language of online advertising in Ramadan 2022: A Functional Study of the Prague School). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 285–299. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22546

Liu, L., Götz, A., Lorette, P., & Tyler, M. D. (2022). How Tone, Intonation and Emotion Shape the Development of Infants’ Fundamental Frequency Perception. In Frontiers in Psychology (Vol. 13). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.906848

Maghfira, A. B., Puspitaningrum, A., Syaifudin, A. N., & Widiatmoko, S. (2020). Penggunaan Makian Pada Kolom Komentar Akun Tiktok Denise Chariesta. Arkhais, 11(2), 124–132.

Matveeva, T. (2017). Measuring the energy of a text. Quaestio Rossica, 5(3), 838–850. https://doi.org/10.15826/qr.2017.3.253

Maulana, J. (2021). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Islam Kalimantan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4.

Muhammad, A. K. S. A. A. (2021). Konstruksi Makna Kata Makian dalam Perilaku Komunikasi Komunitas Pencinta Alam Talegong (Studi Etnografi Komunikasi pada Komunitas Pecinta alam Talegong). Urnal Ilmu Komunikasi, 10(02), 106–118.

Mustafa, I., Purwasandy, T. K., & Syafe’i, I. (2020). Kata Kerja Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Studi Linguistik Kontrastif). Yudharta, 11(1), 1–12. https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/studi-arab/article/view/1891/1576

Nur Shabrina, S., & Setiawan, T. (2022). Analisis teks hoaks seputar informasi bank: Kajian bahasa perspektif analisis wacana kritis dan linguistik forensik (Analysis of hoax texts about bank information: Language studies from the perspective of critical discourse analysis and forensic linguistics). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 492–507. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21478

Polzehl, T., Schmitt, A., Metze, F., & Wagner, M. (2011). Anger recognition in speech using acoustic and linguistic cues. Speech Communication, 53(9–10), 1198–1209. https://doi.org/10.1016/j.specom.2011.05.002

Rostikawati, Y., Syarifah Aeni, E., & Wuryani, W. (2020). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial. Abdimas Siliwangi, 03(02), 361–370. https://doi.org/10.22460/as.v3i2p%25p.3580

Sapanti, I. R., & Suswandi, I. (2022). Perluasan Makna dan Variasi Kata Anjing pada Generasi Milenial. In NUSA (Vol. 17, Issue 2).

Sinagra, C., & Wiener, S. (2022). The perception of intonational and emotional speech prosody produced with and without a face mask: an exploratory individual differences study. Cognitive Research: Principles and Implications, 7(1). https://doi.org/10.1186/s41235-022-00439-w

Suryani, Y., & Darmayanti, N. (2012). Kemahiran Berbahasa Indonesia Penutur Korea: Kajian Prosodi dengan Pendekatan Fonetik Eksperimental. Sigma-Mu, 4(2), 52–63.

Tambunsaribu, G. (2022, February 17). The Phenomenon of Using the Word Anjing as a Slang Word for in Daily Communication of Teenagers in Jakarta: A Study of Language and Culture. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2020.2315325

Tipa Uswatun, A., Wijayanti, C. P., & Puspitasari, M. (2019). Krisis kesantunan berbahasa di media sosial instagram sebabkan fenomena cyberbullying. Seminar Nasional Saga II, 67–73.

Triadi, R. B. (2017). Penggunaan Makian Bahasa Indonesia Pada Media Sosial (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Sasindo Unpam, 5(2), 1–26.

Wahdiyati, D., & Putra, R. D. (2022). Kekerasan Verbal dalam Konten Gaming Di Youtube (Analisis Isi Kualitatif Konten Ulasan Permainan Online Maincraft dan Mobile Legend Pada Akun Youtube Miueveox dan Brandonkent Everythink). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(2), 203–218.

Wahyu, T., Ningsih, R., Sastra, F., Budaya, D., & Gunadarma, U. (2020). Analisis Prosodi pada Monolog Aktor Film Menggunakan Aplikasi Praat (Kajian dalam Bidang Fonetik Akustik). NUSA, 15(4).

Zhou, K., Sisman, B., & Li, H. (2021). Vaw-Gan for Disentanglement and Recomposition of Emotional Elements in Speech. 2021 IEEE Spoken Language Technology Workshop, SLT 2021 - Proceedings, 415–422. https://doi.org/10.1109/SLT48900.2021.9383526

Published
06-02-2024
How to Cite
Batalemba, I., Moh Badrih, & Hasan Busri. (2024). Kata “anjing” dalam Konten Youtube Asfmine: Kajian Prosodi dengan Pendekatan Fonetik Eksperimental Menggunakan Praat. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 915-932. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3396
Section
Articles