Faktor dan Cara Mengatasi Speech Delay terhadap Pemerolehan Bahasa Anak
Abstract
Bahasa merupakan bahan atau alat yang berguna untuk berkomusikasi, bahasa sendiri tersusun dari beberapa satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang terbentuk secara lisan ataupun tulisan dalam artikel jurnal ini akan dibahas bagaimana proses pemerolehan bahasa dan bagaimana pencegahan keterlambatan bahasa (speech Delay). Pada penulisan artikel ini, penulis menggunakan jenis penelitian Studi Kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data dengan cara mencari melalui buku, literatur, artikel ilmiah, atau naskah-naskah yang berhubungan dengan pembahasan dari penelitian yang akan dipecahkan. Sifat dari penelitian ini yaitu bersifat deskriptif serta penulis juga mencantumkan prosedur-prosedur dalam penulisan artikel jurnal ini. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu speech delay adalah kondisi anak mendapatkan suatu kesulitan dalam berbicara secara jelas. Speech delay anak biasanya dikarenakan terlalu sering menonton sehingga tidak menstimulus anak untuk berbicara dan hanya membuat anak untuk mendengarkan saja dari pada ikut untuk bicara
Downloads
References
Aurelia, Terra, Nan Rahminawati, and Dinar Nur Inten. “Analisis Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun.” Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education 2, no. 2 (2022): 69–78. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504.
Chaer, Abdul, and Leonie agustina. Sosiolinguistik. jakarta, 2004. Daniswara Parahita, Annisa, Kholid Abdullah Harras, and Jatmika
Nurhadi. “Studi Kasus Bahasa Lisan Anak Terlambat Bicara: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Pesona 8, no. 1 (2022): 88–97.
Eka Nilawati, Dadan Suryana. “Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini.” Universitas Negeri Padang II (2018).
Fauzia, Wulan & Meiliawati, Fithri et al. “MENGENALI DAN MENANGANI SPEECH DELAY PADA ANAK.” Jurnal Al-Shifa 1, no. 2 (2020): 102–10.
Friantary, Heny. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini.” Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100.
Khoiriyah, Anizar Ahmad, Dewi Fitriani. “Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay).” Jurnal ILmiah Pendidikan Anak Usia Dibi 1 (2016).
Luhur Wicaksono. “Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran Luhur Wicaksono.” J P P Journal of Prospective Learning 1, no. 2 (2016): 9–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m.
Muslimat, Andi Filsah, Lukman Lukman, and Muhlis Hadrawi. “Faktor Dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Al-Qiyam 1, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122.
Ni Made Yuniari, I Gusti Indah. “Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay).” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pemelajaran 4 (2020).
Sundari, Weli. “E-ISSN: 2550-0058 p-ISSN: 2615-1642.” Jurnal Warna 2, no. 2 Desember (2018): 15–28.
Suryana, Dadan, and Eka Nilawati. “Gangguan Terlambat Bicara ( Speech Delay ) Dan Pengaruhnya Terhadap.” Padang: Perpustakaan Universitas Negeri Padang., 2012, 1–8.
Syairi, Khairi Abu. “Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Budaya.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013): 174–88.
Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225.
Wiratno, Tri, and Riyadi Santosa. “Bahasa, Fungsi Bahasa, Dan Konteks Sosial.” Modul Pengantar Linguistik Umum, 2014, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp- content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf..
Copyright (c) 2024 Rista Angraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.