Problematika Implementasi Penilaian Autentik pada Pembelajaran Bahasa Arab di Mts. Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

  • Winda Khoritotul Jannah UIN KHAS JEMBER
  • Bambang Irawan UIN KHAS Jember
  • Faisal Nasar Bin Madi Pascasarjana UIN KHAS Jember
Keywords: Penilaian Autentik, Afektif, Bahasa Arab

Abstract

Kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah sebagai kurikulum nasional, secara otomatis merubah arah pendidikan dan pengajaran di setiap lembaga pendidikan secara luas. Karakteristik yang menonjol dalam kurikulum 2013 adalah adanya penilaian aspek sikap siswa dalam proses pembelajaran, dimana aspek sikap ini hanya bisa diukur melalui alat ukur spesifik seperti penilaian berkonsep Authentic assessment. Sehingga dalam mewujudkan komitmen untuk menerapkan kandungan kurikulum 2013 tersebut Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi mencoba melakukan prosesi penilaian autentik. Proses yang telah ditempuh lembaga tersebut tentu perlu diteliti lebih lanjut apakah penilaian tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Sehingga untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana proses penilaian autentik (authentic assesmet) dalam pembelajaran Bahasa Arab di Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana efektivitas penilaian autentik yang sudah dilakukan dan untuk mengetahui kriteria apa saja yang menjadi acuan dalam penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tahapan penelitian yang terdiri dari tahap orientasi pra lapangan dan tahap kegiatan lapangan. Data yang diproleh dengan analisis triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil data berupa kajian teoritis yang diperoleh dengan data hasil wawancara di lapangan. Dimana, hasil penilitian ini mengungkapkan bahwa penilaian autentik yang dilakukan oleh Mts Al-Amiriyyah masih dirasa kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor pengaruh terhambatnya penilaian tersebut, yang secara umum kendala-kendala tersebut berasal dari siswa, guru, dan keterbatasan waktu yang dibutuhkan dalam proses penilaian tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airlanda, Puspitasari. 2021. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 5(3): 1683–88.

Asrul, Rusydi Ananda, and Rosinta. 2014. Ciptapustaka Media Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.

Barokah, Muh Ali. 2020. “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk.” Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2): 94.

Febriani, Suci Ramadhanti, and Rizka Widayanti. 2021. “Evaluation of Arabic Learning Based on Multiple Intelligences Classroom.” International Journal of Arabic Language Teaching 2(02): 131–48.

Guarango, Piedad Magali. 2022. “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ 5(8.5.2017): 2003–5.

Hayad, Zulkifli. 2020. “Mengenal Kompetensi-Kompetensi Dalam Kurikulum.”

Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelegences: Pengalaman A New City School Di St. Louis AS. ed. Jalaludin Rahmat. Bandung: Penerbit Kaifa.

Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. 2015. “Tahun 2018 Semua Sekolah Pada Tahap Pertama Sudah Melaksanakan Kurikulum 2013.”

Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. 2020. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2(1): 132-`139.

Masykur, R. 2019. Aura Publisher Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA Publishing.

Limbong, J. L., & SUPARMAN, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).

Nisrokha. 2018. “Authentic Assessment (Penilaian Otentik).” Jurnal Madaniyah 8(2).

Nurgiyantoro, Burhan, and Pujiati Suyata. 2011. “Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.” LiterA 10(2).

Nurman, Muhammad. 2017. “Implementasi Authentic Assessment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Madrasah Aliyah Swasta Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur (Studi Kasus Di Ma Mu’alimin NW Pancor).” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 16(2): 140–56.

Priatmoko, Wiku Aji dan Sigit. 2020. “Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar.” At-Thulab 4(1).

Sami, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. ed. Riza Dwi Aningtyas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

V.A.R.Barao et al. 2022. 33 Braz Dent J. Kendala Guru Dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri Kota Bandar Lampung.

Zaini, Herman. 2015. “Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(01): 15–31.

Published
16-01-2024
How to Cite
Winda Khoritotul Jannah, Bambang Irawan, & Faisal Nasar Bin Madi. (2024). Problematika Implementasi Penilaian Autentik pada Pembelajaran Bahasa Arab di Mts. Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 501-507. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3294
Section
Articles