Problematika Implementasi Penilaian Autentik pada Pembelajaran Bahasa Arab di Mts. Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi
Abstract
Kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah sebagai kurikulum nasional, secara otomatis merubah arah pendidikan dan pengajaran di setiap lembaga pendidikan secara luas. Karakteristik yang menonjol dalam kurikulum 2013 adalah adanya penilaian aspek sikap siswa dalam proses pembelajaran, dimana aspek sikap ini hanya bisa diukur melalui alat ukur spesifik seperti penilaian berkonsep Authentic assessment. Sehingga dalam mewujudkan komitmen untuk menerapkan kandungan kurikulum 2013 tersebut Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi mencoba melakukan prosesi penilaian autentik. Proses yang telah ditempuh lembaga tersebut tentu perlu diteliti lebih lanjut apakah penilaian tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak. Sehingga untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana proses penilaian autentik (authentic assesmet) dalam pembelajaran Bahasa Arab di Mts Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana efektivitas penilaian autentik yang sudah dilakukan dan untuk mengetahui kriteria apa saja yang menjadi acuan dalam penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tahapan penelitian yang terdiri dari tahap orientasi pra lapangan dan tahap kegiatan lapangan. Data yang diproleh dengan analisis triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil data berupa kajian teoritis yang diperoleh dengan data hasil wawancara di lapangan. Dimana, hasil penilitian ini mengungkapkan bahwa penilaian autentik yang dilakukan oleh Mts Al-Amiriyyah masih dirasa kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor pengaruh terhambatnya penilaian tersebut, yang secara umum kendala-kendala tersebut berasal dari siswa, guru, dan keterbatasan waktu yang dibutuhkan dalam proses penilaian tersebut.
Downloads
References
Airlanda, Puspitasari. 2021. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 5(3): 1683–88.
Asrul, Rusydi Ananda, and Rosinta. 2014. Ciptapustaka Media Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
Barokah, Muh Ali. 2020. “Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smk.” Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2): 94.
Febriani, Suci Ramadhanti, and Rizka Widayanti. 2021. “Evaluation of Arabic Learning Based on Multiple Intelligences Classroom.” International Journal of Arabic Language Teaching 2(02): 131–48.
Guarango, Piedad Magali. 2022. “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ 5(8.5.2017): 2003–5.
Hayad, Zulkifli. 2020. “Mengenal Kompetensi-Kompetensi Dalam Kurikulum.”
Hoerr, Thomas R. 2007. Buku Kerja Multiple Intelegences: Pengalaman A New City School Di St. Louis AS. ed. Jalaludin Rahmat. Bandung: Penerbit Kaifa.
Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. 2015. “Tahun 2018 Semua Sekolah Pada Tahap Pertama Sudah Melaksanakan Kurikulum 2013.”
Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. 2020. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2(1): 132-`139.
Masykur, R. 2019. Aura Publisher Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA Publishing.
Limbong, J. L., & SUPARMAN, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).
Nisrokha. 2018. “Authentic Assessment (Penilaian Otentik).” Jurnal Madaniyah 8(2).
Nurgiyantoro, Burhan, and Pujiati Suyata. 2011. “Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa.” LiterA 10(2).
Nurman, Muhammad. 2017. “Implementasi Authentic Assessment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Madrasah Aliyah Swasta Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur (Studi Kasus Di Ma Mu’alimin NW Pancor).” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 16(2): 140–56.
Priatmoko, Wiku Aji dan Sigit. 2020. “Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar.” At-Thulab 4(1).
Sami, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. ed. Riza Dwi Aningtyas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
V.A.R.Barao et al. 2022. 33 Braz Dent J. Kendala Guru Dalam Pelaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri Kota Bandar Lampung.
Zaini, Herman. 2015. “Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(01): 15–31.
Copyright (c) 2024 Winda Khoritotul Jannah , Nafisa Nafisa, Ramo Ramo, Abdul Rosyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.