Representasi Unsur Multikultural dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

  • Lafif Ahmad Rofid Al Azmi Universitas Negeri Malang
  • Karkono Karkono Universitas Negeri Malang
  • Azizatuz Zahro’ Universitas Negeri Malang
Keywords: representation, elements of multiculturalism, Negeri 5 Menara Novel

Abstract

Penelitian ini membahas representasi multikulturalisme dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yang membahas tentang unsur-unsur multikultiral yang meliputi solidaritas dan persaudaraan, kesetaraan gender, perdagangan terbuka, nilai kekeluargaan, penghormatan terhadap tata susila, merasa cukup dalam hidup, serta berbagi dan kontrol kekuasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan multikulturalisme dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dengan menggunakan teori multikultural dari Nurgiantoro dan Thobroni. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi teks dan dokumentasi dengan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan cara, (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi mengekspresikan tujuh unsur multikultural, yaitu solidaritas dan persaudaraan, kesetaraan gender, perdagangan terbuka, nilai kekeluargaan, penghormatan terhadap tata susila, merasa cukup dalam hidup, serta berbagi dan kontrol kekuasaan. Unsur multikulturalisme yang paling banyak dalam novel novel Negeri 5 Menara adalah solidaritas dan persaudaraan. Sehubungan dengan itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan dan media untuk pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Giddens, A. (1990). The Consequences of Modernity. Cambridge: Polity Press.

Hadirman, Ardianto. 2019. Vitalitas Bahasa dan Multikulturalisme (Telaah Kearifan Bahasa Lokal dalam Meramu Kohesivitas Sosial pada Masyarakat Multikultural di Sulawesi Utara. Buku Pesan Moderasi Islam dalam Bingkai Multikulturalisme. Manado: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Manado.

Irhandayaningsis, A. 2012. Kajian Filosofis Terhadap Multikulturalisme Indonesia, Humanika, 15(9). Dari https://doi.org/10.14710/humanika.15.9.

Lantowa, Jafar. 2002. Representasi Unsur-Unsur Multikulturalisme Dalam Novel Lukisan Tanpa Bingkai Karya Ugi Agustono J, Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 11(1), 20-30. Dari: https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4783

Lestari, Erma. 2017. Representasi Wujud Budaya di Masyarakat Multikultural dalam Novel Burung-Burung Rantaukarya Y.B menggambarkan tentang representasi wujud budaya pada masyarakat multikulturalisme dalam novel Burung-Burung Rantau karya Y.B Mangunwijaya. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 123-134. Dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/

Mahfud, Choirul. 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, & Huberman. 1994. Analisis Data Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurta'ati, Dina. 2018. Representasi Multikulturalisme dalam novel Rahasia Dua Hati Karya Muthmainnah dan Novel laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi Tidak Diterbitkan. Indralaya:FKIP UNSRI.

Parekh, Bikhu. 2001. Rethinking Multiculturalism. Harvard.

Thobroni, Muhammad dan Burhan Nurgiyantoro. 2010. Multikulturalisme dalam Cerita Tradisional Yogyakarta. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.

Syaifuddin, Achmad Fedyani. 2006. Membumikan Multikultutalisme di Indonesia. Jurnal Antropologi Sosial Budaya, 2 (1), 3-10. Diakses http://www.google.co.id/url?url=http://repository.usu.ac.id/.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Tilaar, H.A.R. 2014. Sowing the Seed of Freedom. Ki Hadjar Dewantara as a Pioneer of Critical Pedagogy. Jakarta:H.A.R Tilaar

Published
03-01-2024
How to Cite
Lafif Ahmad Rofid Al Azmi, Karkono, K., & Azizatuz Zahro’. (2024). Representasi Unsur Multikultural dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 268-283. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3191
Section
Articles