Kesalahan Perubahan Bunyi pada Pelafalan Pembelajar BIPA Dasar Asal Korea Selatan

  • Nunung Sitaresmi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Afina Naufalia Universitas Padjadjaran
  • Lilis Siti Sulistyaningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isah Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Analisis kesalahan, BIPA, fonologi, pelafalan, perubahan bunyi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan aturan berbahasa antara bahasa Indonesia dan Korea. Hal ini menyebabkan pembelajar BIPA asal Korea mengalami kesalahan berbahasa, khususnya kesalahan pelafalan. Aturan fonetik antara bahasa Indonesia dengan bahasa Korea sangat berbeda. Kesalahan pelafalan tersebut menyebabkan pembelajar BIPA Korea melakukan perubahan bunyi atau fonem, yakni melafalkan bunyi lain untuk mengganti bunyi yang seharusnya dilafalkan. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan fonem yang terjadi ketika pembelajar BIPA asal Korea melafalkan kata dalam bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber dan subjek data penelitian ini adalah pembelajar BIPA asal Korea di Balai Bahasa UPI. Adapun teknik pengambilan data yang dilakukan adalah teknik wawancara. Hasil wawancara kemudian dianalisis dengan mengklasifikasikan kesalahan pelafalan yang berupa perubahan bunyi. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perubahan bunyi dari bunyi [ə] menjadi bunyi [ε], bunyi [s] berubah menjadi bunyi [š], dan bunyi [r] berubah menjadi [l]. Penyebabnya adalah pembelajar BIPA masih terpengaruh oleh aturan pelafalan bahasa Korea yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian BIPA dan mempermudah pengajar BIPA untuk menyusun perangkat pembelajaran yang dapat membantu melancarkan pelafalan pembelajar BIPA asal Korea.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoedin, A., et al. (1984). Fonologi Bahasa Indonesia Sebuah Studi Deskriptif. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Annisa, I. R. (2018). Pengembangan Materi Pelafalan Berbasis E-Learning dengan Metode Audiolingual untuk Pemelajar BIPA Tingkat Dasar. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Budiawan, R. Y. S., & Rukayati, R. (2018). Kesalahan Bahasa dalam Praktik Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas PGRI Semarang Tahun 2018. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1), 88-97.
Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika dan Pikiran dalam berkomunikasi. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106–124. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712
Hwa, A. K., dkk. (2013). Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia. Seoul: The Korean Foundation.
Kemendikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Kusmiatun, A. (2018). Mengenal BIPA (Bahasa Indonsia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Fonologi pada Kanal Youtube “Mas Bas-Bule Prancis”. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 91-98.
Marsono. (2008). Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pradita, L. E., et al. (2021). Berbahasa Produktif melalui Keterampilan Berbicara (Teori dan Aplikasi). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Sari, A. A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Deepublish.
Sikana, A. M., Nugroho, A. A., & Tahe, P. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Pidato Juru Bicara Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 74-81.
Sulaeman, A., dan Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Jakarta Timur: Penerbit Edu Pustaka.
Tarigan, H. G. dan Djago T. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Penerbit ANGKASA.
Wiratsih, W. (2019). Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus Terhadap Pembelajar BIPA Asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Kredo, 2(2), 242-255.
Published
02-01-2024
How to Cite
Sitaresmi, N., Naufalia, A., Siti Sulistyaningsih, L., & Cahyani, I. (2024). Kesalahan Perubahan Bunyi pada Pelafalan Pembelajar BIPA Dasar Asal Korea Selatan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 16-27. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3003
Section
Articles