Budaya Jepang pada Tuturan Implikatur Percakapan Pembelajar BIPA Jepang Tingkat Dasar: Kajian Pragmatik Lintas Budaya

  • Afina Naufalia Universitas Padjadjaran
  • Nani Darmayanti
  • Nani Sunarni
Keywords: BIPA, Implikatur percakapan, Pragmatik lintas budaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pragmatik yang fokus pada kajian Pragmatik Lintas Budaya, yakni mengkaji komunikasi yang dilakukan oleh budaya yang berbeda pada lingkungan yang berbeda. Adapun yang dikaji adalah implikatur percakapan yang dituturkan oleh pembelajar BIPA asal Jepang tingkat dasar ketika berbicara bahasa Indonesia saat proses pembelajaran berlangsung. Melalui implikatur percakapan yang dituturkan pembelajar Jepang, akan tampak ciri khas budaya Jepang ketika pembelajar menyampaikan maksud yang ingin mereka sampaikan secara tersirat, sehingga akan muncul keunikan budaya dalam peristiwa tutur. Itulah keunikan dan keterbaruan penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud implikatur percakapan yang dituturkan oleh pembelajar BIPA asal Jepang tingkat dasar di Universitas Padjadjaran. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pembelajar BIPA asal Jepang berjumlah dua orang yang tergabung dalam program pembelajaran BIPA di Pusat Bahasa Unpad, Dipatiukur. Data dikumpulkan dengan teknik rekam, simak, catat, kemudian  ditranskripsi. Selanjutnya, data dianalisis dengan menganalisis tuturan yang mengabaikan prinsip kerja sama pada dialog. Dari hasil analisis terhadap implikatur, kemudian dijelaskan budaya yang terkandung dalam implikatur tersebut. Secara singkat, hasil analisis mendeskripsikan bahwa pembelajar Jepang melakukan implikatur sebanyak lima kali, di antaranya implikatur memberikan informasi, menyindir, menolak, dan mengakui. Dari implikatur yang dituturkan oleh pembelajar Jepang, dapat disimpulkan bahwa budaya Jepang adalah memiliki budaya yang bebas, taat aturan, suka berbasa-basi, dan sangat sopan (menjaga privasi). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembelajaran BIPA, khususnya bagi pengajar untuk menyiapkan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan latar belakang budaya pembelajar BIPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman, H. (2019). Uchi & Soto Budaya Jepang, dari Keluarga ke Korporasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Andriyani, A. A. A. D. (2014). Sikap Santun Tuturan orang Jepang dalam Statusnya sebagai Wisatawan Jepang yang Datang Ke Travel His Rimba Jimbaran. SPHOTA: Jurnal Linguistik dan Sastra, 6(1).
Ansah, A. D. N., & Debrah, C. O. (2022). The SPEAKING Model: You Assess Mine; I Assess Yours. International Journal, 10(1), 26-38.
Dewi, N. M. A. A., & Wedayanti, N. P. L. (2019). Kesantunan berbahasa yang tercermin dalam aimai hyōgen. Pustaka, 19(2), 89-93.
Djadjasudarma, F. (2017). Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.
Fatmawati, A., Arifianti, I., & Dewi, D. P. (2020). Praanggapan Eksistensial Teori Ika Valensia Pada Tuturan Penyidik Polri Dalam Interogasi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Debat Kelas X Di Smk. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 21-26.
Hapsari, E. D., Rizaldy, D. R., & Khakim, I. A. (2021). Analysis of the Meaning of Pragmatics of Fatisanity in Class Discussions. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 15(2), 149-159.
Ladegaard, H. J. (2009). Pragmatic cooperation revisited: Resistance and non-cooperation as a discursive strategy in asymmetrical discourses. Journal of Pragmatics, 41(4), 649-666.
Lestari, O. W., & Jazeri, M. (2022). Tindak Tutur oleh Pembelajar BIPA di Muslim Santitham Fundation School Thailand: Kajian Pragmatik Bahasa antara (Interlanguage Pragmatics). Diksatrasia, 6(1).
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Ramadhani, A. A., Muliyono, N., & Setyowati, E. (2019). Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua Mahasiswa Asing Program Darmasiswa di IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Conference on Research and Community Services, 1 (1), hlm. 57-64.
Rustono. (1998). Implikatur Percakapan sebagai Pengungkapan Humor di dalam Wacana Humor Verbal Lisan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Sanjaya, S., & Ando, Y. (2017). Pandangan Mahasiswa Penutur Bahasa Jepang Terhadap Privasi dalam Komunikasi Ditinjau dari Gender. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 1(1), 1-15.
Setiawan, A., Basuki, R., & Rahayu, N. (2017). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Percakapan Dalam Acara Mata Najwa Di Metro Tv. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 1-9.Trahutami, S. I. (2015). Nilai sosial budaya jepang dalam peribahasa Jepang yang menggunakan konsep binatang. The Journal of Izumi, 5(1), 64-71.
Published
05-09-2023
How to Cite
Naufalia, A., Darmayanti, N., & Sunarni, N. (2023). Budaya Jepang pada Tuturan Implikatur Percakapan Pembelajar BIPA Jepang Tingkat Dasar: Kajian Pragmatik Lintas Budaya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 975-984. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2810
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)