Revitalisasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis Artikel Opini Menuju Generasi Emas

  • Rahmah Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isah Cahyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khaerudin Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: revitalisasi, literasi digital, opini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana revitalisasi literasi
digital menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya dalam
hal meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis artikel opini. Dengan
memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan basis studi pustaka, maka penelitian
ini setidaknya menyelidiki tingkat literasi digital siswa, tantangan yang mereka
hadapi saat menggunakan teknologi digital untuk menulis artikel opini, dan
bagaimana revitalisasi literasi digital berdampak pada kualitas tulisan opini
mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi digital siswa masih sangat dasar.
Beberapa tantangan utama termasuk kurangnya pemahaman tentang literasi
digital, keterbatasan akses terhadap teknologi, dan kurangnya dukungan dari
lingkungan sekolah dan rumah. Namun, revitalisasi literasi digital yang
diintegrasikan ke dalam pembelajaran dapat secara signifikan meningkatkan
kemampuan siswa. Oleh karena itu, diharapkan bahwa literasi digital yang lebih
baik dapat membantu siswa belajar menulis artikel opini dan mempersiapkan
mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam diskusi intelektual dan publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. (2020). Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk Indonesia Emas 2045. Fianosa Publishing.

Arsyad, A. A. J., Sulistyo, L., Rahayu, W., & Fatmawati, E. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer Di Desa Terpencil. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654–661.

Fauziyah, R., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2023). Abad 21: Literasi Digital Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Opini. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 271–277.

Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721.

Kurnia, M. D. (2021). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Opini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 175–179.

Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1).

Mazhud, N., Akidah, I., & Rahmawati, S. (2023). Menumbuhkan Kreativitas melalui Pelatihan Membuat Mading Digital Siswa MA Wihdatul Ulum. Madaniya, 4(1), 425–434.

Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., Yulianingsih, D., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Tahir, R. A., Jufri, J., & Saud, S. (2024). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa berbasis Model Pembelajaran SAUD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1392-1397.

Published
25-08-2024
How to Cite
Fauziyah, R., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2024). Revitalisasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis Artikel Opini Menuju Generasi Emas. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3548-3555. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4211
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)