Revitalisasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis Artikel Opini Menuju Generasi Emas
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana revitalisasi literasi
digital menjadi sangat penting dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya dalam
hal meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis artikel opini. Dengan
memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan basis studi pustaka, maka penelitian
ini setidaknya menyelidiki tingkat literasi digital siswa, tantangan yang mereka
hadapi saat menggunakan teknologi digital untuk menulis artikel opini, dan
bagaimana revitalisasi literasi digital berdampak pada kualitas tulisan opini
mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi digital siswa masih sangat dasar.
Beberapa tantangan utama termasuk kurangnya pemahaman tentang literasi
digital, keterbatasan akses terhadap teknologi, dan kurangnya dukungan dari
lingkungan sekolah dan rumah. Namun, revitalisasi literasi digital yang
diintegrasikan ke dalam pembelajaran dapat secara signifikan meningkatkan
kemampuan siswa. Oleh karena itu, diharapkan bahwa literasi digital yang lebih
baik dapat membantu siswa belajar menulis artikel opini dan mempersiapkan
mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam diskusi intelektual dan publik.
Downloads
References
Ariani, D. (2020). Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk Indonesia Emas 2045. Fianosa Publishing.
Arsyad, A. A. J., Sulistyo, L., Rahayu, W., & Fatmawati, E. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer Di Desa Terpencil. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654–661.
Fauziyah, R., Cahyani, I., & Kurniawan, K. (2023). Abad 21: Literasi Digital Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Opini. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 271–277.
Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721.
Kurnia, M. D. (2021). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Opini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 175–179.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1).
Mazhud, N., Akidah, I., & Rahmawati, S. (2023). Menumbuhkan Kreativitas melalui Pelatihan Membuat Mading Digital Siswa MA Wihdatul Ulum. Madaniya, 4(1), 425–434.
Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., Yulianingsih, D., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Tahir, R. A., Jufri, J., & Saud, S. (2024). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa berbasis Model Pembelajaran SAUD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1392-1397.
Copyright (c) 2024 Rahmah Fauziyah, Isah Cahyani, Khaerudin Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.