Rekonstruksi Fenomena Sosial dalam Film “Adagium” Karya Rizal Mantopani

  • Kasmawati Universitas Muslim Maros
  • Ince Nasrullah Universitas Muslim Maros
  • Ita Suryaningsih Universitas Muslim Maros
Keywords: Kata Kunci: feFenomena sosial, film, mimetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena sosial dalam film Adagium karya Rizal Mantopani dengan pendekatan mimetik. Sumber data dalam penelitian ini adalah film “Adagium” Karya Rizal Mantopani yang tayang di bioskop pada bulan Januari 2023. Data penelitian ini adalah fenomena sosial dalam Film “Adagium” karya Rizal Mantopani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data, dan selanjutnya menganalisis data dari jenis data yang bersifat kualitatif untuk memperoleh data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi atau merangkum, menyajikan data, kesimpulan dan verivikasi hasil. Hasil penelitian ini dapat menjawab pernyataan penelitian yaitu adanya fenomena sosial dalam film “Adagium” karya Rizal Mantopani yakni persahabatan, percintaan, kejahatan ciber, dan perjuangan membela negara yang sesuai dengan kenyataan yang sering dihadapi di kehidupan masyarakat saat ini. Persahabatan yang terjadi ditandai dengan menghabiskan waktu bersama, memilik rahasia, dan saling menolong. Percintaan terjadi antara Alenda dan Bian. Kejahtan Ciber yang mengancam data-data penting dan perjuangan membela negara dari serangan musuh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, Z. (2018). Realitas Kehidupan Islami dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar (Kajian Mimetik). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1).

Nurahmad, M. (2022). Inovasi Leksikal Apokope Sinkope Bahasa Tae dan Bahasa Wotu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(4), 433-437.

Septiaj, Aji, Sefia, yayah, Ayum. (2018). Kritik Sastra Mimetik. Jurnal pendidikan, 2(1).

Soerjono Soekanto. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada)

Sriyana Dwi, Siti Fatihaturrahmah Al. Jumroh. (2020). Rekonstruksi Realita Dalam Film Miracle In The Cell Number 7 (Pendekatan Mimetik). Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teeuw, A. (2013). Sastra dan Ilmu Sastra Pengar Teori Sastra. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Umamy, Etty. (2021). Analisis Kritik Sastra Cerpen “Seragam” Karya Aris Kurniawan Basuki (Kajian Mimetik). Jurnal DIKLASTRI, 1(2).

Published
03-05-2023
How to Cite
Kasmawati, Ince Nasrullah, & Ita Suryaningsih. (2023). Rekonstruksi Fenomena Sosial dalam Film “Adagium” Karya Rizal Mantopani. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 573-580. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2369
Section
Articles