Analisis Faktor Sosial Pemertahanan Bahasa Dentong di Kabupaten Maros

  • Kasmawati Universitas Muslim Maros
  • Fitrawahyudi Universitas Muslim Maros
Keywords: pemertahanan bahasa, daya hidup bahasa, bahasa Dentong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor sosial penggunaan bahasa Dentong melaui indikator sikap bahasa pengguna bahasa, serta untuk mengetahui daya hidup bahasa maka akan dilakukan pengukuran daya hidup bahasa Dentong berdasarkan penggunaan bahasa pada usia dibawah 25 tahun (usia produktif bertahannya bahasa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode survei, observasi dan wawancara, metode survei menggunakan kuesioner digunakan untuk mengungkap faktor-faktor sosial penggunaan bahasa Dentong, sedangkan metode observasi dan wawancara digunakan untuk memproyeksi daya hidup bahasa Dentong. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara bertahap melalui kegiatan reduksi data, model data (display data) dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemertahanan bahasa Dentong berada dalam kategori baik, didasari atas persentase penggunaan bahasa pada seluruh kelompok usia sebesar 93% yang masih menggunakan bahasa Dentong dan penggunaan bahasa Dentong sebagai alat interaksi utama baik dalam komunikasi intrakeluarga, maupun antar keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir. 2009. Pola bahasa pada Ranah Keluarga di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. dalam Disertasi, Makassar; Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin.
Anderson, T. David. 2010. Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Moronene.dalam Makalah Seminar Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Tenggara pada tanggal 18-21 Juli 2010 di Buton
Arrohib, Muhammad Yusfi. 2015. Pemertahanan Bahasa Jawa Krama di Desa Rowokangkung Kabupaten Lumajang; Kajian Sosiolinguistik. Dalam Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga; Surabaya.
Budhiono, R. Hery. 2019. Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa Jawa di Daerah Transmigrasi di Kota Palangkaraya. Dalam Jurnal Aksara, 31 (2), 285-298.
Chaer, Abul dan Agustina, 2010, Sosiolinguistik: Perkenalan Awal, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Emzir. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ibrahim, Gufran Ali. 2011. Bahasa Terancam Punah: Fakta, Sebab-Musabab, Gejala, dan Strategi Perawatannya. dalam Jurnal Masyarakat Linguistik Indonesia, 29 (1), 35-52.
Lukman dan Gusnawaty. 2013. Ancangan Model Pembinaan, Pengembangan, dan Pelestarian Bahasa. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Nasrullah, Ince, 2016, Penggunaan Bahasa Dentong pada Suku Bugis dan Makassar di Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. dalam Jurnal Ecosystem, 16 (1), 1-8.
Sumarsono dan Paina Partana. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.
Published
23-11-2020
How to Cite
Kasmawati, & Fitrawahyudi. (2020). Analisis Faktor Sosial Pemertahanan Bahasa Dentong di Kabupaten Maros . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 648-655. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.380
Section
Articles