Kemampuan Mahasiswa Bercerita Menggunakan Aplikasi Siniar Berbasis Literasi Digital pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara

  • Ratu Bulkis Ramli Universitas Iqra Buru
  • Taufik Universitas Iqra Buru
  • Musriani Universitas Iqra Buru
  • Ibnu Hajar Universitas Iqra Buru
  • Kaharuddin Universitas Muhammadiyah Bulukumba
Keywords: aplikasi siniar, keterampilan berbicara, literasi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam bercerita/berbicara dan kemampuan mahasiswa bercerita menggunakan aplikasi siniar berbasis literasi digital pada mata kuliah keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah mix methods yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential exploratory. Desain ini menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif secara berurutan, di mana pada tahap pertama menggunakan metode kualitatif dan tahap kedua menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 19 perempuan. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan desain Sampling Jenuh.  Hal ini dikarenakan jumlah populasi pada penelitian relative sedikit (kurang dari 100). Teknik Sampling jenuh menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data data kualitatif diambil dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Data kuantitatif dengan cara melakukan pre-test dan post-test kepada 21 mahasiswa semester II Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Iqra Buru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: [1] Terdapat 5 faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam berbicara/ bercerita, di antaranya; tekanan/intonasi, kosa kata, kelancaran berbicara, tata bahasa, dan kesesuain tema. [2] berdasarkan hasil pre-test dan post test ditemukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang cukup memadai dalam menggunakan podcast sebagai media pembelajara. Hal ini ditentukan berdasarkan pada rubrik penilaian yang ada dengan membandingkan nilai rata-rata, nilai tengah, nilai yang sering muncul, nilai yang paling tinggi, dan nilai yang paling rendah.

Kata Kunci: aplikasi siniar, keterampilan berbicara, literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti FA, Anwar F, Alvi AF, Negeri U, Dasar S, Islam SD, et al. Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik melalui permainan. (2006):95–104.

Darmuki A. Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. J Educ FKIP UNMA. 2020;6(2):655–61.

Hakim, M. N., & Herdiana, B. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(2), 39-44.

Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara_Bayu_sept_2017.

Mayangsari D, Tiara DR. Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. J Golden Age. 2019;3(02):126.

Siswa B, Iv K, Sdn DI, Jeruk K, Barat J. Pemanfaatan media. :298–305.

Simarmata MY, Sulastri S. IKIP PGRI Pontianak sesama manusia . Bahasa dianggap sebagai alat yang paling sempurna dan mampu keterampilan berbicara menunjang keterampilan lainnya Keterampilan ini bukanlah suatu jenis keterampilan yang dapat diwariskan secara turun temurun walaupun p. :49–62.

Suriani A, Chandra C, Sukma E, Habibi H. Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. J Basicedu. 2021;5(2):800–7.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.

Yohana FM, Pratiwi HA, Susanti K. Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Magenta, STMK Trisakti. 2019;3(01):397–408.

Published
01-11-2022
How to Cite
Ratu Bulkis Ramli, Taufik, Musriani, Ibnu Hajar, & Kaharuddin. (2022). Kemampuan Mahasiswa Bercerita Menggunakan Aplikasi Siniar Berbasis Literasi Digital pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 808-817. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2070
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)