Variasi Fonologi dan Leksikon Dialek Lakiung dan Dialek Konjo pada Bahasa Makassar Sulawesi Selatan

  • Dian Astuti ilmu linguistik Universitas Hasanuddin
  • Kaharuddin Universitas Hasanuddin
  • Gusnawaty Universitas Hasanuddin
Keywords: Variasi Dialek, Dialektologi, Dialek Konjo, Dialek Lakiung, Bahasa Makassar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan variasi fonologi dan leksikal antara dialek Lakiung dan dialek Konjo Bahasa Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang menyediakan 200 kosakata dasar Morish Swadesh yang dikelompokkan sesuai dengan medan maknanya, dengan cara teknik cakap dan Teknik simak. Pengambilan data dengan pemilihan empat orang informan dengan memperhatikan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh Mahsun. Kemudian mengidentifikasi dan menganalisis berdasarkan variasi fonologi dan leksikon. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan fonologi ditemukan adanya fonem vokal dan fonem konsonan. Vocal pada dialek Konjo dan dialek Lakiung  adalah sama yaitu terdapat lima fonem vocal, yaitu : /a, /i/, /u/, /e/, dan /o/. Konsonan pada kedua dialek juga sama, keduanya memiliki delapan belas konsonan, yaitu: /k/, /ɡ/, /ŋ/, /p/, /b/, /m/, /ʦ/, /ʤ/, /ɲ/, /t/, /d/, /n/, /j/, /r/,/l/, /w/, /s/, dan /h/. Adapun variasi leksikal ditemukan beberapa perbedaan pada tiap medan makna. Adapun kedelapan medan makna tersebut, variasi fonologi dan variasi leksikal memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu lebih banyak perbedaan kosakata secara variasi leksikal dibandingkan dengan variasi fonologi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Asriani. 2021. “Morfosintaksis Bahasa Makassar”. Malang: Rena Cipta Mandiri.

Atmawati, Dwi. 2005. Dalam Kumpulan Makalah Seminar Internasional Bahasa dalam Perspektif Dinamika Global: USU Medan.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2019. Persebaran Bahasa Daerah Berdasarkan Provinsi (Konjo). (online). https://dapobas.kemdikbud.go.id

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Daeng, Kembong. 2014. Konstruksi Morfologis Bahasa Makassar Suatu Tinjauan Pencirian Kata Majemuk.. Makalah

Gusnawaty, 2018. “Bahasa dan Kesantunan: Strategi Kesantunan Berbahasa Perempuan Bugis”. Seminar Nasional Linguistik: Bahasa, Sastra dan Perempuan yang Program S2 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Makassar: Gedung Mattulada

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 1995. Penelitian Dialek Geografis Bahasa Sumbawa. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mahsun. 2005. Metode Pemilihan Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi Revisi. Raja Grafindo: Jakarta.

Maya, Hasmita. 2014. Variasi Bahasa dalam Masyarakat Suku Melayu dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Medan: Sekolah Pascasarjana UMN Alwasliyah.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta:Duta Wacana University Press.

Suparman & Nurliana. (2022). Sistem Fonologi Bahasa Tae (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Suparman. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Published
10-10-2022
How to Cite
Dian Astuti, Kaharuddin, & Gusnawaty. (2022). Variasi Fonologi dan Leksikon Dialek Lakiung dan Dialek Konjo pada Bahasa Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 520-532. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1840
Section
Articles