Analisis Keteladanan Tokoh pada Buku Biografi Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Tek Biografi di SMA Kelas X

  • Putri Estrana Yasiq Ilham Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Keteladanan, Biografi, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahan ajar yang tidak sesuai kompetensi dan materi teks biografi yang tidak menampilkan sastrawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keteladanan tokoh pada buku biografi Pramoedya Ananta Toer dan mendeskripsikan pemanfaatannya sebagai bahan teks biografi di SMA Kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Subjek dan objek penelitian ini adalah buku biografi dan keteladanan tokoh. Sumber data yang digunakan adalah buku biografi Pramoedya Ananta Toer, skripsi, jurnal, dan buku referensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, studi pustaka, dan analisis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keteladanan tokoh pada buku biografi Pramoedya Ananta Toer berdasarkan nilai karakter Kemendikbud 2017, dan hasil analisis yang digunakan sebagai bahan ajar teks biografi di SMA Kelas X berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013. Hasil analisis pada buku biografi Pramoedya Ananta Toer ditemukan keteladanan tokoh 42 nilai karakter, terdiri dari dari 9 religius, 12 nasionalis, 8 integritas, 9 mandiri, dan 4 gotong royong. Peneliti membuat bahan ajar dalam bentuk handout dan melakukan validasi bahan ajar berdasarkan kriteria Kemendiknas 2008 untuk menentukan pilihan bahan ajar. Hasil penilaian bahan ajar handout didapatkan nilai sangat baik dari validator kedua. Dapat dikatakan bahwa keteladanan tokoh Pramoedya Ananta Toer dapat dijadikan bahan ajar teks biografi di SMA Kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Majid. Abdul. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Kajian Teoretis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Mulyasa. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta: Diva Press.

Rifai, Muhammad. (2020) Pramoedya Ananta Toer: Biografi Singkat (1925─2006). Yogyakarta: Garasi.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparman, N. F. N. (2021). INTERFERENSI BAHASA TAE TERHADAP BAHASA INDONESIA. TELAGA BAHASA, 9(1), 100.

Sri Astuti, Rizki (2020) Analisis Unsur Keteladanan Tokoh pada Biografi Sandiaga Uno sebagai Alternatif Bahan Ajar pada Peserta Didik Kelas X.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Published
29-11-2022
How to Cite
Putri Estrana Yasiq Ilham, Slamet Triyadi, & Wienike Dinar Pratiwi. (2022). Analisis Keteladanan Tokoh pada Buku Biografi Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Tek Biografi di SMA Kelas X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 878-888. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006
Section
Articles