Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Audio Visual pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Klari

  • Anisya Tri Rizkia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Roni Nugraha Syafroni Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pembelajaran, Menulis, Teks Eksplanasi, Media Audio Visual

Abstract

Pembelajaran di kelas sangat membutuhkan media dalam implementasinya. Sehingga penelitian ini menggunakan media audio visual pada pembelajaran menulis teks eksplanasi, karena dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran akan lebih bervariasi. Selain itu, penelitian didasari pada kemampuan menulis peserta didik yang masih sulit untuk mengembangkan sebuah gagasan, ide, dan mengolah informasi yang dilihat. Sehingga, media audio visual menjadi alternatif agar merangsang kemampuan peserta didik dalam mengolah informasi yang akan dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian yaitu menganalisis kelengkapan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual dan mengetahui hasil akhir pembelajaran menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif karena ingin mendeskripsikan data dan mengetahui hasil akhir pembelajaran menggunakan media audio visual. Subjek penelitian yaitu pada kelas VIII E SMP Negeri 4 Klari tahun ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini yaitu mengenai pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan media audio visual yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII E. Instrumen penelitian menggunakan tes yang berbentuk lembar kerja teks eksplanasi, lembar observasi sebagai pengamatan sikap dan minat peserta didik terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi, dan dokumentasi sebagai bukti yang konkret dilaksanakannya penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang hasilnya diperoleh dari tes menulis dan observasi pada saat kegiatan pembelajaran menulis teks eksplanasi sedang berlangsung. Hasil analisis menulis teks eksplanasi dengan media audio visual pada kelas VIII E SMP Negeri 4 Klari menunjukan masih belum mampu mengembangkan ide, gagasa, serta pengetahuan dari visual tayangan video bertema “Tanah Longsor” dengan baik. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, yaitu 1 peserta didik dikategorikan mendapat nilai sangat baik, 10 peserta didik didik dikategorikan mendapat nilai baik, 9 peserta didik dikategorikan mendapat nilai cukup, dan 17 peserta didik dikategorikan mendapat nilai kurang. Pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media audio visual pada kelas VIII E SMP Negeri 4 Klari mendapatkan nilai rata-rata secara keseluruhan yaitu 61,92.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmawati Uti. 2018. Eksplanasi. Surakarta: PT Aksarra Sinergi Media.

Djatmika, Isnanto Rachmad. 2015. Menulis Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris. Pakar Raya.

Fadli Rijal Muhammad. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21. No. 1. (2021), Hal 33 – 54.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor:Ghalia Indonesia.

Suparman, S. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 2 BUA PONRANG KABUPATEN LUWU. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Siqid Umar, Choir Miftachul Moh. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Suparno, Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprianto Edy. 2019. Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.1, No.2, Desember 2019.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Tarigan Henry, G. 2013. Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
20-01-2023
How to Cite
Anisya Tri Rizkia, Wienike Dinar Pratiwi, & Roni Nugraha Syafroni. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Audio Visual pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Klari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 12-19. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1991
Section
Articles