Keefektifan Metode Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo

  • Darmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Metode reciprocal teaching, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan mendeskripsikan (1) efektif tidaknya penggunaan metode reciprocal teaching pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo terhadap pembelajaran keterampilan berbicara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas VIII3 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII4 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Penarikan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster sampling (secara acak). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok kelas eksperimen memeroleh skor rata-rata 80,50 dan kelompok kelas kontrol memeroleh skor rata-rata 73,64. Jadi penggunaan metode reciprocal teaching efektif digunakan pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII. Metode penelitian ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Oleh karen itu, guru hendaklah menerapkan penggunaan metode reciprocal teaching dalam mengajarkan materi pelajaran karena melalui metode ini siswa termotivasi mengikuti pelajaran dan siswa merasa senang dan santai dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M, Toha, dkk. 2010.Metode Penelitian.Jakarta:Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Arsjad, Maidar G., dan Mukti, U.S. 2005. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Fitrianto. (2015).“Keefektifan Media Kotak Misteri Kata dalam pembelajaran berbicara Siswa Kelas VII MTsN Model Palopo”. Skripsi.Tidak Diterbitkan.UNCP.

Hermanto. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Sinektik Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Palopo. Skripsi.Tidak Diterbitkan. UNCP.

Kolin. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Anak Kelompok A TK Indriyasana Baciro Yogyakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan.UNCP.

Lomo. (2014). skripsi yang berjudul “ Kemampuan berbicara dengan menggunakan Teknik Talk-Power pada siswa jurusan informatika kelas XI SMK Negeri 2 Palopo”.Skripsi. Tidak Diterbitkan. UNCP.

Manohar, U. 2008 Model Reciprocal Teaching Strategis.Artikel.Tersedia pada http://www.buzzle.com. Diakses pada tanggal 23 Desember 2017.

Nunung Nurjannah Widya.(2010). Skripsi yang berjudul “ Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching Tipe Diskusi Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padaherang Ciamis “..(online).scholar.google.co.id.(diakses 10.05 Kamis 30 November 2017).

Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode penelitian pendidikan ( pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Saddhono, Kundharu, dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Karya Putra Darwati. Bandung.
Published
30-05-2018
How to Cite
Darmawati. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4(1), 20-31. https://doi.org/10.30605/onoma.v4i1.157
Section
Articles