Peran Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Pengelolaan Emosi Siswa di SD Negeri 3 Bugel Jepara
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6752Keywords:
Peran Layanan, Bimbingan dan Konseling, Pengelolaan Emosi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Latar belakang penelitian ini muncul dari fenomena nyata di SD Negeri 3 Bugel, Jepara terdapat siswa yang kurang memiliki rasa keterbukaan pada dirinya dan siswa yang belum mampu mengekspresikan emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran serta efisiensi layanan bimbingan dan konseling (BK) dalam menangani masalah emosional yang dihadapi siswa di sekolah dasar. Sehingga fenomena tersebut memerlukan layanan konseling yang lebih peka dan responsif terhadap kebutuhan emosional siswa. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan 16 siswa dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terstruktur yang meliputi pertanyaan dengan menggunakan teknik analisis verbatim, untuk menjaga keabsahan data, peneliti menerapkan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas siswa (12 dari 16) merasa terbantu oleh layanan BK, yang menandakan efektivitasnya secara keseluruhan. Akan tetapi, interaksi antara siswa dan wali kelas masih sangat minim, dengan 15 siswa jarang membagikan masalah pribadi dan 13 siswa merasa tidak nyaman untuk melakukannya. Dalam menangani konflik dengan teman sebayanya, siswa cenderung memilih pendekatan komunikatif seperti berdialog (7 siswa), sementara yang lain memilih untuk menghindar (5 siswa), tetap tenang (6 siswa), atau bahkan merespons dengan agresif (3 siswa), yang mencerminkan variasi strategi pengaturan emosi. Lebih lanjut, saat mengalami kemarahan atau kesedihan, siswa biasanya lebih memilih untuk menghindari atau menahan emosi daripada mencari dukungan, dengan sangat sedikit yang dapat mengekspresikan perasaan mereka secara jelas. Penemuan ini menyoroti urgensi memperkuat jaringan dukungan emosional di sekolah dengan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta penerapan layanan BK yang lebih proaktif dan penuh empati.
Downloads
References
Aprilia, R. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Agresivitas Verbal Pada Siswa–Siswi Di Man 1 Kota Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Armadani, A., & Arifani, Y. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 12(1), 55-64. Https://Doi.Org/10.37301/Cerdas.V12i1.230
Chan, F., Pamela, I. S., Sinaga, I. S., Mesariani, M., Oktarina, R., & Julianti, M. (2019). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 173-182. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V6i2a8.2019
Charmilasari, C., & Juni, T. W. (2023). Sastra untuk Mengembangkan Kesadaran Kemanusiaan Siswa. Jurnal Dieksis Id, 3(2), 99-111. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.2.2023.347
Damayanti, P. S., Putra, A., & Srirahmawati, I. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 348-356. Https://Doi.Org/10.26618/Equilibrium.V9i3.5992
Goleman, D. (2015). Why EI Is Most Important Than IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. El-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162-180. Https://Doi.Org/10.52266/El-Muhbib.V4i2.562
Insani, G. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.
Juliani, R., & Wulandari, F. (2022). Tinjauan Pustaka Dan Kerangka Teori: Perkembangan Remaja. Universitas Al Irsyad. Retrieved From
Karisma, W. T., DH, D. P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94-102. Https://Doi.Org/10.26877/Paudia.V9i1.6144
Loaiza, J. R. (2024). Functionalism And The Emotions. The British Journal For The Philosophy Of Science, 72(1), 1-274. Https://Doi.Org/10.1086/715207
Lusiani, S. (2025). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Rasa Empati Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Role Play. Jurnal Inovasi Media Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 724-735. Https://Doi.Org/10.52690/Jitim.V5i2.961
Mendikdasmen Abdul Mu'ti. (2023, November 13). Kunjungan Kerja Di SD Muhammadiyah 1 Wonopeti, Galur, Kulon Progo.
Mulyati, S., & Kamaruddin. (2020). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. AL-LIQO Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 172-184. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V5i02.241
Naba, A. H., & Nirwana. (2022). Peranan Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139-150. Https://Doi.Org/10.59638/Aijer.V4i2.369
Nasution, A. Z., Mudjiran, & Karneli, Y. (2025). Kolaborasi Guru Dan Konselor Dalam Pendekatan Humanistik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 11(1), 12 - 25. Https://Doi.Org/10.52657/Jfk.V1i1.2542
Nelisma, N., Sari, R. M., & Siregar, R. (2024). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Emosional Siswa. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research,4(3),4556.
Rahmat, A. (2022). Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 1-10.
Rofi, A., Dedy, A., & Kusumah, S. H. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengembangkan Kemandirian Siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44 – 56. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V9i1.4225
Rofiqoh, N., & Zumrotun, E. (2023). Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Sukadari. (2021). Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 67 – 74. Https://Doi.Org/10.31316/Esjurnal.V8i1.1204
Sukmadinata, N. S. (2020). Landasan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Wang, M. T., Degol, J. L., & Ye, F. (2019). Social-Emotional Learning And Academic Achievement: A Systematic Review. Educational Psychology Review, 31(2), 257-276. Https://Doi.Org/10.1007/S10648-015-9319-1
Yeager, D. S., Walton, G. M., & Morales, J. R. (2016). Implicit Theories And Educational Outcomes: A Systematic Review. Educational Psychology Review, 28(2), 151-173. Https://Doi.Org/10.3102/0034654311405999
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hariati Hariati, Naili Rofiqoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.