Hubungan Antara Optimisme dan Dukungan Sosial Guru dengan Resiliensi Akademik pada Siswa SMKN 1 Batealit

  • Muhammad Arif Rahman Hakim Universitas Muria Kudus
  • Iranita Hervi Mahardayani Universitas Muria Kudus
Keywords: Optimisme, Dukungan Sosial Guru, Resiliensi Akademik, Siswa SMK

Abstract

This study is motivated by the phenomenon that many students of SMK N 1 Batealit unconsciously have low academic resilience, with several influencing factors including optimism and teacher social support. The purpose of this study was to empirically determine the relationship between optimism and teacher social support on academic resilience in students of SMK N 1 Batealit. The population of this study was a group of 12th grade students of SMK N 1 Batealit totaling 12 classes which included automotive engineering, accounting and financial institutions, culinary, office management and business services, agribusiness of agricultural product management, and agribusiness of agricultural and horticultural technology, with cluster random sampling technique involving 60 students. This research uses a quantitative approach with a correlation method. Data collection tools are academic resilience scale, optimism scale, and teacher social support scale. The results of data analysis showed the coefficient value of R=0.532, F=6.705, and p=0.004 (p<0.05). The findings concluded that optimism and teacher social support together have a significant relationship to academic resilience in students of SMK N 1 Batealit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. H., Rini, R. A. P., & Pratitis, N. (2022). Manajemen Konflik dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Mahasiswa yang Mengikuti Program MBKM. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 105-112. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.773

Ayodani, B. T., & Wibowo, D. H. (2023). Dukungan Sosial Orang Tua Dan Resiliensi Akademik Siswa SMP Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 8(1), 29-36. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v8i1.1737

Cecilia, C., & Suryadi, D. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas X. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 17(1).

Dianto, M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa Di Smp Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1), 42–51. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i1.1994

Diskhamarzaweny, D., Dewi, D. K., & Irwan, M. (2023). Pengaruh Self-Determination, Self-Esteem, Self-Efficacy, Optimisme, dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pelaku Umkm Di Kabupaten Kuantan Singingi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Applied Business Administration, 7(1), 31-40. https://doi.org/10.30871/jaba.v7i1.5221

Gustama, R. A., Hidayah, N., & Hotifah, Y. (2023). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik pada Siswa: Tinjauan Paradigma Empirisme. Proceedings Series of Educational Studies, 156-163. https://doi.org/10.17977/um083.9136

Luthfiyah, M., & Hardew, A. K. (2024). Resiliensi Akademik terhadap Santri yang Memiliki Tiga Peran. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 7(1), 89-104. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v7i1.2637

Muliawiharto, A., & Masykur, A. M. (2020). Hubungan antara Dukungan Emosional Pengasuh dengan Resiliensi pada Remaja Panti Asuhan di Kecamatan Tembalang. Jurnal Empati, 8(4), 694-705.

Muna, Z. (2024). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi Akademik pada Santri Akhir Pesantren Modern Al-Zahrah. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 303-314. https://doi.org/10.2910/insight.v2i2.15210

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 138-â. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Puteri, I. A. W., & Syafrina, R. (2022). Hubungan antara Academic Self-Efficacy dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Guru PAUD di Masa Pandemi Covid-19. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 65-71. https://doi.org/10.24903/sjp.v3i1.999

Putri, A., Darmayanti, N., & Menanti, A. (2023). Pengaruh Regulasi emosi dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi akademik siswa. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 4(1). http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v4i1.2528

Rachmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi psikologis dan pengaruhnya terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja di panti asuhan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 21-30. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i1.2314

Rosana, D. S., Saripah, I., & Nadhirah, N. A. (2023). Resiliensi Remaja Dalam Menghadapai Stres Akademik Di Sekolah. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 9(2), 112-122. https://doi.org/10.15548/atj.v9i2.5536

Sari, C. A. K., & Zaini, A. H. (2024). Peran Dukungan Sosial pada Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru dengan Resiliensi Akademik sebagai Mediator. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 15(1), 64-78.

Septianmar, P., & Afiati, N. S. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Motivasi Belajar Dengan Resiliensi Akademik Pada Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 17(2), 159-171. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v17i2.4595

Sri, M. D. S. K. M. (2023). The Relationship Of Adolescent Resilience With Social Support Teacher Guidance And Counseling: Hubungan Resiliensi Remaja Dengan Dukungan Sosial Guru Bimbingan Dan Konseling. Medi Kons: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling Unisri Surakarta, 9(1). https://doi.org/10.33061/jm.v9i1.7826

Sunawan, S. (2021). Dukungan sosial, kesulitan regulasi emosi, dan resiliensi siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 73-82. https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i1.36266

Syahruninnisa, F., Zubair, A. G. H., & Saudi, A. N. A. (2022). Dukungan sosial, optimisme, dan resiliensi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Karakter, 2(2), 186-195. https://doi.org/10.56326/jpk.v2i2.1956

Takril, A. (2022). Hubungan Resiliensi Akademik dan Optimisme dengan Stres Akademik Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Tahun Pertama di Boarding School. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 11(2), 162-176. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.112.05

Wiyono, U., & Indreswari, H. (2023). Hubungan Antara Keterampilan Koping dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Tingkat Awal Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti Malang dan Rekomendasi Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 209-231.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85-94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.477

Published
15-08-2024
How to Cite
Hakim, M. A. R., & Mahardayani, I. H. (2024). Hubungan Antara Optimisme dan Dukungan Sosial Guru dengan Resiliensi Akademik pada Siswa SMKN 1 Batealit. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 607-616. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4247
Section
Regular Articles