Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu

  • Jamin Kadarisman SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Keywords: supervisi klinis, kompetensi guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran; dan (2) perubahan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dalam penelitian ini serta memilih metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu. Pada penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara dan dokumen. Pelaksanaan supervisi klinis untuk dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran telah dilaksanakan dalam 2 tahapan kegiatan menghasilkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Pelaksanaan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran dalam kategori sedang. (2) Perubahan kompetensi guru dalam mengembangkan model pembelajaran mengalami peningkatan kompetensi disebabkan guru memiliki lebih banyak alternatif di dalam pengembangan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).

Hidayat, K. (2004). Diskusi partisipatif 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia.

Ignasius, I., Wibowo, D. C., Kurniati, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.

Usman, M. U., & Setiawati, L. (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.

Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published
23-08-2020
How to Cite
Kadarisman, J. (2020). Pelaksanaan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Di SD Negeri 20 SKPG SP 1 Emparu. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 283-288. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.342
Section
Regular Articles