Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Melalui Pembinaan Konsep Persentasi Power Point di SD Negeri 03 Gandis
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh media presentasi power point dalam menunjang keberhasilan guru mengajar IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa SD. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 03 Gandis Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September pada semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah guru bidang studi IPS dan siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Sekolah. Dalam penelitian penulis menggunakan instrumen yang terdiri dari: (1) Silabus, (2) Rencana Pelajaran (RP), (3) Lembar Kegiatan Siswa, (4) Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar, (5) Tes formatif. Sesuai dengan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Penggunaan media Presentasi Power Point berpengaruh terhadap aktivitas guru mengajar IPS dan hasil belajar siswa dalam pengajaran mata pelajaran IPS. (2) Dengan membandingkan hasil siklus I dan II yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa mutu mengajar guru IPS dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Presentasi Power Point lebih baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998, Kurikulum Pendidikan Dasar, Landasan Program Dan Pengembangan. Jakarta: Proyek Peningkatan SD Jawa Timur.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (1999). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. (2000) Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Hadi, S. (2000). Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.
Ignasius, I., Wibowo, D. C., Kurniati, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674
Kasrori, J., Moerdjoko, S., & Sudono, M. (2003). Media Pengajaran, Pengolahan Kelas, Pengajaran Remidi. Surabaya: University Press IKIP.
Sadiman, S., & Arief, A. (1996) Media Pendidikan, Jakarta, Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sujatmoko, D. (2007). Ms Power Point Sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Kelas. Yogyakarta: CV. Kanisius.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.
Copyright (c) 2020 Arbain Arbain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.