Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Melalui Pembinaan Konsep Persentasi Power Point di SD Negeri 03 Gandis

  • Arbain Arbain SD Negeri 03 Gandis, Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Keywords: supervisi klinis, media presentasi, prestasi belajar

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh media presentasi power point dalam menunjang keberhasilan guru mengajar IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa SD. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 03 Gandis Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September pada semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah guru bidang studi IPS dan siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Sekolah. Dalam penelitian penulis menggunakan instrumen yang terdiri dari: (1) Silabus, (2) Rencana Pelajaran (RP), (3) Lembar Kegiatan Siswa, (4) Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar, (5) Tes formatif. Sesuai dengan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Penggunaan media Presentasi Power Point berpengaruh terhadap aktivitas guru mengajar IPS dan hasil  belajar siswa dalam pengajaran mata pelajaran IPS. (2) Dengan membandingkan hasil siklus I dan II yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa mutu mengajar guru IPS dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Presentasi Power Point lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998, Kurikulum Pendidikan Dasar, Landasan Program Dan Pengembangan. Jakarta: Proyek Peningkatan SD Jawa Timur.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (1999). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2000) Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hadi, S. (2000). Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Ignasius, I., Wibowo, D. C., Kurniati, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.674.

Kasrori, J., Moerdjoko, S., & Sudono, M. (2003). Media Pengajaran, Pengolahan Kelas, Pengajaran Remidi. Surabaya: University Press IKIP.

Sadiman, S., & Arief, A. (1996) Media Pendidikan, Jakarta, Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sujatmoko, D. (2007). Ms Power Point Sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Kelas. Yogyakarta: CV. Kanisius.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245.

Published
23-08-2020
How to Cite
Arbain, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar Melalui Pembinaan Konsep Persentasi Power Point di SD Negeri 03 Gandis. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 271-274. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.340
Section
Regular Articles