Manajemen Berbasis Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 15 Luwu

  • Asriani Amir IAIN Palopo
Keywords: manajemen, budaya religius, mutu pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis pelaksanaan manajemen berbasis budaya religius dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 15 Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dimana data deskriptif ini ialah dengan cara mendeskripsikan/menjelaskan, menguraikan, dan menggambarkan kejadian-kejadian yang peneliti dapatkan di lapangan yang berkaitan dengan manajemen berbasis budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 15 Luwu Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu yang dipaparkan dalam bentuk kalimat atau narasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan pedagogik, teologis normatif dan pendekatan manajemen. Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru SMA Negeri 15 Luwu. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen berbasis budaya religius terlaksana dengan baik. Para guru sangat antusias dalam menerapkan budaya religius di sekolah. Mereka selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam melaksanakan kegiatan yang berbasis budaya religius seperti disiplin datang dan mengajar tepat waktu, membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sebelum proses pembelajaran berlangsung pada jam pelajaran pertama, mendampingi peserta didik dalam melaksanakan shalat secara berjamaah, serta selalu menjaga kebersamaan antar para guru dalam menjalankan tugas-tugasnya, seperti ketika ada guru memiliki masalah terkait pekerjaannya maka guru yang lain berusaha membantu dengan memberikan masukan atau saran sebagaimana masalah yang dihadapi guru tersebut. Dalam hal tersebut kepala sekolah melakukan beberapa tahap atau langkah, yaitu; mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Usman, A. S. (2014). Meningkatkan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1).

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputra Press.

Arikunto, S. & Yuliana, L. (2008). Manajemen Penddikan. Cet. II; Yogyakarta: Aditya Media.

Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jurnal Studi Islamika, 10(1).

Ida, A. Y. S. (2012). Strategi Peningkatan Manajemen melalui Pengembangan Program Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5).

Kholis, N. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasmara Indonesia.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Kulsum, U. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Paikem: Sebuah Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia. Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yin, R. K. (2009). Case Study Reseaech: Design and Methods. California: Sage lnc.

Sutrisno, & Rusdi, M. (2007). Analisis Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Propinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(1).

Usman, H. (2011). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairini. (2012). Filasafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
19-08-2020
How to Cite
Amir, A. (2020). Manajemen Berbasis Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 15 Luwu. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 254-258. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.304
Section
Regular Articles